Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 19 Januari 2016

Pemanfaatan Teknologi Untuk Disabilitas

Siapa yang tidak mengenal Ludwig  Van Beethoven seorang komposer legendaris asal Jerman yang telah menghasilkan maha karya indah melalui gubahan musik yang dibuatnya. Namun, siapa yang menyangka bahwa karya-karya fenomenal itu justru di buat dari seorang tuna rungu, iya Beethoven mengalami pengurangan pendengaran saat usianya 26 tahun. Ia hampir depresi di buatnya lantaran tak ada satupun pengobatan yang mampu menyembuhkannya.

Sesungguhnya Tuhan menciptakan suatu keadaan manusia tiada yang sia-sia, justru di balik kekurangannya itu Beethoven mampu mendulurkan karya-karya terbaiknya yang masih dikenal hingga saat ini. Telah banyak terbukti orang-orang dengan keterbatan fisik misalnya telah menghasilkan banyak karya-karya luar biasa dan telah manjadi inspirasi bagi banyak orang.

Tetapi tak dapat dipungkiri, hingga saat ini kaum minoritas yang mengalami disabilitas masih terpinggirkan hak-haknya termasuk dalam teknologi. Di era perkembangan serba canggih dengan terobosan teknologi terbaru para disabilitas belum mendapat edukasi dan informasi secara menyeluruh yang mampu di sesuaikan oleh kemampuan mereka.


Disabilitas memiliki pengertian ketebatasan fisik sehingga menghambat suatu aktifitas  karena lemahnya struktur dan fungsi tubuh. Gejala disabilitas dapat dialami sejak lahir atau bahkan di tengah kehidupan seseorang.

Ada beberapa macam disabilitas yang umumnya di alami seseorang yakni :

- Disabilitas fisik
Gangguan tubuh yang membatasi fungsi motorik termasuk dan penurunan daya tahan fisik dan kerap kali mengganggu kegiatan sehari-hari. Contoh dalam hal ini adalah seseorang yang mengalami epilepsy, tuna rungu,tuna netra, dan lain-lain.

- Disabilitas Mental
Suatu kondisi yang mengganggu aktifitas seseorang karena emosi yang berlebihan dan tidak terkendali hal ini pun terkait pada masalah gangguan jiwa. Seseorang yang mengalami ini biasa di sebut bipolar, tuna grahita.

- Disabilitas Sensorik
Gangguan yang dialami seseorang terkait dengan terganggunya fungsi indera dalam tubuh seperti menurunnya daya penglihatan, pendengaran, maupun bicara serta indera lainnya.

Komunikasi merupakan hal mendasar yang penting dalam berkehidupan sosial, karena hal tersebut menjebatani  maksud seseorang kepada yang lainnya dalam menyampaikan suatu informasi maupun berita namun apa jadinya jika seseorang ingin mengatakan apa yang hendak disampaikan namun mimiliki keterbatasan seperti berkurangnya fungsi panca indera, pasti tidak semua orang mampu memahami. Untuk itulah perkembangan teknologi sangat diharapkan sebagai pelengkap agar para disabilitas terfasilitasi untuk berkomunikasi lebih mudah.

Seorang ilmuwan berhasil merancang sebuah alat untuk membantu orang-orang berkebutuhan khusus seperti di buatnya Visual sound mobile phone merupakan teknologi komunikas bagi tuna rungu  yang mampu mengubah input suara ke teks dan input teks ke suara . 

Desain ini memiliki dua pilar praktis yang gulir samping untuk mengekspos tampilan roll-out. Untuk berkomunikasi, para disabilitas cukup memasukkan teks ke dalam layar touch screen, yang akan dikonversi menjadi suara simulasi untuk orang di ujung telepon dan sebaliknya. Kendala yang mungkin dihadapi dalam penggunaan teknologi ini adalah efisiensi waktu karena akan banyak waktu delay saat visual sound mobile phone digunakan. 

Teknologi bermanfaat untuk membantu dan memudahkan manusia melaksanakan segala aktifitas. Dengan dirancangnya alat-alat yang dapat disesuaikan untuk para disabilitas itu merupakan perkembangan yang sangat baik, sehingga tak ada lagi batas, tak ada lagi perbedaan. Sehingga semua orang berhak untuk menggunakan dan memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya.

Sesungguhnya seseorang yang mengalami disabilitas tentu tidak ingin dipandang berbeda, pada dasarnya mereka pun memiliki hak yang sama untuk berkehidupan secara normal dan baik. Teknologi yang memadai akan menjadikan mereka lebih mandiri dan mampu bersikap produktif sebagaimana kemampuan yang tersimpan di dalam dirinya.

44 komentar:

Tyaseta Rabita Nugraeni Sardjono mengatakan...

mohon maaf kak, koreksi, disabilitas esnorik bukan itu, yang kakak sebutkan itu masuk ke disabilitas fisik pada saat ini karena terlihat.

teknologi Visual sound mobile phone keren....

iya tidak ingin dipandang berbeda namun pada hal tertentu,misalnya tuna rungu tidak bisa dipandang sama terus diberlakukan harus mendengar jadi harus dipandang berbeda pada hal tertentu.

@guru5seni8
http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

Adibriza mengatakan...

Setuju mereka memiliki hak yang sama untuk berkehidupan secara normal dan baik. Teknologi yang memadai akan menjadikan mereka lebih mandiri. Nice post

@adibriza

Unknown mengatakan...

Pada dasarnya kita adalah sama, maka kita harus tunjukan sikap yg sama kepada sesama.

Salam
@RahmatSPL

Siti Nurjanah mengatakan...

Terima kasih untuk koreksinya mba, sudah saya perbaki. :)

Pernyataan saya dimaksdkan adalah mengenai hak-hak seperti para disabilitas punya hak yg sama dlm hal pendidikan, dlm hal informasi dan teknologi serta lainnya. Karena diskriminasi masih banyak terjadi

Siti Nurjanah mengatakan...

Yupps..dg pe!berdayaan yg tepat sudah banyak buktinya pengidap disabilitas justru telah menuai sukses

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul sekali, karena pada dasarnya Tuhan menciptakan manusia adalah yg paling sempurna dari segala makhluk

Liu Purnomo mengatakan...

Teknologi visual mobile phone adalah teknology yang memberikan kesamaan bagi setiap orang. Perwujudan ini perlu ditingkatkan terus, sampai tidak ada lagi 'pagar' pembatas antara normal dan disabilitas. Postingan yang menarik

@leon_sps

Anisa AE mengatakan...

Aku sempat takjub ketika ada orang buta yang FB-an. Eh, liat praktiknya langsung pas dia ngetik di laptop. Luar biasa.

Horas Silalahi mengatakan...

Sejatinya para penyandang disabilitas itu juga manusia, punya hati dan perasaan. Mereka juga tidak mau dibilang lemah, maka teknologi seperti ini bisa membuktikan bahwa mereka juga bisa melek teknologi layaknya manusia normal.

nurul rahma mengatakan...

Teknologi memang kudu dijadikan sarana untuk berbagi manfaat yah

@nurulrahma
bukanbocahbiasa(dot)com

@maschunsofwan mengatakan...

semoga dengan hadirnya tenologi bagi disabilitas ini dapat membantu mereka

Ade anita mengatakan...

Di kampus suamiku ada mahasiswa tuna netra yg lancar ngetik dan surfing internet. Hebat banget.

Ophi Ziadah mengatakan...

Waah keren ya inovasi teknologi yg difabel friendly

Diah Dwi Arti mengatakan...

salah satu terobosan besar ya mbak. cuma dengan itu berarti penyandang tuna rungu yang bisa memanfaatkannya adalah yang bisa baca tulis ya.

@diahdwiarti

GE MAULANI mengatakan...

Memang sudah seharusnya perkembangan teknologi bisa dirasakan oleh semua kalangan tanpa terkecuali. Semoga semakin banyak lagi teknologi yang dirancang untuk kaum difabel.

@gemaulani

ahliah citra mengatakan...

Ada tuna netra yang jadi penulis dan juga blogger

Nur Susianti mengatakan...

visual sound mobile phone merupakan inovasi teknologi yang bagus ya, membuat para penyandang tuna rungu bisa menggunakan teknologi itu dengan mudah..

Dini Febia mengatakan...

Secara sekilas kalau dilihat sama, karena sesungguhnya kemampuan mereka juga besar. Kita harus memberikan kesempatan pada mereka.

Awaldi Rahman mengatakan...

Teknologi visual sound mobile phone nya mantap ih. Menyadarkan saya betapa semakin berkembangnya zaman ini.

Ria Fasha mengatakan...

semoga kedepannya semakin banyak teknologi yang bisa memudahkan teman2 disabilitas untuk hidup seperti layaknya yang normal
@chikarein

Perempuan November mengatakan...

sebenarnya teknologi saat ini sudah difabel friendly menurut saya. hanya saja, apakah bisa dimanfaatkan secara merata oleh penyandang disabilitas di seluruh dunia, itu tergantung berbagai faktor, seperti kondisi ekonomi, peran orang sekitar, maupun kemajuan suatu negara, dan faktor-faktor lainnya :)

Pak Guru Lana mengatakan...

keren banget teknologinya,, bisa merubah suara menjadi teks dan vise versa,,
@aleksdejavu

Rinrin Rinjaniah mengatakan...

Teknologi keren tapi pastinya tidak bisa dikonsumsi bagi penyandang difabel dari kalangan kurang mampu. Teknologi yang keren dan canggih yah

Siti Nurjanah mengatakan...

Terima kasih :)
Iyapss perkembangan kemajuan teknologi semacam ini tengah membantu meruntuhkan 'pagar pemisah' antara yg disabilitas dan yg tdk

Siti Nurjanah mengatakan...

Dgn berbagai terobosan menarik para netra pun memiliki hak yg sama menikmati kemajuan teknologi

Siti Nurjanah mengatakan...

Yupss tepat sekali, hal itu pun hrs di seimbangi dg kemauan yg tinggi para disabilitas

Siti Nurjanah mengatakan...

Sudah sepatutnya seperti itu karna teknologi tercipta utk memberi segala kemudahan

Siti Nurjanah mengatakan...

Amiiin, semoga saja sehingga hak- hak merekapun tak terpinggirkan

Siti Nurjanah mengatakan...

Waah salut, kemauannya pasti sangat besar dg kerja keras yg lebih

Siti Nurjanah mengatakan...

Yupss bersahabat krna lbh mmudahkan utk berkomunikasi

Siti Nurjanah mengatakan...

Jika dilihat dari fiture nya sih iya mba

Siti Nurjanah mengatakan...

Aamiiin semoga mba. Lbh banyak tercipta alat2 berbasis teknologi agar semua kemudahan dpt sama2 dirasakan

Siti Nurjanah mengatakan...

Saya pernah dengar mba. Tp kurang tahu identitasnya

Siti Nurjanah mengatakan...

Benar sekali, memberi kemudahan disabilitas tsb bisa berkomunikasi walaupun dg jarak jauh

Siti Nurjanah mengatakan...

Nah..itu bahkan kerap kali keterampilan mereka melebihi org normal. Kesempatan lah dan penerimaan masyarkat yg membuat sebagian lainnya terkekang dg keterbatasan

Siti Nurjanah mengatakan...

Betul, terobisan unik namun bwrmanfaat

Rahmah Chemist mengatakan...

Iya, smartphone sekarang memang sudah merambah untuk kaum difabel

@amma_chemist

Siti Nurjanah mengatakan...

Ammin. saya rasa itupun menjadi harapan bersama

Siti Nurjanah mengatakan...

benar sekali dg pernyataan Mba Diah, krna alat2 berbasis teknologi itu sudah barang tentu tdk dgn harga murah

Marfa Umi mengatakan...

semoga teknologi selain memudahkan juga membuat mereka produktif :)

@umimarfa

Siti Nurjanah mengatakan...

itulah teknologi membuat yg sebelumnya tdk mungkin menjadi mungkin

Siti Nurjanah mengatakan...

iya mba..umumnya harganya masih cukup mahal

Siti Nurjanah mengatakan...

terobosan dan dampak teknologi yg kian berkembang

evrinasp mengatakan...

aku kenal seorang disabilitas sewaktu ketemu di Bandung waktu itu, dia pakai kursi roda, tapi karena canggih tidak membatasi aktifitasnya