Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 25 Agustus 2017

Ini Efek Manfaat Bergabung Komunitas Blog

Jaringan komunitas blog (pixabay)

Semua pasti setuju, bahwa dunia blogger saat ini mengalami peningkatan signifikan. Hal ini tidak terlepas dari dunia digital yang mengalami perkembangan, dan banyak brand yang merekrut blogger untuk mempromosikan produknya. Melihat dari sudut pandang sebagai pengguna pribadi dengan bahasa yang tidak terlalu formal.

Seiring dengan pesatnya fenomena ini, kemudian munculah berbagai komunitas blogger yang menaungi kreatifitas para blogger agar lebih terarah. Secara garis besar komunitas mempunyai makna kelompok atau kumpulan orang yang memiliki kesamaan minat di bidang tertentu. Tujuan dibentuknya adalah agar dapat saling membantu untuk kemajuan bersama sesuai dengan visi dan misi.

Saya sependapat dengan yang di utarakan Mba Ade Delina Putri dalam tulisan ini. Melalui komunitas Kita bisa bersosialisasi, mempelajari banyak hal lainnya yang mungkin luput dari perhatian selama ini. Menambah relasi atau memperluas jaringan. Bisa dengan saling berbagi informasi dan interaksi, terkadang meskipun belum bertemu muka akan terasa sekali luapan gembiranya jika ada perjumpaan dilain kesempatan. Tetapi tetap harus dingat tentu saja menjadi anggota yang aktif.

Sudah barang tentu, setiap kepala pasti memiliki pandangan dan pemikiran yang berbeda-beda. Banyak informasi dan pengetahuan yang bisa didapatkan dalam lingkup komunitas. 

Saya pernah mendengar sebuah kata bijak dari komunitas blogger "sebaiknya jangan menjadikan uang sebagai prioritas. Dengan membuat postingan bermanfaat, Insya Allah rejeki akan mengikuti." Dengan menunjukan kualitas, suatu saat kesempatan berupa materi juga bisa didapat. Banyak jalan sebenarnya, salah satunya melalui komunitas yang di ikuti, biasanya melalui saling sharing informasi.

Tidak jauh berbeda, setidaknya Saya pun juga merasakan efek dari bergabung dalam komunitas Blogger. Dari yang sudah disebutkan, mungkin sedikit tambahan menurut pendapat Saya.

1) Sarana Promosi Blog dan Dikenal Banyak Orang

Dengan bergabung pada komunitas blog, tentu saja akan memberikan peluang untuk mengenalkan blog secara lebih luas.  Sebagai blogger, sudah barang tentu memiliki keingininan jika blog postnya mendapat trafick tinggi, dan banyak kunjungan.

Dengan rajin mengupdate blog dan men-share nya di komunitas itu merupakan peluang promosi. Disamping itu, bisa memberi banyak manfaat yang siapa tahu saja memang membutuhkan informasi melalui artikel yang dibuat.

2) Bisa Mendapat Inspirasi

Siapapun penulis pasti pernah ada di keadaan blank, tidak ada inspirasi atau ide untuk menulis. Nah, melalui komunitas blog bukan tidak mungkin untuk mendapatkan berbagai inspirasi. Bisa melalu diskusi  atau blogwalking dari daftar blog yang di sharing.

Inspirasi pun bisa didapat dari teman-teman sekomunitas. Diantara banyaknya anggota, pasti selalu ada yang terlihat lebih dalam skil dan kemampuan. Dan hal itu bisa menjadi 'pelecut' semangat bukan untuk terlihat lebih unggul. Tapi dengan tujuan agar tidak mudah menyerah dalam mempelajari segala hal.

3) Memotivasi Diri

Di dalam komunitas, pasti akan ditemui banyak karakter dan sifat-sifat individu yang berbeda-beda. Beragam karakter seseorang bisa menjadi cerminan bagaimana harus bersikap. Selain itu sesama teman komunitas pasti akan ada masa dimana untuk saling mendukung.

Tidak segan memberi nasihat dan informasi pencerahan dari beberapa diskusi yang tengah dibahas. Dan hal tersebut pasti akan membentuk pribadi untuk menjadikan diri lebih berdaya dengan motivasi yang bisa keluar melalui saran bahkan kritik.

Dalam berkomunitas bukan tidak mungkin bisa terjadi silang paham, namun bukan berarti membuat perpecahan apalagi pertengkaran. Setiap permasalahan selalu ada jalan keluar, walau terkadang tidak instan. 

Kompak bersama komunitas blog 
Yuuu...jalin pertemanan lebih luas dengan berkomunitas yang sehat.

14 komentar:

  1. Dengan berkomunitas menjadi lebih semangat ya Mbak :)

    BalasHapus
  2. Setujuu bangeett. Setelah ikut komunitas blogger, aku bener2 belajar banyak tentang dunia blogging dan juga bisa nambah banyak teman.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah setelah aku ikut lomba blog jadi semakin semangat menulils mba :)

    BalasHapus
  4. Kalau ga join komunitas, mungkin aku tak mengenalmu mba

    BalasHapus
  5. makin banayk ilmu , teman dan happy ya

    BalasHapus
  6. Banyak banget ya, mbak keuntungan join komunitas. Yang pastinya nambah teman

    BalasHapus
  7. Salah satu kegiatan bergabung di Komunitas Blog ya seperti ini ya, bikin collaborative blogging :)

    BalasHapus
  8. komunitas blog yg saya ikuti ya Kompasiana, asyik sih bener mbak bisa tambah temen dan koneksi
    bisa ketemu tokoh2 penting juga
    sayang saya akhir2 ini jarang ikutan

    BalasHapus
  9. Di kota saya dulu, juga ada komunitas blogger. Sayangnya, sekarang komunitasnya mati suri... :-(

    BalasHapus
  10. Bner bngt mba,,, bnyk manfaatnya song berbagi pngalaman bnyk tmn tmbh wawasan sukalh kumpul2 klo satu visi

    BalasHapus
  11. dulu pernah merasakan nikmatnya punya komunitas blogger sekarang sendiri lagi, sukanya jalan-jalan

    BalasHapus
  12. Dengan bergabung ama komunitas blog banyak sharing ilmu dan yang paling penting, sharing job :)

    BalasHapus
  13. Bergabung dengan komunitas blog memang menyenangkan. Selain ilmu dapat, teman bertambah, blog kita pun dikenal lebih luas. Ayo, makin semangat lagi isi blog...

    BalasHapus
  14. Bener banget, mb. Makin kenal banyak orang, makin tambah ilmu

    BalasHapus