Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 16 Oktober 2019

Kiat Menjadi Youtuber Pemula


Perkembangan tren digitalitasi membuat masyarakat khususnya para milenial kian kreatif. Peluang dan kesempatan kerja semakin luas tercipta. Media sosial yang saat ini kian digandrungi adalah YouTube yang semakin waktu kian banyak diakses masyarakat luas. Berbagai channel dan kreativitas bisa ditemukan lewat kanal YouTube.

Oleh sebab itu, tidak heran saat ini profesi menjadi youtuber maupun vlogger semakin diminati. Contoh Youtuber yang sedang tren saat ini seperti Ria Ricis, Atta Halilintar, Edho Zhell, Raditya Dika dan masih banyak lainnya. Mereka itu bisa dibilang para youtuber sukses dan berhasil mendulang pundi penghasilan dari konten video yang mereka unduh.

Hanya saja untuk bisa eksis dan menjadi seorang youtuber sukses yang dikenal serta channelnya diminati masyarakat, bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan langkah-langkah dan strategi khusus agar video yang dihasilkan dapat ditonton ribuan pasang mata.

Yang harus diperhatikan dalam membuat konten yang bagus dan bermanfaat, yang paling penting lagi, bagaimana membuat konten yang menarik perhatian tuangkan  ide-ide kreatif serta berbagi pengetahun dengan masyarakat.

Dalam workshop yang dilaksanakan di Gramedia Mall Kelapa Gading, Jakarta penulis buku "Yuk JadinYoutuber", Jefferly Helianthusonfri memaparkan setidak ada 3 langkah sebelum memulai jadi youtuber :
1. Tentukan dulu apa yg ingin ditawarkan
2. Buat rencana konten
3. Mulai aja dulu


Judul Buku : Yuk Jadi Youtuber 
Penulis : Jefferly Helianthusonfri
Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Banyak hal yang bisa diangkat menjadi sebuah konten mulai dari Hobi, Keahlian, atau bisa berkaitan dengan bisnis dan sebagai inspirasi lihat refrensi dari youtube lainnya.

Ketika video  konten di upload semakin banyak diakses, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Untuk memaksimalkannya jangan lupa memonetisasi channel Youtube. Baik melalui iklan adsense, menerima sponsor dari pihak lain atau menjadi endorese, atau dengan menjual produk sendiri.

Semua langkah-langkah tersebut dikupas tuntas oleh Jefferly Helianthusonfri dalam buku berjudul Yuk Jadi Youtuber setebal 161 halaman dengan bahasa yang sederhana diserta infografis dengan tujuan mempermudah pemahaman kepada pembaca.

Kemudian pembaca akan dituntun untuk membuat konten video, membuat intro video, mencari stock shoot video, hingga proses editing video sederhana hingga proses laporan pendapatan di youtube analytics. Setelah selesai membuat konten video menarik yang berkualitas, hal lain yang tak kalah penting adalah optimasi video tersebut sehingga semakin banyak masyarakat yang menyaksikan channel youtubenya.
Mulai dari mencari kata kunci, menggunakan judul yang menarik, hingga memilih thumbnail.

Harus tetap di ingat, untuk menjadi YouTube kreator yang paling penting adalah konsistensi di Youtube, ‎‎baik itu dari segi jadwal, format konten, atau personality-nya. Terus produksi konten video secara konsisten dan mengupload ke channel minimum satu video dalam seminggu. Tetapi jika ingin channel bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih cepat, upayakan setidaknya mengupload 2-3 video dalam seminggu.


6 komentar:

Anisa mengatakan...

Memang menjadi seorang youtuber ini memang tidak mudah nih ya Mbak

Meiga mengatakan...

Saya juga pingin nih Mbak menjadi seorang youtuber apalagi dengan penghasilan banyak hihi

Alvi mengatakan...

Memang sekarang tidak sedikit nih ya Mbak yang terjun ke dalam dunia yotube

Sasa mengatakan...

Wah bermanfaat banget nih ya Mbak acaranya, jadi bisa tahu tentang cara menjadi seorang youtuber

Diana mengatakan...

Saya jadi pingin nih MBak membaca bukunya juga, soalnya pingin banget jadi yotuber hihi

Tika mengatakan...

Wah iya nih Mbak untuk menjadi seorang yotuber salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah memulai aja terlebih dahulu