Laman

Rabu, 05 Desember 2018

Satu Hari Keliling Surabaya

Berjumpa dengan sahabat lama setelah sekian waktu berlalu, pastinya tak ingin menyiakan kesempatan itu. Singgah dari perjalananan Banyuwangi di Kota Siodarjo untuk menemuinya. Ia bahagia dan menyambut kedatangan Saya, setelah genap 2 hari berada di kediamannya sudah saatnya harus kembali ke Jakarta. Karena mengambil waktu jadwal kereta malam dari Stasiun Surabaya Pasar Turi yang sejatinya bisa ditempuh kurang lebih 1 jam setengah dari Sidoarjo. Maka sebelum keberangkatan kereta diajaknya Saya berkeliling dahulu di Kota Surabaya, dan mengunjungi beberapa tempatnya yang cukup ikonik.

Baca Juga : Banyuwangi, Keindahan Panorama Ujung TImur Pulau Jawa 

Bisa dikatakan saat itu sehari berkeliling Surabaya. Keberangkatannya cukup santai jadi Kami pergi tidak terlalu pagi namun juga tidak kesiangan. Dan tempat-tempat inilah yang sempat Saya datangi :

1. Patung Sura (Hiu) danBaya (Buaya)

Landmark Surabaya

Kata orang, kalau bertandang ke Surabaya belum lengkap jika tidak mengabadikan gambar di patung yang menjadi landmark Kota Surabaya. yaitu  Patung Sura (hiu)  dan Buaya (baya).  Lokasinya di depan kebun binatang surabaya yang berada di Jalan Diponegoro , Darmo, Wonokromo, Surabaya - Jawa Timur. Ikon terbesar kedua di Indonesia ini mungkin sebenarnya terlihat cukup sederhana dimana secara kasat mata pun terlihat patung ini dibangun menggunakan bahan dasar semen, pasir, dan batu bata. Konon patung Ikan Sura (hiu) dan Baya (buaya) merupakan simbol dari sifat keberanian pemuda Surabaya yang tidak gentar menghadapi bahaya.

2. Taman bungkul

Taman Bungkul Surabaya
Dibangun di atas lahan seluas 900 meter persegi, awalnya Taman Bungkul berasal dari sebuah desa yang cukup terkenal yakni Desa Bungkul. Diresmikan pada tahun 2007,  merupakan ruang terbuka dimana fasilitasnya terdapat joging track, beberapa permainan anak seperti perosotan, jungkat-jungkit dan ayunan.

3. Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid AL-Akbar Surabaya
Shalat zuhur tiba, Kami bertandang ke Masjid Al-Akbar Surabaya. Bangunannya cukup megah dengan ciri kubah yang khas dimana satu kubah besar di apit oleh empat kubah kecil lainnya, semuanya berwarna biru. Memasuki bangunannya Kami disambut oleh pintu yang ukurannya cukup besar. Masuk ke area shalat ruangnya cukup luas dan megah berlantai marmer. Terlihat beberapa corak ukiran kaligrafi menghiasi berbagai elemen di Masjid Al-Akbar Surabaya. Menurut informasi yang Saya dapatkan bahwa Masjid Al Akbar Surabaya merupakan Masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal Jakarta. 

4. Klenteng Sanggar Agung

Kelenteng Sanggar Agung
Berikutnya Kami menuju tempat yang cukup ikonik juga di Surabaya yakni Klenteng Sanggar Agung yang memiliki nama lain Hong Tang Sang. Satu yang unik dari klenteng ini ialah letaknya yang berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran. Berlokasi di Jl. Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak - Surabaya. Yang menjadi ciri khas utama tempat ini adalah gerbang klenteng yang terdapat patung Sang Dewi Kwan Im, didampingi dua patung Sha Nan dan Tong Nu serta dijaga patung naga meliuk di bagian bawahnya. Tempat ini memang dibuka secara umum untuk dikunjungi, begitupun saat itu para umat Buddha yang tengah beribadah terlihat tak begitu terlalu terganggu dengan pengunjung yang ada selama tidak membuat keributan.

5. Patung Buddha Empat Wajah


Patung Buddha Empat Wajah
Lokasi patung ini di sudut tempat wisata pantai Kenjeran. Suasanya cukup asri, dengan taman-taman yang ditumbuhi pepohonan. Sekilas melihat patung Buddga Empat Wajah jadi mengingatkan Saya dengan patung Buddha di Thailand yang sering Saya baca selama ini. Letak posisi yang cukup tinggi menobatkannya masuk dalam catatan (MURI) Museum Rekor Indonesia karena merupakan patung paling tinggi di Indonesia.

Dibuat dengan bahan menyerupai emas, patung Buddha Empat Wajah ini melambangkan meditasi, murah hati, adil dan pengasih. Serta delapan tangan yang dimiliki melambangkan kekuatan dari sang Buddha dan masing-masing tangan memegang benda-benda yang berbeda pula. ada yang memegang tasbih, tongkat kebesaran, cakram, di sisi lainnya ada yang memegang cawan berisi air suci, kitab suci, kerang, dan teratai.

6. Jembatan suramadu

Jembatan Suramadu
Menikmati sore hingga menjelang matahari terbenam di Jembatan Suramadu. Memiliki panjang sekitar 5,5 km, penghubung antara pulau jawa dengan pulau madura yang saat ini sudah menjadi ikon di kota Surabaya. Diresmikan tahun 2009, jembatan yang masuk Rekor Muri sebagai jembatan terpanjang ini memiliki pemandangan inidah dengan lampu warna-warni yang menyinari jembatan ini.

Baca Juga : Jelajah Masjid Cheng Hoo Surabaya



Satu hari rasanya belum cukup menyinggahi dan mengunjungi destinasi di Surabaya karena masih banyak tempat lainnya juga yang tak kalah menarik. Mungkin suatu saat jika ada kesempatan lain, bukan tidak mungkin untuk kembali menjejak di Kota Pahlawan ini. Persiapan perjalanan ataupun travelling saat ini tak lagi sulit, dengan online travel agent Pegipegi segalanya jadi mudah dalam mengatur dan merancang perjalanan baik dari segi transportasi maupun akomodasi.


Home Page Pegipegi (Doc. Situs Pegipegi.com)
Situs Pegipegi.com menawarkan layanan reservasi kamar hotel, pemesanan tiket kereta dan pesawat menawarkan segala kemudahan dalam bertransaksi karena pembayarannya dapat melalui bermacam pilihan yakni transfer Via ATM, Internet banking, Debit ataupun kartu kredit.

Sistem booking via Pegipegi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja bisa diakses via internet atau aplikasi selama 24 jam. Kelebihan fitur lainnya adalah banyak promo dan diskon yang ditawarkan karena bekerjasama dengan berbagai bank dan agen di Indonesia, jadi promonya pun banyak.

Situs online travel agent ini juga menyediakan ulasan yang ditulis langsung oleh para customer yang pernah menggunakan jasa pegipegi sehingga bisa menjadi refrensi dan bahan pertimbangan. Menariknya lagi khusus kamar hotel Pegipegi menawarkan harga yang cukup bersaing, pun ketika harus booking di hari yang sama, penawaran harga termurahnya juga masih tersedia.

Kelebihan Pegipegi (Doc. Situs Pegipegi.com)
Kelebihan lainnya, dengan mendaftar menjadi member Pegipegi, nantinya bisa mendapat promo khusus member . Pengumpulan poin (PepePoin) dapat ditukarkan, kemudahan akses untuk melihat riwayat  pemesanan dan juga menikmati fitur istimewa lainnya. Untuk mendapat PepePoin wajib membuat akun. Untuk mengecek  jumlah PepePoin yang sudah dimiliki, diharuskan login dulu ke situs Pegipegi lalu masuk ke halaman rewards.Sebagai informasi promo poin ini baru bisa dimanfaatkan untuk pemesanan hotel di transaksi Pegipegi berikutnya.

34 komentar:

  1. wah asiknyaaaa keliling Surabaya. aku juga sering ke Surabaya tapi belum pernah mampir ke Klenteng Sanggar Agung yg di Kenjeran itu.. penasaran sih pengen kesana tapi belum ada waktunya lagi nih. nanti deh kapan2 disempetin kalau ke Surabaya lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba seru, meski ga lama waktunya tapi seneng tempat2 ikonik di Surabaya sempat dikunjungi ^_^

      Hapus
  2. Menarik2 ya wisata di Surabaya tambah lagi sekarang dengan taman2 cantik dan sakura2 cantik yang lagi viral itu. Bikin pengen segera ke Surabaya. Beburu cek tiket di pegipegi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..mba Dona, sekarang makin tambah banyak tempat2 menarik lainnya di Surabaya. Sayapun jadi pingin ke sana lg rasanya :D

      Hapus
  3. Aku juga suka ke surabaya kotanya lengkap mulai dari tempat wisata sampai kulinernya. Selain itu bersih banget heheh. Aku 4 hari disana aja kayakny masih kurang kemarin mbak. Oh iya aku pakai Pegipegi juga nih kemarin sama temen2ku

    BalasHapus
  4. wah asyik udah ada listnya jadi bisa buat pertimbangan klo ke surabaya nanti

    BalasHapus
  5. Terakhir ke surabaya pas smp, kalau ada kesempatan main ke sana mau foto di patung hiunya ah!

    BalasHapus
  6. Wah surabaya banyak banget destinasi wisatanya ya, dan pegipegi.com sangat membantu kita kalau mau traveling ya mbak

    BalasHapus
  7. ketika ke Surabaya baru Surabaya Zoo yang kami kunjungi dan itu sudah lebih dari 5 tahun yang lalu huhu.. jadi pengen kembali mengunjugi kota Surabaya, eksplore objek wisata dan kulineran Surabaya.. semoga ada kesehatan dan rezeki untuk bisa berkunjung kesana ya mba

    BalasHapus
  8. Terakhir ke Surabaya 5 tahun lalu, sekarang pasti sudah banyak yg berubah secara dipegang oleh Bu Risma terkenal konsisten membangun nya. Kangen jalan di Suramadu malam hari...

    BalasHapus
  9. Baca ini jadi pengen jalan2 deh bawaannya hehe...ke.Surabay cuman sehari klo dari Bdg sayang banget minimal 3 hari atau 5 hari....duh asyik ya... :)

    BalasHapus
  10. Kalo saya ke Surabaya lagi saya ingin ke Suramadu.
    Bbrp waktu yang lalu saya ke Surabaya tapi gak sempat ke Suramadu.

    BalasHapus
  11. pengen juga ah ke surabya, kao cuma seharian bisa dapat keliling ke banyak tempat, nunggu duit cair dulu deh

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah tempat-tempat tadi sudah pernah saya kunjungi dan memang menarik sekali Jika ke Surabaya jangan sampai melewatkan nya

    BalasHapus
  13. Asyiknya bisa jalan-jalan keliling Surabaya, Sebuah perjalanan memang selalu memberikan kesan dan cerita mengenai perjalanan itu sendiri Jadi, yuk jalan-jalan lagi...

    BalasHapus
  14. Sering ke Surabaya, tetapi jarang banget eksplorasi euy ....

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. Wuih boleh juga nih infonya, kalo pas main ke Surabaya boleh nih dicoba

    BalasHapus
  17. Jelajah Surabaya sekarang menarik ya
    Gak kayak dulu, panas dan semrawut
    Sekarang banyak tempat asyik buat dikunjungi

    BalasHapus
  18. selain jalan-jalan ke tempat wisata juga perlu wisata kuliner yaaa

    BalasHapus
  19. Aku belum ke no.4 dan no.5 nih.
    Tambah lagi dong mbak,, foto sama bunga-bunga cantik di jalanan Surabaya.

    BalasHapus
  20. Akhir-akhir ini sering beredar di timeline medsos tentang wajah Surabaya yang semakin cantik. Saya harus kembali ke Surabaya. Karena udah lama banget gak ke sana. Jadi yang keingetan sama saya hanyalah tunjungan Plaza :D

    BalasHapus
  21. Satu hari keliling Surabaya, banyak tempat yang dikunjungi ya mba

    BalasHapus
  22. Wah enaknya punya sahabat yang baik hati yang mau ngajak jalan jalan seharuan di suSuraba

    BalasHapus
  23. Saya suka dng Surabaya terutama kulinernya. Cuaca panas Saya jadi minum es terus

    BalasHapus
  24. Surabaya paling enak wisata kuliner, bikin hati happy heheheh

    BalasHapus
  25. aku malah belum pernah ke kenjeran dan sekitarnya. Sekalinya foto di patung Sura dan Buaya dikata norak kek turis. Hahaha

    BalasHapus
  26. Akuuuuu mau ke Malang lagi.. Dan sudah menyelipkan 1 Hari atau 2 Hari mampir ke Surabaya. Insyaallah.. eh pas banget dapat info harus kemana saja di sby Dr sini . Aiih ga sabar nunggu 2019..

    BalasHapus
  27. Keren ya jembatan Suramadu nya , apalagi malam.hari , terimakasih info wisata ny

    BalasHapus
  28. Wahh terakhir ke Surabaya sekitar tahun 2002, ambil jalan darat sekalian ke Bali. Waktu itu belum ada Suramadu, jadi pengen balik lagi deh ke Surabaya.

    BalasHapus
  29. Toss akupun suka pake pegipegi. Kemaren baru aja ke Bogor. Btw doain ya aku bisa ke Malang

    BalasHapus
  30. Belum pernah jelajah Surabaya hanya numpang lewat doang huhu

    BalasHapus
  31. Nice post. I learn something new and challenging on sites I stumbleupon everyday.
    It will always be exciting to read content from
    other authors and use a little something from their sites.

    BalasHapus
  32. Great post. I was checking constantly this blog and I'm impressed!
    Extremely useful information specifically the last part :) I care for such info a lot.
    I was looking for this particular information for a long time.
    Thank you and good luck.

    BalasHapus