Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 18 Agustus 2017

Berkurban Kian Mudah, Berkah Melimpah

Idul Adha (Doc. Pinterest)
Dalam beberapa hari ke depan (saat penulis post tulisan ini) akan tiba hari raya Idul Adha 1438 H atau sering disebut juga Idul Kurban. Adapun makna yang terkandung adalah sebuah keteladanan akan ketakwaan yang ditunjukan Nabi Ibrahim Bersama puteranya yakni Nabi Ismail.

Tradisi berkurban dalam Hari Raya Idul Adha memiliki dua dimensi. Pertama ibadah dan spiritual kemudian yang kedua adalah sosial. Makna tersirat yang terkandung adalah indahnya kebersamaan dengan saling berbagi kepada yang membutuhkan.

Hakikat berkurban di Idul Adha sendiri adalah kembali kepada tujuan hidup, yakni semata hanya beribadah kepada Allah. Berharap akan ridha dari-Nya dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah. Namun, tetap harus didasari keikhlasan yang tulus dari hati.


Untuk saat ini berkurban bagi yang mampu bukanlah lagi hal sulit, sudah cukup banyak lembaga yang memfasilitasi dan memberi kemudahan untuk menunaikan ibadah. Salah satunya Dompet Dhuafa, merupakan lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan agar terus dapat mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan.

Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Ditemui dalam acara bertajuk #BincangKurbanesia bertempat di Gedung Kospin Jasa, pada Kamis 03 Agustus 2017 lalu. Program THK (Tebar Hewan Kurban) tahun ini mengambil tema “Tentukan Lokasi Berkahmu”. Adapun tujuannya untuk pemerataan distribusi hewan kurban yang selama ini kurang merata.

Bincang Kurbanesia (Doc.Pri)
Bapak Bambang Suherman, selaku Direktur Mobilisasi ZISKUR Dompet Dhuafa mengatakan "Masih banyak daerah di Indonesia yang belum pernah mengadakan prosesi pemotongan hewan kurban sama sekali. Untuk itulah melalui program yang diusung Dompet Dhuafa ini, diharapkan dapat menjangkau daerah-daerah minor di Indonesia dan luar negeri."

Tidak berpusat pada penyebarannya saja, peogram Tebar Hewan Kurban ini juga memberi perhatian kepada para peternak. Hewan-hewan kurban yang akan disalurkan dalam program ini, berasal dari peternak binaan Dompet Dhuafa seperti domba, kambing, sapi dan kerbau dimana harus memenuhi standar dan mutu kualitas. Terdiri dari 4 parameter penilaian yakni bobot hidup, kesehatan serta fisik, pelaksanaan pemotongan, dan tepat sasaran.

Bapak Jodi H. Iswanto, seorang Agripreneur, Direktur Karya Masyarakat Mandiri sependapat dengan narasumber sebelumnya. Dalam menjaga mutu kualitas hewan kurban, maka akan dilalui proses Quality Control yang cukup ketat. Tujuannya, tak lain agar penerima daging kurban, di penjuru negeri mendapatkan daging yang berkualitas. Disamping itu juga menjamin amanah para pekurban yang menyalurkan hewan kurbannya melalui program Tebar Hewan Kurban.

"Nantinya, para peternak didampingi oleh Dompet Dhuafa dalam hal edukasi tentang ternak, bantuan modal, hingga pemasarannya." Ungkap Bapak Jodi.

Sejak 2015 Dompet Dhuafa menyiapkan menu terbaru dengan memanfaatkan teknologi dalam memberikan layanan terbaiknya. Mulai mengembangkan dan menggunakan Dompet Dhuafa Enterprise System atau disingkat dengan (DESI), yang berbasis web maupun sistem operasi (OS) Android. Untuk tahun 2017, THK Dompet Dhuafa memberikan pilihan tambahan kepada para pekurban, yaitu dapat memilih lokasi penyaluran kurbannya sesuai rencana dan skema distribusi yang ada, sesuai dengan  permintaan pekurban.

Pendistribusian ke wilayah yang membutuhkan diklasifikasikan oleh pihak Dompet Dhuafa dengan kritreria :

1. Wilayah miskin, tertinggal dan pedalaman

2. Belum pernah menikmati daging hewan kurban

3. Wilayah Bencana/ Rentan KDhuafa

Berkurban Kian Mudah, Berkah Melimpah

Para relawan di konter dan gerai siap membantu masyarakat yang ingin berkurban ke pelosok negeri melalui THK Dompet Dhuafa. Beberapa caranya dengan membuka puluhan konter di sejumlah titik pusat perbelanjaan dan belasan gerai di Wilayah Jabodetabek.  Adapun tujuan dibukanya konter #kurbanesia  Dompet Dhuafa di mall, pusat perbelanjaan, dan perkantoran menjadi jalan menebar semangat untuk menghimpun dan menyalurkan hewan kurban dalam jumlah yang banyak.

Tak hanya membuka konter dan gerai, Dompet Dhuafa juga menghadirkan layanan kemudahan kurban lainnya. Seperti :

Berkurban via Online

Pembayaran  kurban Via Online (Doc. Official Dompet Dhuafa)
Perkembangan era digital memberi segala kemudahan, tak terkecuali untuk berkurban yang bisa dilakukan melalui website resminya dengan klik web kurban.dompet.org

* Setelah pembayaran terverifikasi oleh sistem, pekurban nantinya bisa memilih lokasi penyembelihan hewan kurbannya.
* Hewan kurban akan didistribusikan sesuai amanah
* Lokasi distribusi di prioritaskan wilayah yang membutuhkan
* laporan kurban akan sampai setelah kurban didistribusikan selambat-lambatnya tiga bulan setelah penyembelihan.

Melalui ecommerce

Berbasis teknologi, berkurban pun bisa dilakukan semudah belanja online. Hal ini bisa dilakukan melaui ecommece yang telah bekerja sama dan mengikuti prosedur yang diarahkan.

Banking Channel

Dengan layanan ini, donatur kian dimudahkan untuk membayar kurban. Meski tengah dalam kesibukkan, pekurban tetap bisa membayarkan kurban via sms banking, ATM, internet banking, atau layanan donasi bank lainnya. Pekurban dapat memilih bank channel yang telah bekerjasama dengan Dompet Dhuafa.

Layanan Jemput Kurban

Tidak sempat pergi ke bank atau outlet THK Dompet Dhuafa. Layanan jemput kurban juga diperuntukkan bagi pekurban yang memiliki kesibukan padat. Dengan layanan ini, para pekurban cukup menelepon atau mengirimkan SMS ke nomor layanan jemput kurban Dompet Dhuafa di 081316847002. Tim layanan jemput kurban Dompet Dhuafa pun siap datang, kapan dan di mana pun donatur yang berada di wilayah Jabodetabek.

Jadikan ibadah kurbanmu lebih bermakna, Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa bersama Kurbanesia tentukan lokasi berkahmu. Menjangkau pelosok negeri hingga desa terpencil.


Tebar Hewan Kurban (Doc, Official Dompet Dhuafa)

3 komentar:

  1. Makin mudah, makin menyebarkan manfaat dan makin banyak orang yg kita bisa bantu tidak hanya sekedar bisa makan daging tapi juga bisa menambah ekonomi masyarakat di pedesaan

    BalasHapus
  2. Harga hewan kurban di DD pun relatif lebih murah karena DD memiliki kampung peternakan sendiri. Sekarang kurban menjadi lebih mudah melalui Kurbanesia, Tentukan lokasi berkahmu.

    BalasHapus
  3. Kemajuan teknologi memudahkan ya, untuk berkurban. Dan dompet dhuafa sebagai pelopor untuk membantu memnyalurkan orang yang berkurban.

    BalasHapus