Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 21 September 2017

IBD Expo 2017 Menandakan Perkembangan Pesat Ekonomi Digital

Opening IBD Expo (Doc.Pri)
Fenomena yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir dapat dicermati sebagai langkah awal baik pada sisi konsumen maupun produsen bahwa ekonomi digital tumbuh dengan cepat seiring pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Konsumen mendapat kemudahan dalam memenuhi kebutuhan ataupun segala keinginannya. Di sisi lain produsen pun lebih efektif dan efisien dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. 


Ekonomi digital dipercaya akan mampu menjawab tantangan pembangunan yang terus mengalami perkembangan signifikan. Terlebih Indonesia menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang diperkirakan cukup potensial dalam arus  perekonomian.


Ajang tahunan Indonesia Business and Development Expo atau IBD Expo, kembali digelar. Kali ini IBD Expo 2017 mengangkat tema 'Sinergi Indonesia Hebat' yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 20-23 September 2017. Dalam opening peresmiannya yang bertempat di Balai sidang Planary hall, Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo bersama sejumlah pejabat yang mendampingi yaitu Menteri BUMN Ibu Rini Soemarno, Menko Perekonomian Bapak Darmin Nasution, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Bapak Rudiantara menandakan peresmian tersebut dengan pemukulan gong pada 20 September 2017.

Bapak presiden RI Joko Widodo (Doc.Ulin yusron)
Dalam sambutannya, Presiden memaparkan perubahan pola konsumsi masyarakat yang akan berpengaruh pada pola produksi di era ekonomi digital. pergeseran niaga mengalami perubahan dengan adanya transisi dari offline ke online. Jaringan digital berpotensi besar dalam mengembangkan pola konsumsi hingga distribusi. Disamping itu sudah banyak orang yang lebih dominan memanfaatkan media sosial, untuk mencari informasi hingga bertransaksi.

Acara opening IBD Expo yang dipandu oleh Rosiana silalahi ini dan disiarkan langsung Kompas TV, turut menghadirkan beberapa praktisi e-commerce yang menjalankan bisnis berbasis digital. Dalam sesi diskusi tersebut CEO Go Jek Nadiem Makarim, CEO Traveloka Henry Hendrawan, CEO Investree Adrian Gunadi, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah menuturkan berbagai pendapatnya tentang era ekonomi digital.
Salah satu stand BUMN (Doc.Pri)
Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang  merupakan wadah pembinaan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam meningkatkan pengembangan produk dan pemasaran akan turut memeriahkan event IBD Expo ini. Mencakup daerah terdepan, terluar dan tertinggal, program RKB ini nantinya akan membekali para UKM berbagai kemampuan dalam meningkatkan daya saing, baik dari aspek manajemen usaha, keterampilan, maupun pemasaran sehingga para pelaku UKM siap memasuki era globalisasi dan digital.

Bapak Joko Widodo berserta jajaran pejabat terkait, berkesempatan mengunjungi beberapa stand yang berada di Expo tersebut. Ajang IBD Expo di ikuti oleh ratusan perusahaan nasional dan internasional. Adapun tujuannya agar masyarakat luas mempunyai pemahaman yang lebih mendalam mengenai produk dan jasa serta peluang bisnis yang ada di Indonesia. Euforia pengunjung pun tampak terlihat dari banyaknya yang datang memenuhi gelaran IBD Expo.

Visit beberapa stand (Doc.Ulin Yusron)

3 komentar:

  1. That is an extremely smart written article. I will be sure to bookmark it and return to learn extra of your useful information. Thank you for the post. I will certainly return.

    BalasHapus
  2. ekonomi digital saat ini memang berkembang pesat dimana-mana

    BalasHapus
  3. Dukungan Pemerintah terhadap UKm bisa bikin ukm jadi maju dan berkembang

    BalasHapus