Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 31 Maret 2018

Stand Up Comedy Season 8 : Siap Hadirkan Konsep Terbaru


Dunia hiburan tanah air kini semakin beragam, hal itu semakin terbukti dari bermunculannya bibit-bibit muda bertalenta. Tidak hanya sekedar pemain sinetron atau bintang iklan, tapi juga dari sisi komedi.

Jika dahulu icon lawak Indonesia khas dengan grup seperti Warkop DKI, Bagito, Srimulat dan lain-lainnya. Saat ini semakin beragam setelah boomingnya aksi membuat sisi komedi seorang diri dan dikenal dengan stand up comedi.

Di negara asalnya, stand up comedy telah lama berkembang dan cukup diminati. Dahulu di era sekitar tahun 70an ada seorang komedian yang memiliki karakter komedi sejenis, namun tidak terlalu akrab di tengah masyarakat. Hingga sekitar tahun 2000an Saya mengetahui ada sosok Iwel yang memulai kembali dengan membuat komedi seorang diri. Dan baru sekitar tahun 2010an ke atas dunia komedi stand up mulai di lirik dan diminati.


Pada 7 tahun lalu, saluran Kompas TV sudah menyelenggarakan ajang pencarian bakat bertajuk "Stand Up Comedy Indonesia (SUCI)" dan telah mendulurkan orang-orang berbakat dari ajang komedi. Pelakon dalam stand up comedy biasa disebut komika.

Ketika mendapat informasi bahwa ada undangan terbatas dari launching Stand Up Comedy menyambut sesinya yang ke 8, dari komunitas Indonesia Social Blogpreneur Saya cukup antusias mendaftar. Karena sudah sejak lama Saya dan adik-adik sangat menyukai penampilan komika dikala beraksi (bahkan seorang adik sempat berantusias untuk ikut dalam acara yang harus Saya hadiri kala itu). Tapi karena terbatas makanya tidak bisa mengajaknya ikut serta.


Hadir langsung menyaksikan acara stand up comedy secara off air juga pernah beberapa kali Saya lakoni. Euforia menonton melalui youtube atau televisi pastinya sangat berbeda dibandingkan ketika menyaksikan langsung bersama penggemar stand up comedy lainnya.

Stand Up Comedy "Mission Imposible"

Menjelang di helatnya kembali Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) yang akan diselenggarakan oleh Kompas TV, sejumlah finalis komika akan menunjukan kebolehannya meramu sisi komedi dalam waktu singkat sebagai pengenalan diri.


Dihadiri oleh tiga orang publik figure komedian yang di dapuk menjadi juri dari acara tersebut nantinya. Mereka adalah Pak De Indro "Warkop", Pandji Pragiwaksono dan Cak Lontong yang akan memberikan peniaian dari penampilan serta lucunya materi komedi yang disampaikan kontestan.

Dalam jumpa pers yang berlangsung pada 29 Maret 2018 lalu, Khasanah Nola selaku produser SUCI 8 menyampaikan bahwa untuk tema kali ini akan memberi sentuhan berbeda dari yang sebelumnya.

"Adapun maksud dari tagline 'Mission Imposible' akan memberikan kejutan mission show sebanyak 3 episode dengan tantangan yang berbeda-bebeda Dalam kompetisi ini, Komika dipersiapkan untuk bisa menguasai setiap situasi saat tampil dengan percaya diri." Nola menuturkan.

Program SUCI ini tak hanya hadir di televisi, namun juga melalui salah satu platform digital yakni Youtube agar dapat dinikmati oleh pengguna melalui digital yang terus meningkat di Indonesia.

Deddy Risnanto, Vice Corporate Secretary Kompas TV yang hadir saat mengungkapkan harapan besar dari terselanggaranya tayangan ini akan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

"Kompas TV sebagai televisi berita nasional berjaringan berani mengambil langkah dengan membuat tayangan yang sedikit berbeda khususnya hiburan. Berkomitmen dengan visi dan misi memberi inspirasi bagi pemirsa. Selain menghibur, harapannya SUCI merupakan salah satu program yang memberikan wadah kepada generasi muda berbakat untuk menjadi komedian."

Selama 7 musim terselenggaranya, SUCI telah berhasil mengorbitkan beberapa nama komika bertalenta seperti Ernest Prakasa, Ge Pamungkas, Kemal Pahlevi, Dodit Mulyadi dan beberapa lainnya yang sudah cukup sukses mengembangkan karier hingga berakting dalam film layar lebar.

Melalui ajang seperti ini lah menjadi suatu bukti bahwa ranah komedi tidak dapat dipandang sebelah mata. Pekerjaan menghibur orang lain tentu bukan perkara mudah, untuk itu setiap komedian dituntut untuk terus kreatif dalam membuat bahan komedi yang cerdas.

"Saya harap dunia komedi Indonesia akan semakin berwarna, dengan kualitas mumpuni yang tidak sekedar menghibur tapi ada pesan yang disampaikan kepada audiens." Pak De Indro mengungkapkan.

Pada SUCI 8 kali ini 15 peserta akan dibagi menjadi tiga team, di mana setiap team akan dimentori oleh para juri. Meski begitu, hal ini tak akan mempengaruhi penilaian juri kepada para komika. Adapun pembagiannya :


Team Panji :
- Michael William Wahyu Nugroho  (Sidoarjo)
- Fianita Andriyati Rochmah  (Ponorogo)
- Radhiq Ken Nuansa (Malang)
- Fedro Dwi Putra (Palembang)
- Arif Suryadi Brata (Bekasi)


Team Pak De Indro Warkop :
- Muhammad Saleh Jammaharizki  (Jakarta)
- Agung Widodo (Bogor)
- Bhakriyadi Muhammad Arifin (Bogor)
- Rizky Teguh (Medan)
- Joshua Mamahit Bertus (Manado)


Team Cak Lontong :
- Haris Teguh Kurniawati (Sidoarjo)
- Arif Suryadi Brata  (Jakarta)
- Yudha Ilham (Jakarta)
- Nur Arifin (Bekasi)
- Bintang Timur (Bekasi)

Penayangan proses audisi sudah mulai dapat disaksikan di Kompas TV mulai 31 Maret 2018, sedangkan pada 6 April 2018, nantinya 15 komika yang terpilih harus menjalani babak spektakuler dimana harus menuntaskan "Mission Show" dengan persembahan terbaiknya.

4 komentar:

  1. Waaah, ditayangin di chanel youtube juga nggak mbak? Pengin nonton nih, hhh

    BalasHapus
  2. Udah ga sabar nonton nih hari ini,pasti peserta yang tampil bener2 lucu krn penyaringannya sangat ketat.

    BalasHapus
  3. Tak sabar untuk bisa menonton Stand up comedy. Soalnya lucu bangett dan sangat menghibur. Hiburan cerdas saat ini ya di Standup comedy Kompas TV :)

    BalasHapus
  4. Terakhir nonton via Youtube. SUCI ini acara paling asyik dan layak tunggu deh :D

    BalasHapus