Laman

Senin, 23 Januari 2023

6 Tips Sukses Investasi ala Warren Buffet

Investasi adalah langkah tepat untuk mengatur kekayaan yang kamu miliki. Banyak sekali bentuk instrumen investasi yang bisa diandalkan, salah satunya Reksadana Saham. Tentu saja dibutuhkan strategi yang tepat agar hasil investasi ini bisa optimal. 

Sumber Gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/laptop-pensil-pandangan-atas-notebook-7594476/

Kamu bisa mengoptimalkan hasil investasi dengan menerapkan strategi dari para ahli. Salah satunya dari Warren Buffet, seorang investor andal kelas dunia yang kini menjadi salah satu orang terkaya di muka bumi. 

Tips Sukses Investasi ala Warren Buffet

Kira-kira apa yang dilakukan oleh Warren Buffet hingga bisa sukses berinvestasi? Berikut adalah beberapa tips sukses investasi ala Warren Buffet yang dapat  terapkan:

- Temukan Guru Investasi yang Tepat

Pertama-tama Kamu harus menemukan guru investasi yang tepat terlebih dahulu. Guru investasi ini akan menjadi acuan bagimu dalam berinvestasi. Tentu ada baiknya memilih sosok investor yang benar-benar mahir.

Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa memilih Warren Buffet sebagai inspirasi investasimu. Pelajari seperti apa cara investasi yang diterapkan oleh Warren Buffet dan bagaimana cara mengoptimalkannya. 

Hal ini sangat penting terutama bagi para pemula. Harus ada acuan yang digunakan sehingga setiap langkah investasi yang diambil bisa memberikan hasil yang efektif sesuai ekspektasi. 

- Nikmati Perjalanan Investasi

Jadikan investasi ini sebagai sebuah perjalanan yang bisa dinikmati. Warren Buffet memandang investasi sebagai sesuatu yang bisa dinikmati, bukan sebuah obsesi. Hal ini akan membuat investor jadi lebih santai dan tidak stres. 

Warren Buffet sendiri membeli saham pertamanya di usia 11 tahun. Butuh perjalanan panjang sampai akhirnya Warren Buffet bisa mendapatkan profit besar dari hasil aset yang diinvestasikan. 

Sebenarnya tidak salah jika ingin menjadikan investasi sebagai sumber penghasilan utama. Namun, jangan terburu-buru dan terlalu terobsesi. Jadikan investasi ini sebagai perjalanan yang indah dan bisa dinikmati. 

- Buat Daftar Kriteria sebelum Berinvestasi

Ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa dijadikan pilihan. Tapi tidak semuanya menawarkan profit yang besar ataupun bisa sesuai dengan kriteria atau profil risiko kamu. 

Oleh sebab itu sangat disarankan untuk membuat daftar kriteria terlebih dahulu sebelum berinvestasi. Tuliskan kriteria seperti apa yang bisa dipenuhi oleh sebuah aset investasi yang dirasa cocok denganmu.

- Selalu Fokus dan Sabar

Warren Buffet menyebutkan bahwa semua investor harus selalu fokus dan sabar. Fokus di sini artinya fokus pada tujuan investasi yang ingin dicapai. Tidak perlu terpengaruh pada orang lain, fokus pada profil risiko dan tujuan sendiri. 

Investor juga harus sabar dalam melewati perjalanan investasinya. Investasi ini bukan cara instan untuk mendapatkan keuntungan. Dibutuhkan waktu sampai akhirnya investasi tersebut bisa memberi profit. 

Kesabaran inilah yang akan membuat seorang investor jadi lebih konsisten. Konsistensi dalam berinvestasi sangat dibutuhkan supaya bisa mencapai tujuan finansial sesuai harapan. 

Jadi usahakan untuk selalu fokus dan sabar. Investor yang memiliki dua karakter tersebut pasti lebih mudah mencapai tujuan finansialnya. Selain itu, investor seperti ini tidak akan mudah terpengaruh oleh tren atau FOMO (fear of missing out).

- Pastikan Emosi Stabil

Penting sekali bagi seorang investor untuk menjaga agar emosinya selalu stabil. Warren Buffet menyarankan investor untuk menjaga emosinya apapun kondisi aset yang sedang diinvestasikan saat ini. 

Pelajari apa saja yang harus dilakukan saat nilai aset naik. Cari tahu juga apa strategi yang bisa diterapkan jika aset mengalami penurunan dan tidak sesuai ekspektasi.

Jika Kamu paham apa saja yang harus dilakukan baik saat aset naik atau turun maka akan lebih mudah untuk mengontrol emosi. Tapi jika Kamu tidak punya pengetahuan yang memadai, maka akan sulit untuk mengendalikan diri. 

- Manfaatkan Semua kesempatan

Warren Buffet menyebutkan bahwa seorang investor harus punya keberanian untuk memanfaatkan semua kesempatan. Bahkan kesempatan yang datang tiba-tiba sekalipun harus dimanfaatkan. 

Investor harus jeli melihat semua kesempatan yang ada di depan mata. Jangan sampai melewatkan profit besar hanya karena tidak cekatan menggunakan kesempatan yang ada. 

Namun ingat, hal ini juga harus diimbangi dengan akal sehat dan tetap fokus. Kamu tetap harus berpikir secara rasional sebelum mengambil sebuah kesempatan. Pastikan bahwa kesempatan tersebut bisa mendatangkan keuntungan besar. 

Investasi Reksadana Saham Bersama DBS Treasures Sebagai Mitra Tepat

Sumber Gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-kopi-cangkir-meja-tulis-4474047/

Kamu bisa memilih DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaanmu saat ini dan di masa depan. Di sini Kamu bisa berinvestasi dalam bentuk Reksadana Saham dan aset Reksadana lainnya. Tentu saja ada banyak sekali keuntungan yang akan Kamu dapatkan ketika menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures

Dana investasimu akan dipastikan dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang sudah berpengalaman. Manajer Investasi ini akan mengelola dana secara optimal dengan menggunakan strategi yang efektif. 

Kamu juga akan bertemu tim ahli finansial yang bisa memperluas wawasanmu dalam berinvestasi. Tidak hanya paham apa itu Reksadana Saham, Kamu juga akan memahami bagaimana strategi paling efektif yang bisa diterapkan sekaligus update kondisi pasar terbaru dan sesuai dengan profil risikomu. 

Melalui DBS Treasures, Kamu bisa melakukan diversifikasi dengan mudah. Banyak pilihan jenis aset investasi yang dapat di temukan di sini. Kemudahan diversifikasi ini bisa membantu meminimalkan potensi risiko yang ada. 

Ada dukungan Aplikasi digibank by DBS yang bisa mempermudah Kamu bertransaksi. Lewat satu aplikasi, Kamu bisa membeli, menjual, dan switching aset Reksadana. Kamu juga bisa mendaftarkan SID (Single Investor Identification). Anda pun akan dihubungkan dengan berbagai pilihan Reksadana baik dari Manajer Investasi atau sesuai kategori. 

Mulailah berinvestasi dalam bentuk instrumen Reksadana Saham dengan yakin bersama DBS Treasures. Begitu banyak keuntungan yang bisa di dapatkan. Apalagi jika Kamu juga menerapkan trik investasi dari Warren Buffet tadi. Langsung klik di https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham untuk informasi lebih lengkap. 


1 komentar:

  1. Rahasia orang sukses di masa sekarang ternyata dari inveestasi, di mana bisa meraup banyak keuntungan. Investasi sendiri sekarang semakin mudah, apalagi ada reksadana yang bisa dipercaya dan aman. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus