Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 20 Februari 2021

Inovasi SGM Eksplor Pro-gress Maxx IronC Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Anak Untuk Wujudkan Generasi Maju Berkualitas

Kita pasti sering kali mendengar kalau Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Memiliki peran yang cukup signifikan di berbagai proses penting dalam tubuh seperti memproduksi hemoglobin. Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka sel darah merah tidak akan mampu mencukupi kebutuhan oksigen dalam tubuh. Akibatnya muncul keluhan mudah lelah, sulit berkonsentrasi, sering sakit kepala, dan pucat.

Dampak lain yang bisa ditimbulkan adalah anemia. Dan hal ini bisa terjadi pada siapapun termasuk pada usia anak. Jika pemenuhan Zat besi tidak tercukupi dengan baik maka anak bisa mengalami kesulitan konsentrasi, mudah mengantuk bahkan penurunan aktivitas di hari-harinya lantaran kekurangan suplai oksigen pada otak dan tubuh.

Dalam diskusi virtual bertajuk Dukung Anak Generasi Maju Tumbuh Maksimal, bersama Sarihusada (SGM Eksplor) pada 18 Februari 2021 President of Indonesian Nutrition Association (INA) sekaligus Dokter Spesialis Gizi Klinis, Dr dr Luciana B Susanto MS SpGK menerangkan 'Dampak Kekurangan Zat Besi Terhadap Tumbuh Kembang Anak dan Solusinya.'
"Kekurangan zat besi pada anak berpotensi menghambat pertumbuhan kognitif, motorik, sensosrik dan sosial anak. Jika tidak ditangani secara tepat, dampaknya bisa menjadi permanen," ungkap dr Luciana.

Jika di dalam tubuhnya seseorang mengalami kekurangan zat besi, maka sel darah merah yang diproduksi akan menjadi tidak sempurna. Untuk diketahui, anemia tidak sama dengan tekanan darah rendah atau kurang darah.

Anemia adalah kondisi dimana ketika darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup. Diagnosa anemia memang umumnya jarang terlihat pada gejala awal, akan mudah dikenali dan ditekesi sehingga bisa dilakukan penanganan atau pencegahan lebih lanjut dengan melakukan cek di laboratorium hemoglobin.

Ketika menemukan gejala anemia pada anak ada baiknya tidak diabaikan karena dapat berdampak pada performa serta ketangkasan yang akibatnya akan mengganggu kemampuan daya pikirnya, bahkan jika terus berlanjut dapat berdampak jangka panjang seperti gagal tumbuh.

Dampak jangka pendek anemia anak :

  1. Perkembangan motorik terganggu
  2. Perkembangan koordinasi terganggu
  3. Perkembangan otak terhambat
  4. Gangguan pola tidur
  5. Risiko Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) meningkat

Dampak jangka panjang anemia anak

Jika  dampak anemia jangka pendek yang ada di atas tidak segera ditangani atau diobati, maka  kemungkinan anak untuk  mengalami dampak anemia jangka panjang bisa terjadi seperti :

  1. Menurunnya performa dan kognitif edukasi, lebih lamban untuk mencerna pelajaran yang diterima.
  2. Perubahan sosial sehingga anak menjadi sosok yang kurang tanggap terhadap lingkungan sekitar.
  3. Perubahan perilaku, misalnya kurang aktif bergerak, tidak responsif dan kurang percaya diri.
  4. Imunitas menurun seperti mudah lelah dan tidak bersemangat serta terlihat lebih pucat.

Itu sebabnya kebutuhan zat besi harus dipenuhi di masa penting pertumbuhan anak, yakni dari usia 6 bulan sampai 3 tahun. Sebab di periode ini, kebutuhan gizi anak meningkat dan mengalami pertumbuhan yang cepat.Untuk mendeteksi tingkat zat besi dalam tubuh, bisa melakukan pemeriksaan  darah lengkap seperti Total Iron Binding-Capacity (TIBC), pemeriksaan morfologi darah tepi, dan serum besi (Serum iron).

Kebutuhan zat besi harian setiap orang berbeda-beda, tergantung usia dan jenis kelamin. Pemenuhan kadar isi makanan yang ideal dalam piring makan anak, yakni 35 persen lauk pauk seperti daging sapi, ayam, telur, ikan, tempe dan tahu. kemudian 35 persen makanan pokok seperti nasi, kentang, singkong, atau jagung dan sisanya sayur dan buah-buahan.

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani SPsi MSi.Psi mengatakan "bahwa secara psikologis, kekurangan zat besi memang turut mempengaruhi lima aspek tumbuh kembang anak sepertu kognitif, fisik, emosi, sosial dan bahasa. Dan tentunya berdampak juga pada prestasi anak yang dibutuhkan untuk menjadi generasi maju bangsa Indonesia.”

Setiap anak memiliki kesempatan serta potensi untuk berkembang. Salah satu langkah penting yang patut dilakukan oleh orang tua adalah memahami kebutuhan nutrisi anak untuk mengoptimalkan tahapan dan aspek tumbuh kembang sesuai dengan usianya, serta rutin mengasah potensi yang dimilikinya.

Oleh Karena itu untuk melengkapi pemenuhan nutrisi serta gizi yang tepat, selain memilih makanan mengandung zat besi dimana komponen ini tidak hanya membantu peningkatan oksigen tetapi juga mempercepat pembentukan sel darah merah. Selain itu pastikan juga makanan yang dikonsumsi kaya akan vitamin C yang dapat membantu menyerap zat besi pada tubuh.

Melihat kondisi dan fakta terkait kekurangan zat besi pada anak beserta dampaknya yang berpengaruh secara luas berkaitan dengan generasi Maju bangsa Indonesia, menanggapi hal ini PT Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada) turut andil mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak.

“Kami percaya kemajuan bangsa Indonesia di masa depan bergantung pada kualitas anak-anak masa kini. Terlebih, saat ini anak-anak Indonesia butuh bantuan dalam mengatasi tantangan kesehatan seperti kondisi kekurangan zat besi." Astrid Prasetyi, Marketing Manager SGM Eksplor mengungkapkan

Melalui SGM Eksplor yang terus berinovasi dan meluncurkan formula terbaru yaitu SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC yang diperkaya oleh IronC, sebuah kombinasi zat besi dan vitamin C dalam rasio molar yang telah disesuaikan untuk memberikan asupan zat besi kepada anak dan memastikan asupan tersebut dapat terserap dengan optimal, untuk informasi lebih lengkap mengenai produk SGM Eksplor terbaru ini bisa kunjungi situs bit.ly/sgmeksplorprogressmaxx .

“Selain IronC, SGM Eksplor Pro-gress Maxx juga dilengkapi oleh nutrisi penting lainnya seperti Minyak Ikan, Omega 3 & 6, Tinggi Protein, Kalsium, Vitamin D, Serat Pangan, dan Zinc, dukung tumbuh kembang optimal anak Indonesia.” Astrid Prasetyi menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, hadir juga Alyssa Soebandono, Selebriti dan bunda dua orang anak ini juga menyampaikan harapan dan pengalamannya dalam upaya pemenuhan nutrisi dan stimulasi anak.

“Tentunya saya sebagai seorang bunda memiliki harapan untuk kedua orang anak saya, agar bisa menjadi anak yang selalu aktif, mau belajar, dan ingin memenuhi rasa ingin tahunya. Situasi saat ini memang menantang, tidak hanya untuk bunda tetapi juga untuk anak. Saya melihat sendiri bagaimana Rendra dan Malik berusaha untuk menyesuaikan diri dan tetap fokus saat belajar dan beraktivitas lainnya di rumah. Saya juga selalu berusaha mendampingi mereka supaya bisa membantu mereka tetap konsentrasi dan semangat saat belajar. Maka dari itu, saya sangat memperhatikan asupan nutrisi mereka agar gizinya selalu tercukupi,” jelas Alyssa Soebandono.

Namun, Ia mengakui kerap kali mengalami kesulitan ketika anak mengalami penurunan nafsu makan. Dalam menyiasatinya, Alyssa kerap kali berkreasi dengan makanan yang akan disajikan untuk anaknya.Ia menambahakan saat ini sebagai orang tua cukup terbantu dengan perkembangan teknologi sebab untuk mengakses segala informasi begitu mudah dengan berselancar di jagat internet.

Portal online yang sering di aksesnya salah satunya adalah situs generasimaju.co.id yang memuat berbagai macam konten menarik dan informatif dalam pola asuh yang tepat. Para orang tua dapat menemukan berbagai informasi dan tips tentang stimulasi untuk anak-anak. Kemudian, melalui Aplikasi Analisis Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, orang tua dapat memantau tumbuh kembang anak dalam mencapai potensi prestasinya melalui serangkaian pertanyaan.

SGM Ekspolor meyakini bahwa orang tua Indonesia memiliki harapan dan membutuhkan dukungan akses edukasi serta informasi untuk mengasah anaknya menjadi Generasi Maju. Itu sebabnya dalam mewujudkan generasi berkualitas, SGM Eksplor turut serta dalam memberikan akses edukasi melalui platform Sekolah Generasi Maju, disamping itu di sempurnakan juga dengan perangkat Analisis Potensi Prestasi Anak Generasi Maju secara gratis. Kemudian ada Online Festival Generasi Maju yang merupakan rangkaian acara di platform digital yang akan membahas topik-topik mengenai tumbuh kembang anak bersama para ahli, kegiatan ini akan dimulai pada April 2021. 

79 komentar:

Moch. Ferry Dwi Cahyono mengatakan...

Nah susu sgm eksplore ini bagus kandungan nutrisinya lengkap. Lihat saja bahan komposisinya cukup diacungi jempol. Produk lama dan menusantara diarasakan manfaatnya bagi tumbuh kembang anak tentu.

Farida Pane mengatakan...

Ini susunya anakku. Bagus deh, kalau formulanya makin disempurnakan. Apa lagi untuk mengatasi anemia pada anak yang tidak terlihat namun efeknya bisa besar.

Maria G Soemitro mengatakan...

sebetulnya makanan kita zaman baheula sangat sarat zat besi lho

sayur bayang dan kacang hijau misalnya

budaya konsumtif meminggirkan makanan bergizi dan menggantinya dengan seblak, cimol dll

anak-anak balita di komunitas dampingan saya lebih akrab dengan makanan non gizi dibanding sayur bayam dan kacang hijau, hiks sedih banget

Katerina mengatakan...

SGM Eksplore mengandung zat besi yang baik untuk pencegahan anemia pada anak. Semoga menjadi pilihan yang bijak bagi ibu yang menginginkan anaknya selalu sehat.

Mia Yunita mengatakan...

SGM explore ternyata sangat membantu tumbuh kemabang anak ya. Apalagi menghindarkan anak dari anemia. Semoga anak-anak kita dapat tumbuh sehat ya.

Nara mengatakan...

Anak-anakku peminum SGM eksplor semua nih. Yang kemasan dan formula baru ini juga sudah diminum.

ooo jadi anemia itu beda dengan kurang darah ya? Selama ini saya kalau dengar kata anemia, pasti asosiasinya langsung "kurang darah" dan solusinya ya beli obat penambah darah

nurul rahma mengatakan...

Whoaa, SGM selalu berinovasi yaaa
gizi nutrisi yang dibutuhkan selalu terpenuhi oleh produk2 SGM.
Kereeennn!!!

www.sitilatifah.com mengatakan...

Semoga anak-anak Indonesia tumbuh sehat dan bebas dari anemia yaa, anakku suka banget SGM explore, alhamdulillah mini market deket rumah jadi gampang belinya.

Dee_Arif mengatakan...

Klo ingin anak tumbuh hebat, selain stimulasi yg tepat juga harus diberikan nutrisi yg tepat ya mbak

Febrianty Rachma mengatakan...

Ikutan seneng dengan SGM eksplor yang selalu mengedukasi masyarakat termasuk dengan produk produknya. Nah bner banget jangan sampai anak kekurangan zat besi yang bisa dicegah ya. Noted banget untuk Devina nih mumpung belum umur 3 tahun

Mia Yunita mengatakan...

Anak harus cukup nih kebutuhan gizinya. Alhamdulillah dibantu oleh SGM jadi makanan pokok sudah dipenuhi, susu pun sebagai pelengkap 'kesempurnaan' sajian makanan sudah siap.

tantiamelia.com mengatakan...

Senangnya SGM eksplor bisa mengedukasi masyarakat plus memutus mata rantai anemia!

One planet one health!

Andiyani Achmad mengatakan...

masalah kekurangan zat besi pada bayi dan balita memang cukup mengkhawatirkan, semoga dengan adanya progress maxx bisa meningkatkan zat besi anak-anak

sulis mengatakan...

Menjaga kecukupan nutrisi anak-anak ini menantang memang mba. Satu sisi anak-anak memang lagi di masa pertumbuhan, tapi sering juga anak-anak ini susah makan, terlalu sibuk dengan aktivitas mengeksplore lingkungan. Untungnya ada SGM yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi anak-anak

Indah Nuria Savitri mengatakan...

demi generasi muda yang dapat menjawab berbagai tantangan di masa kini dan mendatang, mereka memerlukan asupan vitamin dan mineral yang penting

Niken Nawang Sari mengatakan...

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak ternyata tantangan berat bagi seorang ibu. Untung sekarang informasi gampang diakses, tinggal duduk manis terus klik website generasimaju udah dapat informasi buat tumbuh kembang anak ya Kak.

Damar Aisyah mengatakan...

Ternyata akibat anemia pada anak lumayan mengkhawatirkan juga ya. Inilah kenapa ortu kudu aware dengan kebutuhan nutrisi anak. Lengah sedikit risikonya macam-macam.

Tuty Queen mengatakan...

Wah komplit ya mbak, dilengkapi zat besi dan vitamin C semoga kebutuhan gizi anak-anak yang mengonsumsi terpenuhi

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist mengatakan...

Saya tuh senang karena SGM tanggap Anemia jadinya bisa cegah sejak dini
Ngeri kalau lihat dampaknya apalagi anak anak

Dee_Arif mengatakan...

agar anak menjadi generasi masa depan yang unggul, memang kita harus memberikan mereka nutrsi terbaik ya mbak

Nyi Penengah mengatakan...

SGM ini salah satu susu yang terus memberikan inovasi keren ya Ti. Walaupun belum punya anak tapi adiku dulu dan keponakan makenya ini.

lendyagasshi mengatakan...

Inovasi yang bagus sekali oleh produk SGM Eksplor Pro-gress Maxx.
Karena kandungannya semakin melengkapi kebutuhan untuk anak bertumbuh menjadi sehat dan cerdas juga aktif.

Tian Lustiana mengatakan...

MAsalah anemia ini penting yah, apalagi efeknya tuh besar banget kalau kekurangan zat besi

Rachmanita AdindaRara mengatakan...

SGM ini merupakan susu legendaris banget ya dan anak aku juga suka banget sama susu SGM

Tian lustiana mengatakan...

Masalah anemia ini banyak yang sepelekan yah padahal efeknya besar yah

Adriana Dian mengatakan...

wah sgm pro gress maxxx ini bagus banget kandungannya untuk anak ya maaaaaak.. super lengkap niiihhh

Juliastri Sn mengatakan...

Ternyata kebutuhan tubuh akan zat besi ini sangat penting ya, apalagi untuk anak-anak. Jangan sampai tumbuh kembangnya terganggu gara-gara anemia..

Diah Kusumastuti mengatakan...

Kasihan emang kalau anak kekurangan zat besi. Jadi lemes, kurang konsentrasi, dll.. berpengaruh banget pada tumbuh kembangnya.
Semoga dengan adanya produk baru SGM Eksplor itu dapat membantu pemenuhan zat besi anak sesuai usianya :)

Larasatinesa mengatakan...

Semakin banyak PR ku buat jadi ortu nih mbak. Salah satunya memenuhi nutrisi anak dengan baik. Ditambah penunjangnya minum susu SGM Eksplor. Hehe.

Tira Soekardi mengatakan...

wah sgm memang inovatif selalu

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, salah satu produk yang telah berdiri puluhan tahun dan sudah banyak juga menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia

Siti Nurjanah mengatakan...

Nah, iya betul jadi kelengkapan gizi dan nutrisi anak lebih tercukupi selain itu juga mengandung zat besi juga vitamin C yang bagus untuk tumbuh kembang seorang anak

Siti Nurjanah mengatakan...

Sedih memang ya Ambu, Disamping itu disekitar juga lebih banyak makanan/minuman instan yang jika dibandingkan dengan bahan alami tentu nilai nutrisi/gizinya tidak sama

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, mba. Susu SGM eksplor telah dilengkapi nutrisi seperti zat besi yang punya peran penting untuk tumbuh kembang anak

Siti Nurjanah mengatakan...

SGM eksplor dilengkapi dengan zat besi serta IronC Dimana kedua nutrisi ini bagus untuk mencegah dari anemia. Aamiin semoga anak Indonesia tumbuh sehat dan menjadi generasi maju berkualitas

Siti Nurjanah mengatakan...

Tepatnya, anemia terjadi karena kecukupan sel darah merah sehat tidak tercukupi sehingga kinerja nya tidak maksimal.

Wah, Bunda cerdas selalu pilih yang terbaik untuk anak ya :)

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, inovasinya selalu terbaik demi perkembangan generasi maju anak Indonesia

Mayuf mengatakan...

Sgm memang rekomended banget ya kak ,mantul memang

Siti Nurjanah mengatakan...

Aaamiin dan anak Indonesia tumbuh menjadi generasi maju yang berkualitas.
Iya..mudah di dapatkan untuk beli SGM eksplor

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul sekali, agar tumbuh kembang nya lebih optimal

Siti Nurjanah mengatakan...

Wah, iya nih cocok untuk Devina supaya bisa tumbuh lebih optimal dengan nutrisi yang mencukupi

Ima Satrianto | www.tamasyaku.com mengatakan...

Wah SGM terus berinovasi soal nutrisi anak ya, jadi makin yakin untuk memilih susu SGM untuk buah hati.

sari widiarti mengatakan...

Kalau anak susah konsentrasi, berarti salah satu gejala anemia, ya? Ternyata penting zat besi bagi anak. Saya kira, kebutuhan untuk anak usia sekolah, ternyata kebutuhan zat besi mulai dari usia 6 bulan

Yanti Alif mengatakan...

Sus SGM emang oke bngt ya buat asupan nutrisi agar tumbuh kembang anak maksimal bsa tumbuh sehat cerdas dan pintar

Cicajoli mengatakan...

Wah Sarihusada ikut andil..
Dan excited nunggu Online Festival Generasi Maju di bulan April 2021 mendatang ☺️

Mechta mengatakan...

Dampak anemia memang sangat merugikan kesehatan ya.apalagi oada snak. Duh..jangan sampai deh.. Terima kasih sharing info keren ini Kak

Didik mengatakan...

Pantesan adik ipar gw juga ngasih SGM Eksplor buat anaknya. Ternyata banyak banget ya manfaatnya. Aku juga lihat produk ini di film Upin Ipin. Keren banget nih SGM Eksplor yang bisa mencerdasakan anak-anak di dunia.

Resi mengatakan...

Makin komplit ya kandungan susu SGM. Susu andalan keluarga utk anak tumbuh maksimal

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul, susu untuk usia bayi dan balita masih sangat di butuhkan dalam melengkapi nutrisi demi tumbuh kembangnya dan SGM salah satu yang konsisten membuat produk sesuai kebutuhan anak Indonesia

diane mengatakan...

Jadi makin yakin ya pake SGM secara komposisinya makin lengkap..Segala kebutuhan nutrisi untuk anak lengkap banget

Mirza Pradita mengatakan...

SGM varian baru makin inovatif ya, mkain banyak gizi yg ada buat memaksimalkan kebutuhan anak

lendyagasshi mengatakan...

Aku suka banget sama SGM, selain masalah rasa yang disukai anak-anak, inovasinya yang tak pernah berhenti dan memberikan banyak sekali insight untuk para Ibu mengenai pentingnya asupan zat besi untuk anak.

Larasatinesa mengatakan...

Selama ini nggak aware banget sama anemia padahal kalau dibiarkan bahaya banget ya. Reminder buat aku nih jadinya kalau nanti jadi ortu harus kasih nutrisi yang cukup untuk anak.

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, Quality produk SGM begitu ketat dalam komposisinya dengan nutrisi yang penuh tentu saja

nia nurdiansyah mengatakan...

Penting banget nih memerhatikan asupan dan angka kecukupan gizi zat besi untuk anak2, apalagi kalau nggak bisa disiapkan dri makanan sehari2 perlu juga konsumsi susu

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya apalagi menurut survei, 1 dari 3 anak Indonesia mengalami gangguan pertumbuhan karena kurang zat besi. Dengan inovasi nya ini SGM turut berkontribusi untuk mewujudkan anak2 Indonesia dengan kualitas yang baik tumbuh kembang nya

Siti Nurjanah mengatakan...

Nah betul, lagi masa aktif-aktifnya. Dengan kelengkapan nutrisi yang tepat, tumbuh kembang nya pun lebih optimal

Siti Nurjanah mengatakan...

Iyaps tepat, kelengkapan gizi dan nutrisi yang juga seimbang

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul sekali, sekarang semakin mudah untuk mengakses segala informasi lewat internet dan mengenai parenting. Portal web generasimaju menyajikan berbagai Post yang informatif

Siti Nurjanah mengatakan...

Tepat sekali, sebab akan mempengaruhi kecerdasan kognitif dan sosialnya

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya mba, Inovasi SGM ini sebagai bentuk dukungan dan perhatian akan pemenuhanan nutrisi pada anak

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul mba Ama, jika anak mengalami anemia. Tumbuh kembangnya pun jadi ga optimal

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul sekali jadi kelengkapan gizi dan nutrisinya tercukupi dengan tepat

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, jadi Andalan banget keluarga Indonesia. Saudaraku juga banyak yang kasih anaknya SGM

Siti Nurjanah mengatakan...

Tepat sekali mba, inovasi SGM ini sebagai bentuk wujud mendukung anak Indonesia bisa tumbuh jadi generasi maju yang lebih berkualitas

Siti Nurjanah mengatakan...

Tentu saja, karena jika sampai terjadi anemia akan mempengaruhi daya tahan tubuh dan cukup berdampak bagi tumbuh kembang seorang anak

Siti Nurjanah mengatakan...

Iyaps..produksi sudah cukup lama dan menjadi andalan keluarga Indonesia

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, bisa dikatakan tidak sedikit yang menyepelekan soal anemia. Padahal dampaknya cukup mengkhawatirkan

Siti Nurjanah mengatakan...

Inovasi SGM semakin melengkapi nutrisi dan kebutuhan anak

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul nutrisi dari zat besi serta vitamin kompleks harus terpenuhi. Apalagi bagi kebutuhan anak. Akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya

Siti Nurjanah mengatakan...

Nah, betul banget
Kekurangan besi bisa berdampak pada fungsi kognitif nya dan
Tentu akan berpengaruh pada tindak laku sehari-harinya

Siti Nurjanah mengatakan...

Sebagai orang tua pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk sang buah hati ya :)

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya..selalu berinovasi
Demi tumbuh kembang anak Indonesia menjadi generasi maju yang berkualitas

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya, karena diproduksi dengan high quality dan kandungan susu SGM pun mencukupi kebutuhan nutrisi anak

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya semakin melengkapi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk susu anak

Siti Nurjanah mengatakan...

Iyaps itu salah satu dampak dari anemia. Betul banget, sosialisasi akan pemenuhan zat besi mesti harus lebih sering di tingkatkan ya..agar info penting ini bisa diadaptasi dikehidupan sehari-hari

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul karena komposisi nya memenuhan kelengkapan nutrisi dan gizi anak

Siti Nurjanah mengatakan...

Iya mba,pasti seru dan bertabur banyak activity yang menarik

Bidan Sela mengatakan...

demi generasi muda yang dapat menjawab berbagai tantangan di masa kini dan mendatang, mereka memerlukan asupan vitamin dan mineral yang penting

Terima Kasih
bidansela.com