Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 27 Juni 2017

Suarakan Pendapat dan Berbagi Informasi Lewat Opini ID

Sumber gbr : pixabay
Menulis dan mengemukakan pendapat, saat ini bukanlah hal sulit. Seiring kemajuan teknologi, mayoritas masyarakat kini lebih suka mencari informasi melalui media digital. Dari sekian banyaknya platform berita dan informasi, tidak sedikit yang ternyata mengandung hoax, SARA dan mengusik persatuan. Sebagai seorang pembaca non pasif sudah barang tentu hal ini membuat jengah, siapapun ingin mengungkapkan 'suaranya'.

Melalui platform yang bertajuk netizen journalism, kini siapapun bisa 'bersuara'. Tapi, tahukah bahwa daya kesanggupan mata untuk membaca melalui digital itu memiliki batasan ? hal ini bisa dipengaruhi juga oleh radiasi cahaya yang di pancarkan dari alat teknologi yang digunakan. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika tulisan memenuhi standarisasi kepenulisan digital. Lagipula, minat baca yang masih tergolong sedikit masyarakat Indonesia kadang memberi ke engganan untuk membaca dengan teks panjang.



Berselancar di internet, Saya menemukan sebuah platform yang unik dan sedikit berbeda dari kebanyakan. Opini ID menjadi cara baru kekinian di era digital. Saya baru mengenalnya sekitar awal tahun ini, yang ternyata sudah mengalami pembaharuan dari template sebelumnya memiliki dominasi orange, kini lebih netral. Platform ini bisa menjadi sebuah media  untuk berbagi informasi-informasi terkini dalam bentuk video, foto, berita bahkan infografis. Untuk turut serta berkontribusi tidaklah sulit, hanya perlu mendaftar dengan mengisi data seperti nama, alamat email, kata sandi, dan tempat tinggal. Setelah terverifikasi, penulis pun sudah bisa mengisi topik terupdate serta informasi yang ingin disampaikan.

Untuk menulis jangan lupa Login terlebih dahulu, klik sub menu topic disisi kiri platform. Klik item yang terletak dibawah bergambar pensil. 
- Masuk ke menu create topic
- Pilih gambar utama untuk gambar
- Isi judul dengan batasan 40 karakter
- Tuliskan beberapa kalimat prolog dengan batasan 500 karakter
- klik next dan buatlah isi topic yang dinginkan

Paltform ini terbilang baru dan unik bagi Saya, karena sistemnya yang menyediakan media informasi bersub-sub. Jika selama ini kebanyakan sistem platform warga bersifat monoton, dengan opini ID bisa menuliskan selayaknya media online ternama yang selama ini hanya bisa dituliskan oleh reporternya dengan sistem swipe (geser ke samping).


Untuk menuliskan topic tambahannya, user akan diberikan 3 pilihan berupa :

1. Voice Your Opinion
Menulis unik ala quote. Seperti sebuah kutipan yang berisikan kalimat bijak atau inspiratif. Disini nantinya user bisa menuliskan kata-kata inti dari pembahasan artikelnya.


2. Create Artikel
Saya biasanya menulis dengan media ini, dengan tambahan video atau foto sebagai ilustrasi. Menuliskan deskripsinya maksimal 500 karakter, bisa tuliskan dibawah judul (kolom judul harus selalu di isi agar bisa menulis ke halaman selanjutnya)


3. Ask The Crowd
Di opsi ini, user bisa membuat seperti sebuah survey atau polling yang setidaknya berkaitan dengan artikel atau bahasan tulisannya. Menarik sekali bisa melihat tanggapan pembaca dari polling persentasi yang dipilihnya.

Platform Opini ID ini terintegrasi dengan media sosial yang user miliki, sehingga akan sangat mudah untuk menshare dan berbagi informasi baik melalui facebook ataupun twitter, hanya sayangnya belum bisa untuk berbagi melalui G+. Keunikan lainnya, Jika user membuka dan login melalui mobile, berbagi artikel pun bisa dengan pilihan share whatsapp. Karena sistemnya bersub-sub dan perhalaman, baik user atau pembaca yang tertarik dengan poin tertentu bisa membaginya di halaman yang memang hanya di inginkan saja.


Dari profil user, bisa dengan mudah melihat pemberitahuan terhadap artikel yang telah di publishnya melalui notification. Menulis tanpa batasan untuk mengungkapkan apa yang ingin disampaikan tanpa harus terikat dengan bahasa baku, selayaknya blog. User bisa menulis dengan gaya bahasanya sendiri, inilah kebebasan beropini.

Terus menyesuaikan perkembangan teknologi, Opini ID berupaya selalu berinovasi untuk memberi kemudahan bagi user atau pembaca setia dengan adanya aplikasi Opini yang bisa di unduh melalui playstore  pada android atau iOS. 



Sejauh saya menggunakan dan beropini melalui media ini, terbilang asyik walau agak sulit diawalnya karena belum paham betul dengan sistemnya. Yang masih sedikit tidak nyaman bagi user adalah belum adanya editing sehingga jika terjadi kesalahan akan sangat repot untuk memperbaikinya.

Selebihnya, sudah cukup baik. Pihak Opini ID berjanji akan terus menyempurnakan sistem platformnya demi kenyamanan user experience agar bisa mengekspresikan pendapatnya secara bebas dengan standar koridor kesopanan.

Platformnya yang mobile friendly, memberi kepraktisan dan fleksibel tidak sekedar untuk membaca saja. Terlebih bagi yang ingin menulis kontentnya. Seperti yang telah Saya sampaikan, Opini ID tidak menuntuk banyak karakter untuk menulis, sangat tepat sekali bagi yang suka dengan artikel yang sifatnya to the point.

Mudahkan, menulis di Opini ? Ayoo.. jangan ragu untuk mencari informasi terupdate dan mengemukakan pendapat dengan interaksi lebih mudah melalui Opini ID.

12 komentar:

  1. Opini.id ini mudah banget digunakan. Siapapun bisa gabung di sini dan belajar secara otodidak. Semoga ke depannya makin banyak pengguna opini.id dan opini.id makin baik ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..meski sempat bingung diawal. ternyata makin sering ngepost malah makin menikmati

      Hapus
  2. informasi yang disajikan opini.id juga keren apalagi videonya. saya sudah lama juga main kesini dan tidak dipungkiri ini media yang kredibel deh apalagi buat anak muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali, istilahnya kekinian bgt. share info pun bs dgn beragam media. paket lengkap

      Hapus
  3. sangat mudah ya nulis disini tetapi, apakah ada keuntungan tersendiri untuk menulis disini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam waktu dekat, pihak Opini ID akn ada sistem reward kpd kontributor terpilih
      tunggu updatenya by web Opini ya ^_^

      Hapus
  4. Keren juga nulis di opini id. semoga opini id semakin eksis di dunia maya.

    BalasHapus
  5. Zaman sekarang mmng kita para pembaca harus hati2 menyikapi berita ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya ga terjebak sama berita hoax

      Hapus
  6. Wah saya baru tahu nih tentang opini id ini

    BalasHapus