Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 29 Oktober 2017

Quality Time Bersama Keluarga, Tidak Harus Menunggu Weekend

Quote tentang keluarga (Doc.Pinterest)
Saat weekend biasanya banyak dimanfaatkan banyak orang untuk beristirahat, ataupun berkumpul bersama keluarga. Bagi Saya menciptakan kebersamaan tak harus identik di waktu weekend, karena kebersamaan yang tercipta tergantung dari sinkronnya waktu bersama untuk menikmati quality time.

Karena Saya memang belum berkeluarga, menikmati quality time justru lebih sering dengan ketiga adik Saya. Jarak usia Kami antara satu dengan yang lainnya yang memang tidak terlampau jauh menjadikan keakraban Kami layaknya seperti teman sebaya, begitu banyak orang mengira.



Meskipun Kami cukup sulit menemukan waktu bersama, ada dimana minimal 2 minggu sekali Kami jalan bersama baik itu sekedar makan di luar atau nonton bioskop. Rencana travelling pun lama sekali tersusun, karena menjelang hari H kerap beberapa halangan datang silih berganti.

Bisa dikatakan, untuk Saya dan Ketiga adik Saya tak ada bedanya baik itu weekend ataupun weekday. Dimana ada saat libur dari kerja shift mereka dan waktu satu sama lainnya cocok disaat itulah Kami menciptakan quality time bersama. 

Jadi, quality time tidak perlu menunggu weekend tapi selalu memanfaatkan kesempatan yang ada di tengah kesibukan runtinitas. Salah satu kunci sukses sebuah keluarga adalah kebersamaan yang di jalani. Semakin sering menghabiskan waktu bersama, semakin banyak kenangan indah yang bisa di buat, dan semakin kuatlah hubungan di antara kelarga. Setidaknya akan meminimalisir pertengkaran.
Quality Time 'travelling' (Doc.Pri)
Segala macam permasalahan pasti datang silih berganti, namun dengan adanya keluarga itu akan lebih memberi kekuatan dalam menghadapinya. Saling memberi support, kian menjelaskan bahwa Kita tidak sendiri.

Jadikanlah keluarga sebagai sebuah prioritas dan bukan pilihan terakhir. Sisihkanlah waktu dengan keluarga dan kenalilah hati mereka satu per satu.  Lambat laun seiringnya waktu, pastinya akan ditemukan berbagai inspirasi dan kebahagiaan yang bisa ditemukan dibaliknya. 

Bagi yang memiliki quality time saat weekend saja, manfaatkanlah sebaik-baiknya. Dari padatnya 5 hari, luangkan setidaknya 2 hari untuk menciptakan moment indah bersama keluarga. Terbatas waktu ? masih banyak hal sederhana yang bisa dilakukan, sebagaimana yang disampaikan mba Utie Adnu dalam memaparkan 8 tips hal yang bisa dilakukan bersama keluarga saat weekend.

Quality time bisa terwujud melalui hal-hal sederhana yang diawali dengan komitmen. Dan yang paling penting dari terjaganya sebuah hubungan baik itu teman, keluarga atau lingkungan sekitar adalah komunikasi yang terjaga dengan baik.

Keharmonisan dengan keluarga sama sekali tidak bisa digantikan dengan limpahan materi sebanyak apapun, kebersamaan yang bermakna, tidak selalu menuntut untuk melakukan kegiatan dengan selalu bersama, sebagaimana sorang individu dimana membutuhkan waktu sendiri serta makhluk sosial yang juga harus menjalin pertemanan dengan sekitar.

Dibutuhkan perasaan untuk saling memahami, yang menjadi bagian besar dari sebuah hubungan keluarga yang hangat, penuh kasih sayang dan perhatian. Jika hal ini sampai diabaikan, kehidupan keluarga akan kering dan ikatan batin menjadi renggang. Keseimbangan hidup seorang individu dimulai dari harmonisnya hubungan dalam keluarga.

5 komentar:

  1. Betul, quality time harusnya setiap hari

    BalasHapus
  2. Quality time buat kami tiap hari, saat ngobrol bareng sama suami & anak-anak di tempat tidur pas malam hari. Cerita tentang kegiatan masing-masing. Main bareng entah itu game di hape atau main beneran kayak ludo atau menggambar

    BalasHapus
  3. setuju banget sama ini "Dan yang paling penting dari terjaganya sebuah hubungan baik itu teman, keluarga atau lingkungan sekitar adalah komunikasi yang terjaga dengan baik."

    hubungan baik itu penting..... kalo gak, gmn bs mau kualiti taim..

    BalasHapus
  4. aku juga sudah pernah merasakan bedanya hidup sendiri dan hidup bareng keluarga, lalu menyediakan waktu khusus untuk jalan-jalan bareng keluarga itu hal yang paling aku tunggu-tunggu.
    makanya aku selalu menyempatkan diri pulang kampung tiap beberap bulan sekali :)

    BalasHapus
  5. Quality time saya sama anak-anak setiap sore sepulang kerja, jalan-jalan disekitaran kompleks rumah. Kalau bareng suami dan anak-anak biasanya malam. Abis maghrib makan bersama dan disambung saling cerita, atau membaca buku bersama, atau berkolaborasi main game

    BalasHapus