Laman

Sabtu, 18 Januari 2020

Tempat Wisata Terdekat Dengan Stasiun Gubeng Surabaya

Monumen Surabaya

Untuk para pelancong yang sedang berkunjung ke Surabaya atau lebih dikenal sebagai kota Pahlawan, maka ada baiknya jangan sampai melewatkan kunjungan ke beberapa tempat wisatanya. Bagi Kamu yang lebih menyukai transportasi umum seperti kereta api untuk bepergian, maka bisa banget lho berkunjung ke tempat wisata yang terdekat dari Stasiun Gubeng Surabaya misalnya. Tak usah resah dan bingung perkara tiket kereta api, karena tiket pt kai menuju surabaya bisa dipesan disini

Stasiun Gubeng merupakan salah satu stasiun tersibuk di Jawa Timur, dan stasiun ini pun merupakan stasiun kereta api (KA) terbesar yang ada di Surabaya. Stasiun ini berlokasi di Pacar Keling, Surabaya, Jawa Timur. Itenirary yang di susun bisa di mulai dari yang terdekat dengan stasiun. Nah, berikut ini adalah daftar tempat-tempat wisata terdekat dengan Stasiun Gubeng yang bisa Kamu kunjungi saat di Surabaya.


Monumen Kapal Selam

#MonumenKapalSelam (IG)
Bagi Kamu yang memiliki rasa ingin tahu yang besar akan Kapal Selam, maka wajib berkunjung ke museum ini. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Stasiun Gubeng, Monumen Kapal Selam ini beralamatkan di Jalan Pemuda Nomor 29 Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Monumen ini memiliki panjang sekitar 76, 6 meter. Monumen ini berasal dari Kapal KRI Pasopati 410 yang merupakan buatan dari negara Rusia di tahun 1952 yang merupakan Satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur atau disebut dengan Satselarmatim. 

Monumen Kapal Selam ini terbagi menjadi tujuh ruangan, dimana setiap ruangan museum ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di monumen ini pun Kamu bisa melihat-lihat dan menggali informasi mengenai Kapal Selam secara mendalam serta mampu mengetahui tentang suasana di dalam kapal selam. Kamu juga bisa melihat-lihat isi dari museum ini, seperti tempat dimana para perwira tinggal, tempat bongkar muat, sampai Pusat Informasi Tempur (PIT).

Arca Joko Dolog

#ArcaJokoDolog (IG)
Tempat ini juga wajib masuk list tujuan wisata apalagi jika Kamu merupakan seorang pecinta sejarah, berlokasi di dekat Stasiun Gubeng, Surabaya dan tepatnya berada di Jalan Taman Apsari, Surabaya, Arca Joko Dolog sangatlah dikenal oleh warga di sekitar stasiun ini. Arca Joko Dolog juga populer dan dikenal sebagai Arca Buddha Mahasobya, merupakan arca perwujudan dari Prabu Kertanegara yang merupakan raja dari kerajaan Singasari. Arca Joko Dolog tersimpan rapi di tengah pemukiman warga. Dan arca ini pun juga menjadi salah satu cagar budaya yang merupakan peninggalan dari zaman kedinasan Nusantara, yang sampai sekarang ini masih berdiri kokoh.

Pada bagian badan arca juga terdapat syair yang ditulis dengan bahasa Sansekerta. Dimana dalam syair tersebut menceritakan dan membicarakan tentang hal pembagian dari kerajaan Jawa menjadi Panjalu dan Jenggala. Arca Joko Dolog ini pun dibuat dengan tujuan untuk menghormati Raja Singasari. Dimana Raja Singasari adalah raja yang terkenal dengan sifat bijaksananya, kebaikannya, dan keinginannya dalam hal mempersatukan semua kerajaan yang ada di Nusantara melalui ekspedisi Palamayu.

Museum Kanker

#MuseumKankerSurabaya (britabaik.id)
Jika Kamu yang seorang pecinta museum, pun juga  menyukai tentang dunia kesehatan, maka Museum Kanker adalah salah satu tempat wisata yang sangat cocok untuk di kunjungi. Terletak sangat dekat sekali dengan Stasiun Gubeng, Surabaya, Museum Kanker ini hanya memiliki jarak tempuh kurang lebih 3 menit dari Stasiun. Museum Kanker beralamatkan di Jalan Kayoon Embong Kaliasin, Surabaya. Persis dengan namanya yang disebut dengan Museum Kanker, Museum ini berisikan tentang berbagai macam informasi mengenai penyakit kanker. Bahkan Kamu pun bisa menggali informasi yang lebih dalam dan detail mengenai kanker. Informasi ini pun terdiri dari gejala hingga bagaimana kanker ditangani. 

Di museum ini pun Kamu juga bisa melihat berbagai macam organ tubuh yang berisi sel-sel kanker yang sudah diawetkan dengan rapi. Menjadi museum pertama tentang kanker yang ada di negara Indonesia, museum ini sudah di didirikan sejak tahun 2013. Kamu pun tidak perlu merasa khawatir untuk tiket masuknya, karena untuk hari Senin – Jumat, museum ini dibuka secara gratis.Namun, jika datang pada akhir pekan, maka akan dikenakan biaya Rp 10.000 ribu rupiah. 

Sebagai kota yang erat kaitannya dengan kemerdekaan negeri, Surabaya tak hanya menyimpan daya tarik akan museum atau tempat bersejarah zaman perjuangan tapi juga ada museum yang tak kalah memikat mulai dari kapal selam hingga keterkaitan dengan dunia medis. Nah,tertarik untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata terdekat dengan Stasiun Gubeng, Surabaya. Pastikan untuk datang sesuai dengan jam buka tempat wisata tersebut ya. Selamat Berlibur!

17 komentar:

  1. Belom pernah explore deket stasiun, biasanya langsung lanjut ke tempat tujuan atau hotel. Buat yang suka museum dan sejarah ini menarik sekali ni.

    BalasHapus
  2. Saya tahu Museum Kanker dekat dengan stasiun, tapi nggak berani masuk ke situ. Serem banget ngelihat penyakit berbahaya begitu.

    BalasHapus
  3. wah , makaih nih rekomendasinya, siapa tahu aku ke sana naik kereta

    BalasHapus
  4. Wahh Arca Joko Dolog menyita perhatian kami nih mbak.
    Kayaknya boleh juga dikunjungi saat nanti menyempatkan diri ke Surabaya.


    Salam hangat dari kami Travel Blogger Ibadah Mimpi

    BalasHapus
  5. telat aku baca ini, jadi kemarin cuma ke kapal selam itu, sisanya ngemol tunjungan 1-6 haha..
    penasaran sama Arca dan museum kankernya

    BalasHapus
  6. Wah, ada Museum Kanker? AJak keluarga ke sini bisa nambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang kesehatan nih mbak. AKu juga demen traveling naik kereta. Apalagi aklau pesan tiketnya gampang dan bayarnya mudah. Makan di kereta tuh seruuuu.

    BalasHapus
  7. beberapa kali ke surabaya cuma numpang nginep dan numpang lewat doang. kapan2 kalo naik kerera boleh juga nih destinasi tempat wisata dekat stasiun untuk dikunjungi :)

    BalasHapus
  8. Wah, pas banget nih. Tanggal 7 Feb saya mau ke Surabaya dan tertarik banget ke Museum Kanker. Agak-agak gimana sih ya sama Museum Kanker. Penasaran sama bentuknya tapi ngeri mau lihatnya 😂

    BalasHapus
  9. Waktu ke surabaya jaman kuliah, saya cuma sempat ngerasain mampir di museum kapal selam aja nih. Semoga ada kesempatan berikutnya untuk mengunjungi tempat wisata dekat stasiun lain di surabaya.

    BalasHapus
  10. Tertarik dengan museum kapal selamnya. Ingin coba masuk dan melihat bagaimana rasanya berada di kapal selam yang diperuntukkan di kedalaman lautan.

    BalasHapus
  11. Monumen Kapal Selam itu juga istimewa, sebab mengandung bioskop yang memutar film kapal selam. :)

    BalasHapus
  12. Baru tau di Surabaya juga ada arca-arcaan. Pernah ke Monkasel duluuu banget pas study tour gereja saat SD atau SMP. Sejak saat itu belum ke Surabaya lagi.

    BalasHapus
  13. makasih rekomendasinya mba.. enak ni karna deket stasiun ya, ga usah jauh-jauh udah ada beberapa tempat yang bisa dituju

    BalasHapus
  14. Wah ternyata ada banyak yaa kak tempat wisata disekitaran stasiun Surabaya. Aku baru ke Museum Kapal Selam aja yang deket stasiun hehe

    BalasHapus
  15. Wah saya belum pernah nih sengaja datang ke tempat wisata yang dekat dengan stasiun. Entah sudah berapa lama nggak naik kereta hahaha...

    Thank for sharing Mbak...

    BalasHapus
  16. Kemarin baca sosmed kakaknya lagi di bandung...sekarang udah posting tentang surabaya aja... mantul kak... keliling terus ..explore indonesia...jadi termotivasi nich

    BalasHapus
  17. Wah terima kasih, mba..jadi tahu tempat2 yg bisa dituju di sekitar Stasiun Surabaya. Kalau misal nunggu kereta lama, bisa nih mampir ke salah satunya ya..

    BalasHapus