Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 09 April 2018

Impian Menjelajahi Keindahan Bumi Serambi Mekkah

Salah satu destinasi di Sumatera (Doc.Pribadi)
Sebagai negara kepulauan, nyatanya Indonesia memiliki ragam keindahan dari ujung barat hingga timurnya. Jika dahulu Mahapatih Gajah Mada terkenal akan 'Sumpah Palapa' yang menyatukan nusantara, ya..itulah salah satu bentuk pesona lainnya negeri ini bersatu diantara banyak perbedaan suku dan bahasa.

Mengutip sedikit lagu nasional karya cipta Sang Maestro Bapak Ismail Marzuki, seakan menyiratkan keindahan negeri ini. Memahami setiap bait dan liriknya sangat menggetarkan hati.
"Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya"

Melangkahkan kaki, menjejak tanah nusantara yang maha luas ini akan semakin membuat harapan untuk melangkah lebih jauh lagi. Jika ada kesempatan, impian terbesar Saya adalah bisa menjejakan langkah menatap langsung keindahan negeri ini di setiap penjurunya. Untuk wilayah Indonesia ke timur, tentu saja Saya ingin sekali bisa melangkah ke sana, pesona indahnya alam yang menawan. Namun, masih ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, tapi Saya yakin suatu saat jika kesempatan itu akan hadir. Di wilayah Barat Pulau Jawa, Alhamdulillah...di beberapa wilayah Pulau Sumatera sudah ada beberapa destinasi yang pernah Saya kunjungi. Hanya masih ada yang berasa belum sempurna yakni impian terbesar untuk menjejak di bumi Serambi Mekkah.

Satu hal yang begitu menarik minat Saya untuk bisa ke Aceh adalah ketika Saya begitu mengagumi dan jatuh cinta pada arsitektur bangunan Masjid Raya Baiturahman yang selama ini baru Saya lihat melalui buku dan gambar kalander. Terlebih Aceh pernah menjadi salah satu wilayah Indonesia yang menyimpan sejarah luar biasa bencana alam terbesar yang pernah melanda negeri ini. Tapi semangat masyarakatnya untuk bangkit dari rasa duka itu sangat luar biasa.

Masjid Baiturahman (Doc. Duniamasjid.com)
Air pantai yang masih bersih terawat, pasir putih yang halus, terumbu karang yang tumbuh indah di perairannya yang luas kerap terbayang di pelupuk mata. Saya juga suka mendengar nada musiknya yang kerap mengalun dari soundtract beberapa film, semakin menggetarkan hasrat untuk bisa menjejak ke sana.

Kekayaan seni Nanggroe Aceh Darussalam tidak hanya di situ saja, salah satu karya seni lain yang begitu memukau Saya adalah Tari Saman. Yang sebenarnya tujuannya sebagai tarian selamat datang, namun gerak lincah tangan antara penari satu dan yang lainnya begitu berirama, kekompakan yang mengagumkan. Kabar baiknya, tari Saman pun begitu dikagumi di mata dunia dan saat ini sudah menjadi warisan tak benda yang di sah kan oleh Unesco.

Ke Aceh, tidak lengkap sebelum menyeruput kopi Gayo. Ah..jadi teringat cerita seorang customer tempat Saya bekerja dahulu. Beliau memiliki darah Aceh dan bercerita cukup banyak tentang tanah rencong ini. Meski bukan maniak kopi, Saya suka sekali mencicipi cita rasa kopi nusantara yang beraneka cita rasa.

Kopi Gayo menjadi khas Aceh sebenarnya penyebutannya dilandaskan pada budi dayanya tanaman kopi jenis arabika ini di dataran tinggi Tanah Gayo yang mencakup Aceh Tenggara dan Gayo Lues. Meski sudah banyak di daerah lain yang menjual dan mencap kopi gayo pasti rasanya akan sangat berbeda ketika menyesap langsung di daerah asalnya.

Semakin banyak mengungkap pesona Aceh yang di Impikan, kian membuat ingin segera bisa ke sana. Saya sadar betul untuk mencapai pulau ujung Sumatera itu bukan hal mudah. Selain durasi terbang yang cukup lama dibandingkan wilayah Sumatera lainnya, biaya tiket perjalanan juga terbilang tidak sedikit. Jika harus melalui jalur darat ataupun laut rasanya kurang efisien.

Sedikit buka rahasia, sebelum melakukan perjalanan selain mempersiapkan segala kebutuhan dan akomodasi, Saya biasanya suka mencari-cari terlebih dahulu informasi tiket promo. Atau membandingkan harga antara satu maskapai dengan yang lainnya.

Platform Skyscanner (Doc. Skyscanner)
Ketika travelling telah menjadi satu gaya hidup, semakin banyak lah bermunculan situs web atau aplikasi berbasis teknologi. Salah satunya adalah Skyscanner merupakan situs perjalanan mencakup penerbangan, hotel, dan penyewaan mobil di seluruh dunia. Platform situs travel ini karya dari Gareth Williams ini telah beroperasi sejak tahun 2001 menawarkan segala kemudahan dalam mempersiapkan perjalanan nantinya.

Dengan mengakses situs resminya, user bisa langsung membandingkan harga misalnya penerbagan, hanya tinggal input kota keberangkatan dan kota tujuan secara real time. Bisa memilih untuk one way ataupun pulang-pergi. Agar lebih memudahkan sesuai kebutuhan user, bisa juga diurutkan berdasar jam keberangkatan ataupun harga termurah. Bukan tidak mungkin bisa mendapat tiket pesawat Garuda Indonesia dengan harga terbaik. Karena banyaknya pilihan dari situs online travel dan tinggal tentukan pilihan yang tepat.

Perlu diketahui, bahwa sistem pemesanan melalui Skyscanner ini menjadi perantara beberapa situs online travel atau maskapai yang telah bekerja sama dengan real tanpa biaya tambahan. Setelahnya nanti akan di arahkan menuju situs online travel yang di pilih untuk melanjutkan transaksi.

Setibanya di situs online travel, isi segala kelengkapan data. Cukup mudah bukan ? hanya tinggal mengikuti prosesnya sampai tiba di pembayaran dan bisa pilih transaksi dengan beberapa bank yang telah bekerja sama. 

Kelebihan menggunakan platform Skyscanner ini ketika sudah mendaftar jadi member adanya beberapa fitur yang akan menjadi pilihan terbaik bagi para pejalan. Misalnya fitur month view atau daily view. Menyajikan rangkuman tren harga tiket murah sesuai yang di inginkan dalam jangka waktu bulanan atau harian, bisa banget untuk menyesuaikan dengan segala kondisi yang user tentukan. Pastinya ini akan sangat memudahkan untuk menganalisa waktu tertentu dimana tiket pesawat bisa sesuai dengan budget ataupun rencana perjalanan nanti.

Fitur Info Harga (Doc. Skycanner)
Yang paling menarik untuk update tiket murah. Hanya tinggal aktifkan menunya dengan tandai yang bergambar lonceng. Masukkan email, nanti Skyscanner akan mengirimkan notifikasi atau peringatan apabila ada perubahan harga tiket pada destinasi dan tanggal yang di inginkan.

Menikmati perjalanan itu tidak perlu mahal, budget bisa disiasati, destinasi bisa dipilih, sejatinya perjalanan hemat adalah hak asasi semua orang yang utama adalah kemauan untuk melangkah dan memulai perjalanan itu.

-Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.-

38 komentar:

  1. luar biasa sekali skyscanner ini kak, sangat membantu kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Situs web dan aplikasi yg wajib utk traveller

      Hapus
  2. Alhamdulillah, sudah pernah ke Banda Aceh....dan lumayan kangen dengan suasana islami Aceh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah..beruntungnya, semoga saya pun bisa menjejak ke sana

      Hapus
  3. Iyaaa aku kalau dinas overseas paling sering nya pakai skyscanner ini , pilihan penerbangan dan hotel nya sangat beragam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan terbaik utk setiap perjalanan
      *eh..ko jadi kaya ngiklan :D

      Hapus
  4. Alhamdulillah, aku pun berhasil menjejakan kaki di tanah rencong nih, jadi ga bikin penasaran..
    Mba Sie thi...apa kabar, lama ga pernah mampir sinii..hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya, saya ingin melihat dan mendengar langsung logat Aceh. Yg khas

      Hayuu mba..sering2 lha mampir ke sini

      Hapus
  5. Aku belum pernah ke Aceh... Hiks... Semoga suatu saat nanti dikasih kesempatan kesana ya... Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba. Amiiin kita saling berdoa saja ya

      Hapus
  6. Senang ya jika impian kita bisa terwujud, di bantu pula dngn skyscanner pasti lbh mudah terwujud

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mba. Itu jadi Goal bgt dlm hidup pasti

      Hapus
  7. aku pun juga sudah menuntaskan hasrat menjelajahi Aceh.. syahdu skali.

    BalasHapus
  8. udah lama gak main-main ke Aceh euy.. kulinerannya juara semua euy..

    BalasHapus
  9. belum pernah ke banda aceh sedih sekali..

    BalasHapus
  10. Wah pengen ke Aceh ya. Kebayang jauhnya tapi bisa ditempuh lah kalo naik pesawat Garuda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuupss..perjalanan sekali jalan aja bisa hampir 3 jam

      Hapus
  11. Duuhh kapan ya saya bisa jalan2 ke kota serambi mekah ini, mau nyoba hunting tiket murah di skyscanner dulu ah. Makasih infonya ya siti....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuu mba kita saling berdoa. Semoga saja.impian ke Aceh bisa terwujudkan

      Semoga bermanfaat informasinya

      Hapus
  12. Pesona aceh bikin kita pengen kembali kesana . Cek n ricek harga termurah emang penting. Apalagi kalau ada promo siksaan banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..harus rajin update info harga tiket murah

      Hapus
  13. Wah, Aceh harus jadi list wisata nih. Banyak sekali tempat yang indah sudah menanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini wish list saya yg blm kesampaian

      Hapus
  14. Aku minum kopi Gayo di Tangerang, tapi mau kalo diajak mbak siti ke aceh. Uhihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinginnya menyecap langsung dari asal daerahnya. Saya juga mau sih kalo ada yg ngajak
      Hahaha

      Hapus
  15. Serunya perjalanan Siti ke Aceh,,pgn nh sekali2 kesana..ikuttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjalananna masih tersangkut di mimpi dan doa. Mba

      Hapus
  16. Akupun sama, baru bisa lihat masjid Baiturrahman di kalender atau gambar semata huhuhu. Padahal bisa dijadikan destinasi wisata yg ga kalah sama Bali dan Yogya ya. Apalagi sekarang pesen tiketnya makin gampang bisa online. Yukk ahh nabung dulu kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Design arsitekturnya indah bgt ya mba. Kabarnya saat ini semakin megah dg interior tambahan disekitar

      Hapus
  17. Semoga menang yaa.. Aku mau juga diajak ke serambi mekah, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin. Allahuma aamin
      Saya juga ga nolak mba kalau ada yg ngajak :D

      Hapus
  18. Fitur notifikasinya keren, ya. Kadang masih ada aja yang suka salah pesen tiket. Kalau ada notif gini mestinya jadi ngeh dan buru2 diurus juga kalau salah pilih jadwal

    BalasHapus
  19. Aceh memang luar biasa, kaya akan budaya, landscape dan kuliner yang enak-enak

    BalasHapus