Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 26 September 2017

Seleksi CPNS Yang Masih Banyak Di Minati

Ilustrasi (Doc.Pinterest)
Belum lama ini, pendaftaran CPNS untuk periode ke 2 tahun 2017 dibuka kembali dalam masa rentang 11 september-25 september 2017. Antusiasme warga, untuk mengikuti seleksi ujian CPNS masih tergolong sangat tinggi. Mengapa demikian, hal ini tak terlepas dari sallary atau pun tunjangan dan kesejahteraan yang banyak di ingini orang. 

Ada beberapa orang memiliki latar belakang dan alasan memiliih PNS sebagai profesi, diantaranya :




1. Pekerjaan yang menjanjikan

PNS dianggap sebagai pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Biasanya seseorang dengan status profesi sebagai PNS tidak dirundung perasaan gelisah atau kekhawatiran dengan adanya Pemutusan hubungan kerja atau PHK yang banyak terjadi di instansi swasta.

2. Banyak kemudahan

Keuntungan lain menjadi PNS adalah kemudahan dalam pengajuan kredit, cicilan seperti kendaraan dan rumah. Hal ini lantaran profesi terjamin untuk segi pendapatan. Secara sederhana seorang PNS bisa menggadai surat pengangkatan resminya untuk pengajuan cicilan.

3.  Jaminan hidup di hari tua

Profesi PNS masih dianggap sebagai pekerjaan yang menjanjikan hingga pensiun kelak. Karena disinyalir adanya jaminan seumur hidup, mulai dari bekerja sampai pensiun. Artinya, seseorang sudah bisa mendapatkan gaji dan tunjangan sampai meninggal dunia, bahkan bisa diturunkan sampai ke anak.

4. Menaikkan status sosial

Khususnya di daerah, seorang dengan profesi sebagai PNS menjadi sangat di primadonakan dengan kelas strata 'lebih' di kalangan masyarakat. Jadi, tidak heran jika adanya anggapan menjadi seorang PNS bisa menaikan status sosial di lingkungan.

5. Penghasilan Stabil

Hingga saat ini, Saya belum pernah mendengar adanya penurunan nominal gaji untuk PNS. Bahkan dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan, disamping gaji pokok yang menjadi nilai tambahnya adalah tunjangan-tunjangan yang ditawarkannya.

Membaca triger pos bertema CPNS dari Cahaya The Princess alias Aya akan harapan ayahnya yang berharap perempuan lulusan jurusan hukum ini pun tak jauh berbeda. Dimana keluarga Saya pun berharap demikian. 

Mengikuti seleksi CPNS pun pernah saya tunaikan, sebagai satu bentuk ikhtiar. Tapi memang bukan jalan rejeki di sana, bagaimanapun berusaha jika bukan takdirnya pasti tidak akan teraih. Setelah melalui prosedur online, administrasi, tes tertulis usaha pun terhenti. Kecewa, sudah pasti ada. Suatu usaha yang diperjuangkan tapi tidak sesuai harapa, manusiawi bukan jika ada perasaan down. Tapi larut dalam kesedihan, sepertinya tidak, karena banyak hal lain yang harus di perjuangkan.

Sudah cerita lama, banyak problematika yang kerap mengiringi dalam prosedur untuk menjadi PNS. Beredar berita adanya joki atau calo yang bisa meluluskan seseorang menjadi PNS, tentu saja dengan imbalan yang tidak sedikit dan nilai uang cukup fantastis. Sehingga lantaran hal itu diduga tidak sedikit PNS yang terjerat tindak korupsi. Istilahnya, untuk balik modal.

Padahal, dengan kecurangan-kecurangan seperti itu akan banyak pihak yang dirugikan. Semoga saja, ke depannya tindak tanduk curang dan semacamnya tidak akan pernah ada lagi. Negeri ini memiliki abdi negara yang bersih, jujur, serta cerdas. Yang mengomi mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

11 komentar:

  1. Sy pernh ikt test CPNS huhu gagal smpi 2 kl penasaran soalnya... mupeng sm fasilitasnya

    BalasHapus
  2. Sedih aku juga kalo ada yang malah dengan bangganya bisa masuk lewat jalur 'belakang' hiks. Kasihan juga nanti kalo jadi ga berkah 🙈

    BalasHapus
  3. Memang sampai saat ini pilihan menjadi PNS adalah salah satu jalan aman secara pekerjaan walaupun susah menjadi kaya :)

    BalasHapus
  4. wah kalau suamiku malah menyarankan anakku di swasta saja kerjanya, dua tahun anakku kerja di swasta gajinya sdh melebihi suamiku yg pns

    BalasHapus
  5. tak dipungkiri point no 4 memang benar adanya :p


    BalasHapus
  6. Suamiku pernah komen "nggak ikut seleksi CPNS'. Hhhehe. Agak ribet juga nih tapi entahlah soalnya masih banyak juga yang tertarik ya mba

    BalasHapus
  7. awalnya memang ortu pengin anaknya masuk jadi PNS gitu deh, tapi ternyata ternyata semua kerjanya bukan PNS :)))
    Alhamdulillah ortu bisa dikasih pengertian

    BalasHapus
  8. tentu saja ini sangat banyak dinikmati karena banyak yang tidak mempunyai kemampuan lain selain kerja kantoran mbak

    BalasHapus
  9. Sebenarnya saya cukup berminat menjadi PNS, seperti bapak saya. Banyak kelebihan dan kemudahan yang kita dapat. Akan tetapi sekarang susah banget jadi PNS, saingannya banyak! Hehehehe.... belum lagi ada yang curang dsb. Jadi males deh ikutan hihihi... :D

    BalasHapus
  10. Di blog saya dulu, ada yang berkomentar dengan menawarkan "jasa membantu" administrasi agar cepat diterima jadi PNS. Entah benar atau komentar itu hanya untuk menyudutkan pihak-pihak tertentu, karena si komentator menyebutkan nama pejabat dengan sangat spesifik...

    BalasHapus
  11. Aku beberapa kali ikut tes CPNS, mungkin memang tidak jodoh ya, sering hanya kurang tes kesehatan doang, gagal.

    BalasHapus