Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 15 Agustus 2018

5 Cara Berpenampilan Tepat Saat Menghadiri Rapat

Wanita Karier (Doc. Pixabay)
Dalam perkembangan era kekinian, segala tindak laku pekerjaan bisa di lakukan oleh siapapun bukan sekedar kaum pria, pekerja wanita pun saat ini sudah cukup banyak jumlahnya. Berbagai profesi di geluti  dalam berbagai bidang, dan hal ini tidak menutup kemungkinan untuk bertemu dengan banyak orang. Dalam membahas suatu kerja sama misalnya, pertemuan dan rapat sering kali memadati schedule dan agenda mereka. Tidak hanya pria saja yang berhak menghadirinya, para wanita yang merintis karier kini sudah sering kali dilibatkan dalam suatu rapat di perusahaan. Bukan tidak mungkin, wanita  pun berpotensi untuk memberikan perubahan dalam perusahaan lewat peran sertanya dalam rapat tersebut.

Dalam kondisi rapat yang formal, sebagai wanita pekerja haruslah bisa menunjukkan impresi yang meyakinkan. Salah satu caranya yakni dengan menggunakan pakaian yang tepat saat rapat berlangsung. Lalu, bagaimana cara berpakaian untuk wanita yang tepat ketika menghadiri  rapat. Berikut ini beberapa diantaranya:


Memilih warna netral

Datang ke acara yang formal seperti rapat, mengharuskan seseorang untuk berpakaian sesuai dengan etika. Salah satunya yakni dengan menghindari penggunaan pakaian dengan motif yang terlalu mencolok. Untuk menggantinya, dapat menggunakan pakaian dengan warna netral yang tidak terlalu mencuri perhatian seperti warna navy, hitam atau abu-abu dengan motif yang sederhana. Dengan demikian, Kamu bisa berpakaian secara formal tanpa harus membuat mata peserta rapat lainnya tertuju padamu karena pakaian yang di kenakan.

Gunakan pakaian yang rapi dan bersih

Acara formal seperti rapat tidak hanya mengharuskan seseorang untuk berpakaian dengan bahan dan jenis yang tepat melainkan juga kebersihan diri. Ketika menghadiri rapat, usahakan Kamu telah mengguanakan pakaian yang rapi dan bersih. Jangan gunakan pakaian yang kusam, kotor atau lecek karena akan membuat dirimu terlihat tidak serius untuk hadir ke rapat tersebut. Selain itu, jangan lupa gunakan pewangi tubuh agar peserta rapat lainnya merasa nyaman dengan kehadiran Kamu di ruang rapat.

Gunakan pakaian berkerah

Penggunaan pakaian untuk rapat harus sangat diperhatikan terpasuk dalam hal pemilihan pakaian. Salah satu yang perlu diperhatikan yakni Kamu harus menggunakan pakaian berkerah saat menghadiri rapat. Penggunaan pakaian yang berkerah seolah menjadi kewajiban karena akan menunjukkan etika yang sopan pada dirimu. Jangan gunakan pakaian tanpa kerah seperti kaos karena akan membuat Kamu terlihat tidak sopan dan tidak layak untuk berada di ruang rapat.

Jangan menggunakan aksesoris berlebihan

Bagi para wanita, penggunaan aksesoris sangat penting untuk mempercantik penampilan. Namun, disaat rapat sebaiknya simpan beberapa aksesoris kesukaan, karena sudah pasti tidak dibutuhkan semuanya. Gunakanlah aksesoris secukupnya seperti kalung atau gelang tanpa harus memamerkannya setiap saat. Aksesoris yang berlebihan akan membuat Kamu terlihat norak dan bahkan membuat Kamu terlihat seperti sedang menghadiri pesta dibandingkan suatu rapat penting.

Tidak menggunakan Jeans

Datang ke acara rapat terutama acara rapat yang formal mengharuskan Kamu untuk berpakaian yang sopan dan rapi. Salah satu cara untuk menunjukkannya yakni dengan tidak menggunakan celana jeans atau pakaian lainnya yang berbahan dasar jeans. Karena, pakaian dengan bahan jeans kurang cocok untuk acara formal seperti rapat dan lebih cocok untuk digunakan dalam acara-acara kasual. Selain itu, menggunakan jeans juga bisa membuat Kamu terlihat kurang sopan saat berada di ruang rapat.

Untuk mengganti, penggunaan celana jeans, Kamu dapat memilih jenis pakaian lainnya. Salah satu contohnya adalah menggunakan celana rok yang terbuat dari bahan-bahan formal seperti linen. Penggunaan celana rok bisa meningkatkan penampilan Anda sekaligus membuat Anda terlihat sopan saat berada di ruang rapat. Jadi, usahakan untuk tidak menggunakan celana jeans dan mulailah menggunakan celana rok saat akan menghadiri rapat.

Berpakaian  dengan padanan tidak tepat, dapat membuat Kamu merasa canggung. Oleh karenanya semakin baik penampilan, maka akan semakin membangkitkan rasa percaya diri. Ingatlah, berpakaian dengan rapi dan sopan juga dapat menunjukkan profesionalisme dari kepribadiaan seseorang. 

26 komentar:

Putu Sukartini mengatakan...

Pilihan berpakaian saat menghadiri rapat-rapat formal menentukan "nilai" kita di mata peserta rapat lainnya

Memang harus hati-hati sih memilih pakaian ini, beneran harus menyesuaikan dengan situasinya

Ade UFi mengatakan...

Untuk yang jeans, mgkn tergantung suasana kantornya kali ya.. kayak di media kayaknya masih banyak yg pakai jeans. Bahkan org entertain seragamnya juga jeans.

Liswanti mengatakan...

Nah penting jangan menggunakan jeans

Fenni Bungsu mengatakan...

Karena pakai hijab, pakaian berkerah bisa diganti blazer

Helenamantra mengatakan...

kalau aku sih lihat rekan rapatnya siapa, bisa santai atau formal.

sae mengatakan...

Nice sharing nya

Tian lustiana mengatakan...

Kadang zaman now masih saja yang mau rapat itu pakai jeans , bahkan pernah saya ketemu yang mau meeting pakai jeans sobek2

Anisa AE mengatakan...

Biasanya kalau diinstansi-instansi itu gak boleh pakai celana jeans :)

Desri Desri mengatakan...

setuju banget sama tipsnya. salah kostum bisa jadi gak fokus ya mba.

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Anti banget deh menggunakan aksesoris yang berlebihan mba. Paling pakai salah satu aja karena bisa menambah kepercayaan diri ya mbaa

Unknown mengatakan...

Saya dulu 6 tahun Di Perusahaan Telekomunikasi Digital. Kebetulan HRD and Management memberlakukan Performance supportive. Meaning we don't need tie or best dress. Jadi kami ke kantor cukup dengan sepatu Sport. Jeans. Kaos and Jilbab. Jam tangan. Kalung lah buat pemanis leher. Advertising Digital juga sangat nyaman performances nya. Well. Thanks for sharing.

aya khairiah mengatakan...

wah perlu dibintangi nih, jadi kalau suatu saat meeting sama klien ga saltum hihihi

Uci mengatakan...

Warna netral memang bikin penampilan terlihat wah ya

Keke Naima mengatakan...

Dulu kantor tempat saya bekerja termasuk yang bebas untuk pakaiannya. Sehari-hari lebih sering pakai kaos dan jeans, termasuk saat rapat. Tetapi, memang tergantung dari seperti apa kantornya

Ira Hamid mengatakan...

Iyaa, kalo di instansi yang kayaknya gak boleh pakai jeans, tapi kalo swasta kayaknya tergantung kebijakan kantor deh

Shine Fikri mengatakan...

Dulu aku ngantor awam banget masa mba, lulus SMA secara ya, baju kembang 7 rupa akau pakai. Sampai di training tentang attitude dan busana kantor gitu sama bosku, wkwkwk... Kalau inget jadi malu sendiri. Noted banget ini, biar ga banyak orang yg ngalamin kayak aku dulu 😂

Aprillia Ekasari mengatakan...

Intinya kalau meeting utk bisnis emang kudu tampil formal ya mbak. Biar keliatan menghargai klien jg :D TFS

sae mengatakan...

Betul mbak perlu menjadi perhatian bagi zaman now utk berpakaian ya mbak.. Makasih sharing nya

Riri Restiani mengatakan...

Makasih tipsnya mbak, memahami cara berpakaian memang wajib banget, biar gak saltum.hehe

Leyla Hana mengatakan...

Kalau rapat tentu pakai pakaian formal dan sopan yaa kecuali rapat arisan emak2 hihi

Herva Yulyanti mengatakan...

emang mba klo meeting barengan sama orang dengan baju warna mencolok itu bikin konsentrasi terbagi haahaa apalagi klo yg pake cewe terus meeting bareng bapak2 duh ileh wkwk

Mugniar mengatakan...

Wah noted Mbak supaya kalo sesekali ada yang ajak rapat gak saltum

Elly Nurul mengatakan...

Menghargai pengundang memang penting ya mba, dengan cara berpakaian terkadang bisa juga melihat kepribadian seseorang, jadi memang harus belajar cara berpakaian sesuai kebutuhan

Nurul dwi larasati mengatakan...

Aku masih suka pakai rok, tapi yang lewat lutut dikit panjangnya. Jadi lebih sopan kelihatannya.

Milda Ini mengatakan...

Inspiratif nih, kita kudu tahu tempat berbaju yaaah. Biar nyaman ga dipelototin orang bisa

Mporatne mengatakan...

Pakaian tabg bisa di pafu padakan. Yang penting penampilan kece ,tidak berat di kantong