Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 29 Juli 2018

Program Beasiswa Menjadi Komitmen Nyata SCG di Bidang Pendidikan

"Pendidikan adalah senjata yang paling kuat. Yang bisa kamu gunakan untuk mengubah dunia." Nelson Mandela.
Sebuah kutipan dan kata bijak dari seorang tokoh dunia tersebut seakan memberikan gambaran begitu pentingnya dunia pendidikan bagi sebuah peradaban. Itulah sebab suatu bangsa dimana masyarakatnya cakap, pintar dan berpendidikan akan mampu menjadi lebih maju untuk menciptakan suatu inovasi yang akan bermanfaat bagi banyak orang.

Dibeberapa negara berkembang khususnya, perihal pendidikan masih menjadi fokus utama yang harus dibenahi. Permasalahan ekonomi kerap menjadi alasan, jika saja semua masyarakat mekiliki sudut pandang yang lebih luas bahwa sebuah pendidikan bagi generasi bangsa adalah suatu hal yang penting. Ada banyak cara untuk mewujudkan segenap cita-cita mereka asal ada kemauan dan tekun untuk meraihnya. Salah satu caranya adalah melalui beasiswa.

Dengan kemajuan teknologi, segala informasi lebih mudah di dapatkan. Salah satu program beasiswa yang telah berkontribusi lebih dari lima tahun yang konsen terhadap pendidikan untuk beberapa siswa di Indonesia adalah Sharing the Dream. Merupakan program beasiswa tahunan yang diselenggarakan perusahaan konglomerat Siam Cement Group (SCG) untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan kehidupan yang layak di tujuh negara ASEAN dimana wiilayahnya beroperasi.Bermula dari Vietnam, kemudian berlanjut ke sejumlah negara seperti Filipina, Myanmar, Laos, Kamboja dan Indonesia.

SCG didirikan pada tahun 1913 perusahaan asal Thailand ini berfokus pada 3 bisnis yang menjadi konsen produksi utamanya yaitu semen - building materials, packaging, and chemical. Dalam menjalankan bisnisnya peusahaan ini berfokus pada konsep SD (Sustainable Development) yang mengedepankan keseimbangan antara sumber daya manusia, lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Dalam penyelenggaraan beasiswa 'Sharing The Dream' berjalan lebih optimal, SCG berpartner dengan Ancora Foundation sebuah organisasi filantropis Indonesia yang didirikan sejak tahun 2008. Memiliki tujuan utama untuk mengobarkan semangat anak-anak Indonesia dan membentuk karakter yang positif melalui pendidikan. Yang fokus utama memberikan beasiswa tingkat lanjut kepada siswa terbaik serta terpilih.

Setidkanya ada beberapa tahapan seleksi yang menjadi pertimbangan Ancora Foundation untuk siswa-siswa yang menerima beasiswa dari CSR Perusahaan SCG ini. Pertimbangan tersebut di dasarkan pada kriteria :
-Siswa kelas 10, 11 atau 12
-Berkelakuan baik, berpikiran jauh ke depan dan termasuk siswa optimis dan bermotivasi
- Memiliki jiwa kepemimpinan
-Aktif berkegiatan ekskul sosial atau sukarelawan

Dalam sesi acara  talkshow 'Gathering blogger' pada 26 Juli 2018 lalu, yang betempat di bilangan Jakarta selatan Mr. Nantapong Chantrakul selaku Country Director SCG Indonesia memberikan sambutan.

“Melalui semangat 'Passion for better' mendorong pihak Kami untuk turut serta berkontribusi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik salah satunya pendidikan." Ungkapnya.

Mr. Nantapong Chantrakul & Narasumber (Doc. tika,s)
Hal ini sejalan dengan komitmen SCG yang meyakini bahwa pendidikan menjadi pondasi utama untuk membetuk karakter seseorang, demi membangun kemajuan suatu bangsa. Program 'Sharing The Dream' ini telah berjalan sejak tahun 2012 dan kabar baiknya jika sebelumnya prioritas beasiswa hanya kepada siswa sekolah tingkat lanjut namun untuk tahun 2018 ini CSR beasiswa SCG akan lebih diperluas kepada mereka yang berprestasi untuk memberikan beasiswa hingga tingkat universitas.

SCG berharap bisa terus menambah jumlah penerima dan jangkauannya. Harapannya setiap penerima beasiswa akan bisa menyalurkan semangat yang lebih baik dan nyata kepada orang di sekitarnya dengan meraih prestasi dan menggapai cita-citanya sebagaimana passionnya.

Setiawan Novaldi salah seorang penerima beasiswa untuk ke tiga kalinya dari SCG memaparkan rasa bangga dan terima kasihnya melalui program yang diberlakukan perusahaan asal negeri gajah putih tersebut. Sehingga Ia bisa terus berpeluang dan memiliki kesempatan belajar di bidang yang di cita-citakannya.

Dalam sesi talkshow saat itu hadir juga Tasya Kamila mantan penyanyi cilik Indonesia yang telah sukses merengkuh pendidikannya di Columbia University USA. Ia mengungkapkan dengan adanya beasiswa maka membuka banyak kesempatan kepada semua orang untuk mencapai pendidikan tertinggi dan meraih cita-cita yang di impikannya.

Passion Tasya ada di dunia entertainment, namun sebagai publick figur Ia merasa mempunyai tanggung jawab agar bisa memberi kontribusi membangun Indonesia, melalui pendidikan misalnya. Setidaknya menurut Dara kelahiran 1992 ini ada beberapa hal yang bisa diterapkan sebelum mengajukan beasiswa :
1.Self reflection. Setiap pribasi harus mengetahui batas dan potensi diri sendiri termasuk visi dan misinya.
2.Percaya diri dan semangat. Selalu optimis bahwa Kita mampu untuk mendapatkan beasiswa.
3.Up to date terhadap segala informasi terutama yang berkaitan dengan beasiswa yang di incarnya.
4.Selalu meningkatkan kemampuan diri.

5. Memiliki "passion" terhadap yang kita sukai.

Di tengah persaingan dunia yang makin kompetitif, pendidikan menjadi salah satu kunci untuk dapat bersaing dengan cerdas di level kompetisi dunia. Oleh sebab itu komitmen SCG memberikan bantuan pendidikan bagi para pelajar adalah suatu wujud nyata untuk mengembangkan sumber daya manusia sejak dini demi pembangunan berkelanjutan.


Novia Kardianti selaku brand and communicator SCG mengungkapkan tahap-tahap siswa dalam proses seleksi penerimaan beasiswa :
1. Semula biasanya ada pengajuan dari pihak sekolah atas rekemondasi dari guru BK yang di pilih dari nilai dan attitudenya.
2. Pengumpulan berkas secara lengkap
3. Semua siswa pendaftar beasiswa SCG wajib menulis esai tentang jati diri, impian dan visi misi ke depan tentang pembangunan bangsa yang ditulis dengan tangan.
4. Setelah itu akan ada Tim psikolog yang nantinya siap mengevaluasi Essay ini untuk menilai visi, misi, dan nilai pribadi yang tertuang, apakah sesuai dengan program yang diharapkan untuk mendapatkan beasiswa SCG Sharing The Dream.

Program beasiswa Sharing The Dream ini rutin diadakan setahun sekali. Nah, untuk bisa cek update terbarunya bisa di cek by online seperti webiste SCG, fanpage SCG dan beberapa sekolah yg sudah bekerja sama.



Foto Bersama Blogger Gethering/Talkshow (Doc.ISB)

14 komentar:

  1. Program ini memberi harapan bagi orang yang kurang mampu dan orang yang berprestasi

    BalasHapus
  2. Programnya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. Memberikan harapan bagi siswa yang berprestasi namun kurang mampu:)

    BalasHapus
  4. Terbukti ya penerima beasiswa tak hanya yang cerdas secara akademik tapi harus peduli keluarga dan aktif berorganisasi.

    BalasHapus
  5. Sangat membantu bagi anak-anak yang ingin melanjutkan sekolah namun kekurangan biaya :) hebat ...

    BalasHapus
  6. Semoga selalu membuat program-program yang bermanfaat:)

    BalasHapus
  7. Semoga lebih banyak orang yang melakukan program-program yang bermanfaat seperti ini:)

    BalasHapus
  8. Bersyukur ada program beasiswa seperti ini anak-anak Indonesia yang berprestasi kurang mampu dapat mendapatkan cita-cita yang diimpikan

    BalasHapus
  9. Aku juga mau nih cari2 kuliah buat anakku kepinginny dpt beasiswa ya kayak tasya..

    BalasHapus
  10. Wow.. Programnya bagus, semogamakin banyak yg seperti ini jadi generasi muda makin cerdas

    BalasHapus
  11. Moga makin banyak anak berprestasi yg mendapatkan beasiswa sehingga prestasinya ga sia2 ya....

    BalasHapus
  12. Waduh baru mau daftarin dhanty.. syaratnya sesuai itu. Dia juara kelas 3 besar. Angka di rapot dominan 9. Aktif di eskull PMR. Dan jadi mayoret Kotamadya. Eh udah tutup Aja tgl 26 juli... Hiks hiks... Padahal kece banget program beasiswa sgc ini

    BalasHapus
  13. Jadi pengen nyoba juga..eh tapi ada batasan umur ga ya?

    BalasHapus
  14. Aku jadi pengen cari beasiswa ke luar negeri makasih infonya Kakak Siti

    BalasHapus