Laman

Kamis, 18 April 2019

Camping Santai di Ranca Upas

Ranca Upas
Kangen camping, itu yang terbesit awal perjalanan ini. Mulailah bergerilya mencari teman yang bisa diajak jalan bareng. Beberapa orang mengusulkan "camping santai" tanpa harus track ke gunung sampai kemudian di pilihlah Ranca Upas kawasan Ciwidey - Jawa Barat.
Ciwidey merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung-Jawa Barat, Indonesia. Terletak di sebelah selatan Kota Bandung, Ciwidey memang identik dengan wisata alam yang mempersona. Berada di dataran tinggi sehingga udaranya masih cukup sejuk, tempat wisata di Ciwidey di dominasi pemandangan yang sangat indah. Selain ranca upas, ada juga kawah putih dan situpatenggang yang jaraknya tak terlalu berjauhan.

Sebelum keberangkatan ke Ranca Upas, sebagaimana biasa Kami pasti saling sharing barang bawaan terutama untuk kebutuhan kelompok/bersama. Perlengkapan camping seperti tenda, matras, nesting dan beberapa bahan untuk di masak pun disiapkan. Karena perjalanan yang Kami lakukan ini ala backpacker jadi rencana perjalanan kala itu memilih dengan bus yang biaya relatif lebih terjangkau.


Biasanya Bus umum Primajasa menjadi pilihan bagi Saya karena untuk perjalanan antar kota pasti kenyamanan menjadi pertimbangan utama. Nah, Sekarang tidak terlalu sulit, untuk mencari info lengkap bus Primajasa karena begitu mudah di temukan lewat mesin pencari.

Setibanya di Terminal Leuwi Panjang, perjalanan di lanjutkan menggunakan elf menuju Ciwidey. Saya sempat dengar ada angkot yang lewat sekitar sana tapi armadanya begitu terbatas.

Ketika memasuki kawasan Ranca Upas, yang Saya rasakan saat itu adalah senang pastinya. Perjalanan beberapa jam terbayarkan dengan pemandangan indah dengan padang luas serta beberapa pohon pinus yang menaungi. Ranca Upas berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Saya sempat berbincang dengan seorang pedagang cemilan di sana yang saat itu siang hari memang terasa terik. Tapi ia menuturkan kalau malam Ranca upas cuacanya bisa dingin banget bahkan mencapi 0 derajat celcius.

Memiliki luas area sekitar 215 hektare, Ranca Upas merupakan kawasan hutan lindung di Kabupaten Bandung yang dikelilingi Gunung Tikukur. Kabarnya di sini hidup beragam flora dan fauna yang dilindungi. Namun yang paling jelas terlihat penangkaran rusa.

Tenda Camping
Bepergian saat weekend maka harus siap berbagi dengan yang lain, pastinya saat itu lokasi yang cukup strategis dengan view perbukitan sudah penuh dengan warna-warni tenda camping. Alhasil Kami harus merelakan membuka tenda di agak pinggir dan masih lapang.

Asyiknya camping di alam terbuka itu membuat Kita lebih leluasa untuk menikmati kesejukan dan keindahan alam, lebih lama menikmatinya dan lebih rileks. Memandang luas alam dari balik tenda, memberikan kenikmatan tersendiri untuk dirasakan.

Dan yang paling bermakna ketika camping adalah eratnya kebersamaan dimana terasa lebih hangat. Saling Bergotong royong mendirikan tenda, masak bersama dan tentunya makan juga bersama-sama. Kalau sudah begini, jalinan pertemanan terasa semakin dekat.

Kebersamaan Saat Camping
Aktifitas seru lainnya di Ranca Upas yang bisa dilakukan selain camping adalah bermain dengan rusa dari jarak dekat. Disini, Kita bisa memberi mereka makan dan membelai bulu rusa yang cukup pemalu dengan para wisatawan.

Kabarnya, jenis rusa yang ada di Ranca Upas adalah rusa jawa yang termasuk fauna dilindungi. Saat ini populasinya diperkirakan kurang dari 10.000 ekor. Sebagian besar hidup di Pulau Jawa, Bali, dan Timor, tetapi rusa ini sempat terlihat juga berkeliaran di beberapa pulau lain di kawasan timur Indonesia. 

Main Bersama Rusa
Bumi perkemahan Ranca Upas ini sangatlah cocok untuk menjadi tempat tujuan berlibur atau melepas penat. Dalam hal ini camping dengan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu udaranya juga masih sejuk, dan sangat dingin saat di malam hari, pastikan untuk selalu membawa jaket.

Fasilitas Ranca Upas juga terbilang lengkap karena sudah tersedia toilet dan WC umum jadi tidak terlalu kesulitan  untuk mencari sumber air untuk kebutuhan cuci dan mandi.
Harap untuk selalu diperhatikan, dengan menjadi wisatawan cerdas yang menikmati tanpa merusak fasilitas alam yang telah disediakan. Karena fasilitas yang diberikan merupakan suatu sarana demi menunjang kenyamanan ketika melakukan aktifitas camping (berkemah). Jaga selalu kebersihan lingkungan sekitrnya dengan tidak membuang sampah sembarangan atau pun melakukan vandalisme.

24 komentar:

  1. Blogger2 muda dan ranum hrs baca postingan ini karena t4camping yg memiliki fasilitas toilet dan kmrandi dengan air yg memadai slm camping perlu banget.

    BalasHapus
  2. Wah seru banget nih campingnya. Jadi, pingin campung lagi nih

    BalasHapus
  3. Bagus banget nih tempatnya. Emang cocok nih ya buat camping

    BalasHapus
  4. Wah lumayan memadai ya fasilitasnya. Karena ada kamar mandinya

    BalasHapus
  5. Wah jadi keinget waktu camping dulu nih. Seru banget

    BalasHapus
  6. Wah seru banget emang ya kalau kumpul begitu sama kerabat

    BalasHapus
  7. Aku mau kesini belum keturutan terus kak. Pengen banget open tent disini sambil menikmati sun set nya Ranca Upas

    BalasHapus
  8. Keren ya, camping di Alam sekaligus bertemu dengan fauna yang dilindungi. Rusa jawa

    BalasHapus
  9. Terakhir ke sini tiga tahun lalu sama keluarga. Enak tempatnya terutama hawanya yg sejuk.

    BalasHapus
  10. Belum pernah ke Lembang, yang katanya udaranya segar. Pengen lihat alamnya sih seandainya bisa ke sana

    BalasHapus
  11. Jadi pengen, sudah lama banget gak camping (tahun 90-an terakhir). Kayak apa ya camping di umur sekarang? :D

    BalasHapus
  12. yampun aku perasaan dulu pernah kemping di sini pas jaman ospek :D
    dah lama banget. lupa lagi di sebelah mananya dan belum ada rusanya

    BalasHapus
  13. Keren sekali Ranca Upas ini ya, Mbak.
    Bisa juga kemping bersama keliarga. Anak-anak bisa mengenal alam dan hewan juga. Keren.. kayak di luar negeri.

    BalasHapus
  14. Salah satu keinginan saya untuk camping di Ranca Upas tuh pingin dekat sama Rusa. Biasanya kan hanya melihat dari balik pagar.

    BalasHapus
  15. Dari terminal Ciwidey ke kampung saya di Cianjur lbh dekat Mbak. Maklum Cianjur nya kan pelosok. Dari Ciwidey ada elf jurusan Pagelaran. Lewat perbatasan Cipelah Rancabali. Pemandangan nya kebun teh eh ajiib...

    BalasHapus
  16. Camping mah mengasyikkan banget mbak, berasa banget deket sama alamnya.. Bye itu yang pas lagi foto bareng jangan nyempil mbak, nggak kelihatan hahaha

    BalasHapus
  17. Kempingnya makin seru karena bisa lihat Rusa dari jarak dekat ya, ini kalau bawa Toddler pun sepertinya aman. Masuk ke list destinasi liburan Keluarga pasca lebaran nih kayaknya, hihi

    BalasHapus
  18. Mbak, aku pengin ngajak anak-anak ke sini..bisa sewa tenda kah ke pengelola?

    BalasHapus
  19. Ranca Upas lagi naik daun banget yaaa :D Belum pernah ngajak Mada camping kecuali di halaman rumah hehehee boleh nih rekomendasinya

    BalasHapus
  20. Melakukan kemah di pegunungan gini jadi keinginanku tapi sebenarnya masih bingung kalau disana tuh gimana. Hahahahaa... Lihat teman-teman yang berhasil kemah bikin iri.

    BalasHapus
  21. Wah, udah lama banget nggak pernah kemah. Pasti asik banget di sana... :D

    Oiya, biaya untuk masuk tempat perkemahannya & kandang rusa di Ranca Upas berapa ya mbak?

    BalasHapus
  22. aku pernah tahun 2014 ke Rancaupas, belum seramai sekarang sih walaupun waktu itu itungannya rame, menurutku bisa jadi tempat liburan bareng temen yang super hangaaat :)

    BalasHapus
  23. Wah bisa deket banget sama Rusa ya. Anak-anak pasti seneng nih ngasih makan rusa. Seru pastinya kemping bersama teman-teman.

    BalasHapus
  24. Aku juga suka camping, bis dekat dengan alam. nah, kalau dekat dengan rusa ini lebih menarik lagi. bisa sedekat itu. tapi malam tidak diganggu mereka kan ya?

    BalasHapus