Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 28 November 2017

Memasak Lebih Praktis Dengan Tepung Serbaguna Sasa

Pernah ga mendengar istilah, jika ketertarikan bisa bermula dari perut. Biasanya seorang wanita menarik perhatian lebih pasangannya adalah melalui masakan. Itu makanya tidak heran banyak iklan yang menggambarkan pasangan bisa semakin harmonis melalui enaknya masakan yang dibuat.

Sebagai seorang wanita, sejak dahulu banyak diasumsikan harus bisa memasak. Walau kebanyakan wanita modern sekarang lebih menginginkan hal yang praktis, karena banyak kemudahan yang ditawarkan.

Saya mengakui, tidak terlalu mahir untuk mengolah dan membuat masakan. Dan senang sekali mendapat kesempatan cooking class dari Blogger Cihuy. Bisa diakatakan ini menjadi pengalaman pertama dan mengesankan. Bertempat di Studio SASA sekitaran wilayah Slipi, 21 November 2017.

Cheff Rendy Kongs (Doc.pri)
Ketika memasuki ruangannya, nuansa yang Saya dapat properti ruang yang hampir mirip dengan yang pernah Saya saksikan di stasiun tv swasta mengenai kompetisi memasak. Adalah Chef Rendy Kongs yang akan mengarahkan Kami dalam memulai sesi cooking class ini. Pembawaannya yang supel menjadikan peserta pun lebih nyaman selama mengikuti sesi.

Nah..sebelum mulai memasak Kami diperkenalkan dengan beberapa bumbu-bumbu pendukung masak dari produk SaSa. Brand yang sudah cukup lama di Indonesia ini kian membuktikan eksistensinya dengan mendulurkan bumbu siap saji setelah tepung serba guna sasa, kini malah sudah ada santan siap saji dari SaSa. Memasak lebih praktis.
Produk serba guna Sasa (Doc.pri)
Sebelum mulai praktik memasak, Chef Rendy Kongs melakukan demo masak di depan seluruh peserta. Adapun yang akan dibuat adalah 3 menu jajanan luar yang umum jadi favorite, ternyata dengan langkah praktis bisa dibuat di rumah dengan tepung bumbu sasa.

Usai memperlihatkam kemahiran memasaknya, Chef Rendy Kongs membagi Kami dalam empat kelompok dan menantang Kami untuk membuat masakan seperti yang sudah di tunjukannya.
Kelompok 4 (Doc.Novitania)
Bersama ketiga peserta lain yakni Ka' Novitania, Ka' Sonya dan Ka'Denise, Kami tergabung dalam kelompok 4. Sebagaimana yang diperlihatkan Sang Juru masak, Kami segera mengolah bahan yang telah disediakan.

Yang pertama akan dibuat adalah siomay. Dengan bahan dasar ayam, udang cincang, irisan wortel dan potongan jamur serta satu butir putih telur.
* Tambahkan Tepung Bumbu Serbaguna Sasa secukupnya, bumbu penyedap rasa, garam, mecin Sasa, dan bumbu saos tiram.
* Aduk semua hingga merata. Setelah semua menyatu  masukan dalam kulit pangsit/lumpia  lalu dibentuk menyerupai kembang yang mekar.
* Kemudian kukus kurang lebih 20 menit. Sedikit catatan jangan meletakan bahan kukusan terlalu dempet dan jangan terlalu lama durasi waktu kukusnya.

Berikutnya adalah saos ala dimsum :
* Nasukan satu gelas air putih dengan setengah botol saos sambal Sasa dan saos tomat Sasa.
* Tambahkan 3 sendok makan gula putih, sedikit garam dan bumbu penyedap.
* Panaskan sehingga tampak berbuih dan mendidih.

Masakan kedua adalah pangsit rebus, dengan bahan utama 
* Ayam giling, irisan wortel dan potongan jamur, telur, Tepung Bumbu Serba Guna, dan sedikit Santan Bubuk Sasa. 
* Campur semua dan dibungkus ke dalam kulit lumpia bentuk menyerupai segitiga terlipat.
* Kemudian reebus hingga berubah warna dan matang.
Rebus pangsit (DocPri)
Sekarang membuat kuahnya : 
* Rebus air sekitar 1 liter hingga mendidih * Masukan daun bawang, irisan wortel, dan potongan jamur tambahkan kaldu penyedap rasa dan Santan Bubuk Sasa, sedikit garam, juga lada.
* Angkat ketika sudah matang, siap disajikan dan dibalur diatas pangsit rebus.

Masakan terakhir adalah ayam bakar (Grilled Chiken) bumbu lumur ayam spesial. 
* Lumuri daging ayam dengan bumbu spesial Sasa, ungkep beberapa jam agar bumbunya meresap. Baluri sedikit minyak sayur.
* Bakar ayam dengan panas api sedang, usahakan jangan biasa menekan-nekan daging, agar tetap empuk ketika disantap. 
* Segera angkat dan sajikan jika sudah matang.

Sebagai pelengkap, Kami juga dibuatkan es doger dengan campuran santan Sasa dan air jahe. Rasanya nikmat, sebagai pelepas dahaga.

Sajian cookibg class Sasa (Doc.Pri)
Nah..dengan tepung bumbu Sasa, kita juga bisa membuat ayam kriuk yang crunchy seperti yang ada di resto ternama. Tipsnya, gunakan air es untuk campuran tepung bumbu Sasa, pijitkan dan cubiti ayam saat sudah di lumuri bumbu. Untuk memasaknya usahakan minyak gorengnya mencukupi dan menutupi daging ayam yang dimasak.

4 komentar:

  1. Duh lihat makanannya emang jadi gimana gitu, pengen makan dan lapaarr

    BalasHapus
  2. Aduuuh....kasian ayamnya dicubiti :D :D
    Btw, tepung bumbu Sasa emang mantep. Aku juga sering pake (dan varian lainnya).

    BalasHapus
  3. Masak jadi lebih simpel, ya. Efektif banget waktunya.

    BalasHapus
  4. Eunakkkkk somay nya bikin ngilerrrr

    BalasHapus