Laman

Jumat, 28 Agustus 2020

5 Drama Korea Bertema Robot

Pasti sering mendengar kan, bahwa inspirasi bisa lewat dari mana saja. Tak terkecuali akan perkembangan zaman seperti saat ini, dimana industri teknologi dan digital berkembang pesat. Dan hal ini lah tampaknya yang mendasari para penggiat drama atau perfilman di Korea Selatan terinspirasi membuat cerita bertemakan Robot.

Di bumbui dengan kisah cinta yang tentu saja tidak monoton alias anti mainstream. Dimana ada beberapa antaranya mengangkat cerita manusia yang jatuh cinta dengan robot, begitu juga sebaliknya. Dan berikut adalah 5 drama Korea Bertema robot yang pernah Aku saksikan, siapa tahu bisa menjadi rekomendasi untuk Kamu saksikan juga :

1. Are You Human Too ? (2018)

Are You Human Too ? (gbr : Netflix)

Dibintangi oleh aktor Seo Kang Joon, berperan ganda dengan karakter yang bertolak belakang menjadi manusia Nam Shin dan robot Nam Shin serta lawan mainnya Gong Seung Yeon sebagai Kang Soo Bong, seorang gadis pekerja keras serta mantan petinju wanita.

Plot cerita dari drama ini dimulai dari Nam shin kecil yang diculik oleh kakeknya sendiri ketika usianya 8 tahun dan harus tinggal terpisah dengan ibunya selama 20 tahun. Rasa kehilangan Oh Ro Ra (Kim Sung-ryoung) sebagai seorang ibu, mendorong nya membuat karakter Nam Shin untuk mengobati kerinduannya pada anak yang dikasihi.

Dengan latar belakangnya sebagai seorang ilmuan, Oh Ro Ra dibantu rekannya menciptakan robot yang sangat mirip dengan anaknya dinamakan Robot Nam Shin III yang memiliki sifat humanis serta tidak ingin melihat orang di sekitarnya terluka.

Suatu hal tak terduga terjadi, ketika manusia Nam Shin kabur ke Ceko untuk mencari ibunya dan Ia justru ditabrak sebuah truk hingga kemudian mengalami koma. Antara bahagia dan sedih, pertemuan Ibu dan anak itu. Namun di lain sisi, Ji Young-hoon (Lee Joon-hyuk) asisten yang sudah seperti Kakak bagi manusia Nam Shin mengingat kan Oh Ro Ra stastus Nam Shin akan terancam sebagai ahli waris jika tidak segera kembali ke Korea.

Setelah mempertimbangkan, diputuskan bahwa robot Nam Shin III yang akan menggantikan posisi Nam Shin sementara di korea, agar Nam Shin tidak kehilangan hak sebagai ahli waris perusahaan. 

Robot Nam Shin III tiba ke Korea sebagai manusia Nam Shin tanpa diketahui siapapun kecuali sang asisten. Di sebuah pertemuan, Kang So Bong yang ingin membalas dendam  pada Nam Shin karena telah dipermalukan akhirnya berjumpa dengan robot itu. 

Kang So Bong merasakan perbedaan karakter Nam Shin ketika terakhir berjumpa sebelumnya namun Ia belum menyadari. Sampai kemudian Ia diterima bekerja sebagai pengawal Nam Shin, lambat laun Ia mengetahui bahwa yang di dekatnya adalah sebuah robot android. Seringkali bersama di tiap waktu menjadikan keduanya semakin dekat hingga tak ingin kehilangan antara satu dan yang lainnya. Meski mengangkat kisah cinta manusia dan robot, drama ini menyajikan beberapa scene yang romantis.

2. My Absolute Boy Friend (2019)

My Absolute Boy Friend (gbr : HelloKpop)

Bergenre Romance-Comedy, drama ini menceritakan tentang robot yang diciptakan hanya untuk memberikan cinta kepada pemiliknya. Namun di tengah perjalanannya, robot yang dipercaya akan selalu menjalankan sesuai program yang ditanamkan itu tiba-tiba saja memiliki keinginan untuk dicintai.

Um Da Da (Bang Min Ah), seorang penata rias efek khusus tidak pernah memiliki kisah cinta yang berjalan sukses terlebih ketika hubungannya dengan Ma Wang Jun (Hong Jong Hyun) yang dijaga dan tersembunyi dari publisitas selama 7 tahun harus kandas.

Dalam kegamangannya, Um Da Da menerima paket dari luar negeri yang di kiranya boneka manekin yang dipesannya. Rupanya itu adalah robot humanoid yang dirancang untuk menjadi pacar yang ideal dengan nama Zero Nine (Yeo Jin Goo). Aktifasi Zero Nine ditandai ketika matanya terbuka. Kejadian yang tanpa sengaja yang diperbuat Um Da Da  dengan mencium Zero Nine, dan tersetting dengan mode pacar.

Keberadaan Zero Nine di kehidupan Um Da Da begitu banyak membantu di tiap kesulitannya. Hingga akhirnya muncul rasa mengasihi, kendati Zero Nine di program hanya untuk memberikan cinta tapi berbeda ketika dengan Um Da Da, Ia pun ingin juga di cintai layaknya pasangan kekasih.

Kedekatan Zero Nine dan Um Da Da menimbulkan kecemburuan Ma Wang Jun. konflik pun berkembang menjadi cinta segitiga di antara mereka. Selain itu, kemunculan Diana (Hong Seo Young) sebagai pemesan asli robot Zero Nine dengan segala upaya kekayaannya hendak kembali mengambil robot humanoid itu dari sisi Um Da Da.

3. I'm Not Robot (2017)

I'm Not Robot (gbr : Pinterest)

Drama berjumlah 32 episode yang di tayangkan di MBC ini berkisah tentang Kim Min Kyu (Yoo Seung Ho), yang tidak pernah bisa bersentuhan dengan manusia karena sebuah penyakit langka. Bisa dikatakan Ia seorang jenius sekaligus pemegang saham utama dari KM Financial, perusahaan keuangan terbesar di Korea.

Karena tidak bisa mempunyai teman manusia Kim Min Kyu memiliki beberapa robot yang menemaninya di rumah dan diperlakukan layaknya teman manusia. Sampai suatu hari Ia bertemu dengan sebuah tim peneliti bernama “Santa Maria Team” yang berisikan 4 orang jenius yang menciptakan robot perempuan yang  sangat cantik dan cerdas yang diberi nama Aji 3 merupakan robot humanoid yang bisa melakukan segala hal layaknya manusia dan merupakan projek yang diminta Kim Min Kyu.

Akan tetapi di tengah perjalanan nya ketika segalanya hampir rampung, robot Aji 3 mengalami konsleting ketika tahap test dilakukan. Padahal deadline yang di berikan Kim Min Kyu sudah jatuh tempo. Untuk menyelamatkan keberlangsungan teamnya,  Profesor Hong Baek Kyung (Uhm Ki Joon) yang merupakan ketua dari Santa maria team meminta bantuan pada mantan kekasihnya yakni Jo ji an untuk berpura-pura menjadi Aji 3 dan menjalani test dengan Min kyu karena Aji 3 dibuat sama persis dengan wajah Jo ji an.

Meski awalnya menolak, Jo ji an (Chae Soo Bin) bersedia mengikuti permintaan mantan kekasih nya itu. Sejak awal penyamaran nya menjadi Robot Aji 3, penyamaran Jo Ji an menjadi  robot tidak berjalan mulus sering kali dia dihadapkan pada situasi yang membuat Kim Min kyu merasa heran karena kerap kali menunjukan sifat manusianya.

Dimasa fase berpura-pura Jo Jia An sampai Robot Aji 3 berhasil diperbaiki setiap hari Ia selalu menemani dan mendengarkan Kim Min Kyu. Kebersamaan itu menimbulkan rasa nyaman satu sama lain sampai, Kim Min Kyu berharap jika Robot Aji 3 adalah manusia. Itu pertama kalinya Ia merasakan jatuh cinta.

4. Borg Mom (2017)

Borg Mom (gbr : Pinterest)

Serial drama Korea “Borg Mom” di kenal juga dengan judul lain “Our Mother is Recharging“. Ditayangkan di MBC pada September 2017. Bergenre komedi dengan total sekitar 24 episode dimana dalam sekali penayangan hanya berdurasi kurang lebih 30 menit.

Ceritanya tentang sebuah borg atau sejenis robot dengan kecerdasan buatan yang di buat menggunakan AI dan robotics.  Choi Go-Bong (Yang Dong-Geun), pria yang telah ditinggal meninggal istrinya selama 7 tahun dan di kesahariannya Ia bekerja di bidang kecerdasan buatan. 

Choi Go-Bong mencoba untuk mengembangkan sebuah robot buatan (borg) dan akhirnya berhasil membuat robotic yang di berikan julukan Borg Mom (Park Han-Byul). Cyborg ini sengaja diciptakan  memiliki wajah yang serupa dengan isterinya yang telah tiada ketika melahirkan anak mereka. 

Borg Mom mempunyai tugas untuk melakukan berbagai pekerjaan rumah seperti memasak, mengemas, mencuci dan menguruskan segala keperluan anak lelaki Choi Go Bong yang masih kecil yang bernama Choi Yool yang baru memasuki belajar di TK yang terbilang elit, dan Borg Mom bertemu dengan ibu-ibu di sana yang terkenal dengan keangkuhannya.

meskipun memerankan karakter sebagai robot, Park Han Byul tampil cukup cantik dalam drama ini. Ceritanya terbilang unik apalagi ketika sebuah robot akhirnya malah jatuh cinta dengan pembuatnya yang tak lain Choi Go-Bong.

109 Strange Things (2017)

109 Strange Things (gbr : themoviedb)

Kalau ini merupakan web drama Korea yang tayang di Naver TV. Berkisah tentang hubungan antara robot dan manusia dengan durasi cukup singkat hanya berjumlah 6 episode dengan durasi 10-15 menit per-episodenya.

Sosok pria robot dari masa depan sekitar tahun 2050 tiba-tiba muncul di pekarangan rumah Shin Ki Won bersama keluarganya. Shin Ki Won (Jung Chae Yeon) merupakan seorang gadis yang tengah berusaha belajar semester akhir di jurusan filsafat. Tidak hanya terbebani dengan akademik, Ia bahkan harus menjadi tulang punggung bagi adik-adiknya dan menampung kakaknya yang sudah bekeluarga di rumah sederhana keluarga mereka.

Sudah puluhan kali Shin Ki Won melakukan interview pekerjaan namun selalu gagal. Tapi kehidupan malang yang dilaluinya perlahan berubah dengan kedatangan Robot berperawakan pria tampan yang memiliki sapaan109 atau Baek Goo (Choi Tae Joon). Adapun tujuannya datang dari masa depan adalah untuk melindungi Shin Ki Won.

Robot humanoid 109 ini memiliki kemampuan diatas rata-rata. Bahkan bisa melakukan berbagai aktifitas yang dilakukan manusia seperti memasak, mencuci piring, menjaga bayi juga bisa dia lakukan. Melihat suhu badan, level stres, sampai mengentikan truk yang melaju kencang pun bisa.

Keberadaan Baek Goo sapaan yang diberikan keluarga Shin Ki Won sudah memberikan perubahan pada keluarganya. Dilain sisi, gadis itu pun sudah terasa nyaman dengan Robot humanoid itu yang selalu membantu dan menghapus kesedihannya.

Sampai kemudian, komplotan pemburu robot dan hendak memanfaatkan 109 berhasil membawa pergi robot kesayangan mereka yang sudah dianggap seperti keluarga. Segala upaya pun dilakukan agar Baek Goo bisa kembali ke sisi mereka.

14 komentar:

  1. Boleh dicoba buat nonton nih
    Kayaknya bakal seru.
    Daku blm nonton semua drakor ini siiihh

    BalasHapus
  2. Kisah yang ada robot-robotnya memang masih saja memikat ya, ternyata di drakor pun ada ya.

    BalasHapus
  3. Wah sepertinya seru-seru nih klo ditonton. Inspirasi kisah film memang bisa dari mana saja, termasuk keberadaan robot yg nyaris sempurna ini ya..

    BalasHapus
  4. Setuju kak kata kata pembukaannya nah seumur2 blum pernah nonton drakor hahaha...kapan kapan coba akh

    BalasHapus
  5. Robot yang dibikin serupa sama istrinya tuh pathetic banget sih. Tapi kayanya sedih ya jalan ceritanya

    BalasHapus
  6. Aq blm sama sekali nonton drakor hahaha biasanya nonton di netflix aja wkwkwk

    BalasHapus
  7. Wah,i wanna watching nih. As long i just looking for Hyun Bin, hahaha

    BalasHapus
  8. Kalau yang absolute boyfriend aku nonton tapi versi jepangnya, seru deh hehe, unik ceritanya :)

    BalasHapus
  9. Hiyaaa drakoran, aku tuh kl nonton drakor berasa mukanya sama semua. Yang cowok cantik dan yang cewek cantik juga. makasih ya referensinya.

    BalasHapus
  10. kalo drakor bertema robot tetap mellow ga sih ditontonnya? soalnya aku blm pernah nonton drakor

    BalasHapus
  11. Aku yg udah lihata are you human too ygSeo Kang Joon, berperan ganda dengan karakter menjadi manusia Nam Shin dan robot Nam seneng alur ceritanya

    BalasHapus
  12. Kisah cinta manusia dan robot. Apakah mungkin? Menarik memang nontonnya.

    BalasHapus
  13. Saya dulu pernah mengikuti drama korea, tapi untuk akhir-akhir ini belum ada yang saya minati, jadi penasaran pengen nonton

    BalasHapus
  14. Wah ada juga ya beberapa yang bertema robot. Kayaknya gak pernah kehabisan ide nih drakornya.. dan selalu hits ya..

    BalasHapus