Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 04 Mei 2017

Wujudkan Waktu Berkualitas Saat Liburan Bersama Cheria Halal Holiday


Sudah memasuki awal bulan yang baru, dan sebentar lagi ramadhan pun akan segera tiba. Telah beberapa terakhir belakangan ini, nuansa bulan suci semakin terasa ketika kian mendekati harinya. Persiapan yang Saya lakukan biasanya tidaklah berlebihan yang paling terpenting lebih memperbaiki kualitas ibadah. Tetapi berbicara Ramadhan, biasanya Saya dan keluarga sering membuat perencanaan untuk liburan lebaran. Maklum, tidak punya kampung halaman, sehingga euforia mudik tidak kami rasakan. Nah, justru liburannya itu yang kerap kami jadikan sebagai quality time dengan pelesiran suatu destinasi.

Saya sudah jatuh cinta pada negeri ini, namun tidak ada salahnya kan jika memiliki impian ke negeri luar ? Pasti sangat syahdu sekali jika bisa umroh di moment pasca idul fitri. Bersama dengan saudara seiman lainnya dari berbagai negeri. Moment libur panjang biasanya sangat di manfaatkan dengan orang-orang terkasih, atau kesempatan di waktu lainnya adalah ketika masa liburan akhir tahun

Sebenarnya Saya ingin sekali bisa umroh sekaligus melakukan perjalanan ke negeri yang telah memikat hati Saya melalui kisah dari buku yang pernah Saya baca, dari tayangan yang di saksikan bahkan artikel yang menceritakan berbagai macam keindahannya. Sebuah negeri yang terkenal sebagai Negeri Seribu Masjid dan salah satu tempatnya berjuluk negeri para peri. Yupps..Turki dengan berbagai segala peninggalan sejarah peradaban Islam khususnya.

Turki Di Mata Saya, Negeri Peradaban Islam Yang Megah


Negara Turki berada di dua benua yakni Asia dan Eropa. Karena lokasinya itu Turki kerap disebutkan sebagai negeri dua benua. Perannya sangat besar dalam sejarah, karena pernah menjadi pusat kekaisaran Ottoman dimana ketika masa kejayaannya memiliki kekuasaan dari Eropa tengah bagian timur dan Asia Barat Daya hingga ke Afrika Utara.

Turki merupakan salah satu negara yang terkenal dengan sejarah peradaban Islam yang cukup besar. Misalnya Istanbul sebuah kota yang dahulu dikenal sebagai konstatinopel berada di bawah kekuasaan kerajaan kristen ortodoks, dengan benteng yang konon tak tertembus hingga akhirnya berhasil diruntuhkan oleh Muhammad Al-Fatih yang kemudian menandakan berjayanya kerajaan Islam Turki Usmani. Pasti akan sangat luar biasa melihat langsung bukti sejarah di tempatnya langsung.

Belum lagi arsitektur beberapa masjid Turki yang menawan, seperti perpaduan akulturasi dan masih lestari hingga saat ini. Bangunan yang designnya merupakan perpaduan arsitektur barat dan timur tengah, dahulunya merupakan gereja sebelum kejayaan Islam. Sehingga di berbagai masjidnya bisa dilihat beberapa unsur-unsur gereja yang masih tersisa.  

Dam tidak ketinggalan adalah kisah seorang Sufi bernama Maulana Jalaludin Rumi, sepenggal cerita dari sebuah wilayah Turki bernama Konya. Dalam sebuah buku yang pernah Saya baca (Kimya Sang Putri Rumi - Mizan), dikisahkan Rumi memiliki seorang anak angkat perempuan yang patah hati, dalam keterputus asaannya dia mencari pegangan hingga kemudian mendapatkan sebuah petuah atau wasiat dari Rumi tentang Ketuhanan yang di simbolisasikan dalam sebuah tarian yang kini di kenal dengan tarian sufi atau mereka menyebutnya sema.
Whirling Dervishes (Doc : Pinterest)
Sebenarnya di Indonesia, tarian ini sudah sering Kita jumpai dan saksikan ketika moment hari perayaan Islam. Namun, jika ingin menelisik lebih dalam bahwa kesatuan tarian sufi ini memiliki makna. Mulai dari kostume seperti Peci tinggi menjadi simbol pusara bagi ego individu atau nafsu rendah yang ada pada setiap manusia. Biasanya, sebelum berputar, kedua tangan disimpan menyilang di atas dada sebagai simbol keesaan atau tauhid. Tauhid adalah sumber segala kebahagiaan. Saat berputar, kedua tangan direntangkan. Yang kanan menengadah ke atas, yaitu simbolisasi penghambaan dan kesiapan menerima atas segala anugrah yang datang dari langit (atau Tuhan), sementara tangan kiri menghadap ke bawah, beralih dari kanan ke kiri melalui jantung hidupnya. Ini simbolisasi cara meneruskan nikmat spiritual dari Tuhan kepada manusia lain melalui mata hati. Si penari cenderung merasakan cinta yang membara. Dengan segala kasih sayang dan cintanya, ia akan memiliki jiwa yang lembut dan menafikan segala kebencian yang bersemayam dalam hati. 

Hal itulah yang menjadi simbolisasi meditasi kaum sufi, yang meyakini untuk menyatu kepada Tuhan yang baginya tak hanya menjelma melalui alam tetapi juga dalam hati manusia. Pertunjukan itu semakin sakral ketika di lakukan setiap tanggal 17 Desember di Museum Rumi tak jauh dari makamnya dan disana lebih dikenal dengan Whirling Dervishes.

Sebenarnya bukan hal sulit melakukan wisata halal ke Turki, karena meskipun bisa dikatakan sebagai negara sekular pada kenyataanya mayoritas penduduknya adalah muslim tentu saja akan menjadi lebih mudah untuk menemukan destinasi apalagi makanan halal di sana.

Akan tetapi perjalanan bersama keluarga apalagi ketika liburan lebaran dan liburan akhir tahun dimana itu adalah high season tentu akan sangat merepotkan sekali jika harus mengatur segalanya sendiri. Jika ada yang efektif mengapa harus dilewatkan.

Nah, pemilihan biro perjalanan pun harus yang tepat setidaknya memenuhi standarisasi seperti memperhatikan kehalalan akomodasi selama di perjalanan. Adapun Pentingnya pemilihan travel yang mensupport wisata halal karena sebagai seorang muslim, Kita tentu sangat memperhatikan bahan dasar makanan yang hendak kita komsumsi, mungkin sedikit beruntung jika destinasi yang kita kunjungi merupakan negara Islam. Lalu bagaimana dengan tempat-tempat yang memang Islam adalah minoritas tentu bukan hal mudah untuk mencarinya. Belum lagi adalah ketepatan beribadah, berada di belahan bumi lainnya tentu memiliki perbedaan waktu masuk shalat belum lagi penentuan arah kiblat yang tidak diketahui, umumnya ketika di penginapan yang kadang tidak menyertakan petunjuk arah kiblat.

Terbitnya Fatwa MUI bernomor 108/DSN-MUI tentang pariwisata syariah, semakin mengukuhkan bahwa pemilihan sebuah biro perjalanan haruslah yang mendukung dengan taraf kualitas halal. Tentu saja tidak ketinggalan pentingnya menu halal dalam wisata halal sebagai penyempurna, agar apapun nanti yang di konsumsi tidaklah meragukan, sehingga wisata yang dilakukan pun bisa lebih tenang karena makanan atau minuman yang dikonsumsi telah terjamin kehalalannya.

Dari point-point yang disebutkan Cheria Halal Holiday memenuhi kriteria dan bisa menjadi pilihan. Sebagai biro perjalanan yang mengkhususkan diri membuat program wisata halal ke bebagai destinasi mulai dari umroh hingga ke negeri Sakura. Menawarkan bermacam paket wisata yang tentu saja akan memberikan kenyamanan perjalanan baik bagi perorangan, kelompok atau bersama keluarga dengan mengedepankan konsep halal pastinya.

Mengapa Cheria Halal Holiday


Menciptkan liburan bersama secara sempurna tentu menjadi sebuah hal yang sangat didambakan, seperti melakukan sebuah perjalanan misalnya acap kali menjadi momentum megukir kenangan. Dari sekian banyaknya kejadian karena ulah biro perjalanan ‘nakal’ yang merugikan, kerap menjadikan seorang traveller harus lebih waspada serta mentelaah biro perjalanan yang meyakinkan.

Telah berdiri sejak tahun 2012, Cheria Travel menyandang visi serta misi ntuk memenuhi salah satu kebutuhan umat Islam melakukan perjalanan dengan mengedepankan konsep halal. Dengan alamat kantor resmi Gedung Twink Lt. 3,Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan - Jakarta Selatan 12790.

Kantor Cheria (Doc : Official Cheria Travel)
Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia sangat memperhatikan pelayanan dan kepuasan pelanggan ketika menggunakan jasa biro wisatanya. Menerapkan profesionalitas didukung staff serta tour leader yang berpengalaman selama di perjalanan akan memberikan kemudahan selama perjalanan. Selain itu juga  menyediakan layanan email, hingga konsultan travel untuk mencari membantu segala informasi, proses dan lainnya. Seakan tak berhenti terus untuk berinovasi, Cheria mendulurkan aplikasi tour halal berbasis web dan aplikasi mobile phone bertajuk Travel Konsorium yang bisa di unduh melalui playstore sehingga semakin fleksibel, efektif dan efisien.

Berani bersaing menawarkan paket wisata dengan harga yang kompetitif namun tetap mencakup kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Mengantongi legalitas BPW SIUP : 2365/2012 mengesahkannya sebagai biro resmi perjalanan wisata halal di Indonesia semakin mengkukuhkan Cheria sebagai biro perjalanan terperpecaya dengan pengalaman industri pariwisata dan marketing selama sekian tahun dalam memberikan pelayanan paket wisata ke dalam dan luar negeri. Semakin diperkuat dengan beberapa testimoni pelanggan yang telah menggunakan jasa biro perjalanan ini. 
Testimoni pelanggan (Doc: Cheria Travel)
Saya cukup tertarik dengan paket tour wisata halal Turki, yang hampir mencakup destinasi-destinasi unggulan di sana. Kesempurnaan perjalanan bersama keluarga pun dapat terbayarkan dengan fasilitas serta akomodasi yang di tawarkan. Dengan perkiraan itenirary :

Paket Promo Turki (Doc: Cheria Travel)
Day – 01
Meeting point di Bandara Jakarta International Soekarno-Hatta menuju Turki dengan bandara bertempat di Istanbul yang memakan waktu durasi perjalanan sekitar 12-13 jam.

Day-02
Setibanya di Istanbul segera melaju menuju Bursa menggunakan kapal feri yang melaju di laut Marmara. Setelah sampai, chekin ke kamar hotel tempat untuk singgah beristirahat.

Day-03
Menikmati kenyamanan kamar hotel yang disediakan, paginya bersiap untuk melakukan petualangan menelusuri sudut-sudut menarik Turki dari kota Bursa. Destinasi yang tidak boleh terlewaatkan adalah Ulucami Grand Mousque, salah satu masjid terbesar di Bursa peinggalan kerajaan Ottoman. Beralih ke Green Mosque dan Green Tomb, serta tempat berbelanja di Silk Market. Dapat dikatakan di wilayah Turki Barat inilaih torehan sejarah peradaban islam bermula.

Kemudian perjalanan berlanjut menuju Troy City untuk melihat Patung kuda Troy yang terbuat dari kayu sebagai bagian dari strategi perang jaman Yunani Kuno dimana dikenal pahlawan-pahlawan legendaris seperti Agamemmon, Achilles, dan Hector. Kemudian menuju Izmir merupakan kota terbesar ketiga di Turki. Lokasi  yang kaya dan identik dengan sejarah panjang kerajaan masa lalu dan kini telah berkembang, yang paling ikonik dan tak boleh terlewat adalah Clock Tower dengan design maha karya berartistik yang dipersembahkan untuk ulang tahun ke-25 Raja Abdul Hamid ke-II ketika Dynasti Ottoman. Menyongsong hari berikutnya, menuju kota Kusadasi.

Day -04 
Menjelajahi Kusadasi sebagai kota resor di pesisir Provinsi Aydin, kawasan Aegean Turki. Dalam bahasa Turki Kusadasi memiliki arti sebagai pulau burung dan memiliki Pigeon Island yang terhubung ke pulau utama. 

Perjalanan dimulai dengan mengunjungi Leather factory Outlet, kemudian dilanjutkan menuju Kota Sejarah Ephesus yang menjadi salah satu Kota Arkeolog terindah yang ada di dunia. kemudian menuju Isa Bey Mosque hingga tidak melewatkan kunjungan ke sumber mata air panas di Catton Castle.

Catton Castle terbentuk dari hamparan bebatuan yang berwarna putih seperti kapas, lapisan putih tersebut merupakan mineral kalsium yang terbentuk melalui fenomena alam. Disini pengunjung berkesempatan menikmati wisata air panas dalam kolam yang terbentuk secara alami.  Bahkan bisa juga mengunjungi kawasan hidropolis yang didalamnya terdapat kolam renang kesehatan. Hiasan dari kolam tersebut merupakan reruntuhan bangunan romawi. 

Day – 05
Kurang lengkap ke Turki Jika tidak mengunjungi kota asal Maulana Jalaludin Rumi di Konya. Setelah bermalam di Pamukkale, perjalanan berlanjut menelusuri tempat yang damai ini dengan tata kota yang apik, teratur, bersih. Menyinggahi Mevlana Museum, dimana nantinya bisa mengetahui lebih jauh akan karya dan sejarah perjalanan Rumi. Museum ini dahulu merupakan pondok belajar para darwis dan disinilah tarian sufi pernah di pelajari serta di pertunjukan. Kerap kali Mevlana Museum disebut juga sebagaiIstana Kebun Mawar atau Rose Garden karena banyak ditanam bunga mawar beraneka warna.

Day – 06
Mencecapi waktu seakan di dunia dongeng Saya menyebutnya, tujuan lokasi berikutnya kerap menjadi simbolisasi keunikan yang dimiliki Turki sebagai pesona wisata. Beraneka warna balon udara menghiasi langit Cappadocia, bahkan setiap pengunjung pun bisa serta merasakan sensasi menelusuri keindahan gunung-gunung wilayah ini.

Keceriaan Naik Balon Udara (Doc: Cheria Travel)
Di Cappadocia menyuguhkan pemandangan bangunan yang mayoritas terbuat dari batu yang dipahat dari zaman dahulu. Bangunan gua dari batu yang ada di sini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Merupakan Bebatuan sedimen yang terbentuk dari material vulkanik sekitar tiga sampai juta tahun yang lalu, terkikis oleh angin dan hujan sehingga membentuk seperti menara dan pilar. Bebatuan itu di zaman ribuan tahun yang lalu sudah diukir menjadi rumah gua yang mereka tinggali, dan juga terdapat gereja dan biara telah berdiri sejak zaman kekaisaran Romawi. Mengagumkannya kondisi masih tampak cukup baik, hingga detail interior di dalamnya. Selain itu dalam paket wisata Cheria Travel ini juga menyertakan City Tour di kota Cappadocia dengan mengunjungi Pasabag Valley, Camel Valley, Pigeon Valley, Uchisar Castle, Underground City Of Saratli, dan Avanos Village yaitu tempat kerajinan karpet Turki yang terkenal.

Day -07 
Beralih menuju ibu kota Turki Ke Ankara, nantinya akan mengunjungi Ataturk Mausoleum yaitu merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Mustafa Kemal Ataturk (Presiden Pertama Turki). Kemudian perjalanan berlanjut menuju Istanbul.

Day – 08
Inilah yang menjadi pamornya Turki dalam segi destinasi wisata dan kerap di buru para pelancong. Yupss..Istanbul menelusuri keindahan Bunga Tulip di Emirgan Park, dan city tour dengan mengunjungi Hagia Sophia dengan arsitektur memukaumerupakan museum yang dahulu memiliki dua fungsi, sebagai masjdi dan gereja, hingga tidak mengherankan bisa menemukan dua simbol umat kristiani dan muslim. 

Hagia Sophia (Doc: Pixabay)
Tempat lain yang tidak terlewatkan untuk di jelajahi adala Blue Mosque, Topkapi Palace, Hippodrome, Grand Bazaar untuk berbelanja sepuasnya. Malam harinya akan diajak berkeliling Selat Bosphorus dengan Private Boat Yacht sambil menikmati makan malam diatas kapal atau pulau. Wahh..benar-benar sebuah perjalanan yang istimewa.

Mengakhiri perjalanan di kota yang menjadi saksi runtuhnya konstatinopel untuk bersiap kembali menuju Indonesia dengan pendaratan di Jakarta. Ah, minat ketertarikan mengunjungi Turki semakin menjadi ketika melihat video keseruan perjalanan Pevita Pearce menggunakan biro jasa Cheria Travel, semoga kelak niat ini pun dapat terlaksana.

Sebuah quote mengatakan “perjalanan bukanlah berorientasi pada tujuan destinasi, tetapi pemaknaan dalam kebersamaan bersama orang terkasih dalam perjalanan itu sendiri.” Memang banyak cara mewujudkan waktu berkualitas bersama keluarga, tetapi dengan melakukan sebuah perjalanan biasanya akan tercipta momentum yang berkesan. Semakin mengikatkan rasa kebersamaan dan keharmonisan di tengah keluaga pastinya. Jadi, sudahkah menyiapkan perencanaan moment liburan bersama ?


Sumber Refrensi :

*https://id.wikipedia.org/wiki/Turki
*https://id.wikipedia.org/wiki/Jalaluddin_Rumi
*http://www.cheria-travel.com/p/company-profile-pt-cheria.html
*http://www.cheria-travel.com/2016/01/hematnya-paket-tour-wisata-muslim-turki.html

33 komentar:

  1. ihh aku belum pernah naik balon udara juga. semoga ada di indonesia wisata seperti itu ya

    BalasHapus
  2. Senengnyaaa ada cheria travel, memudahkan kalau mau nyarik tempat wisata halal ya mbk, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali. sehingga kita ga perlu khawatir dan lbh nyaman melakukan perjalanan

      Hapus
  3. wah Turki juga membuatku penasaran

    BalasHapus
  4. penasaran juga ingin ke Turki. Dari sana nyebrang ke Eropa *berkhayal

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak bgt pasti karena letak nya cukup dekat

      Hapus
  5. Turki negara impian aku,pengen bgt suatu saat berkunjung ke turki

    BalasHapus
  6. Woooow banged artikelnya,berasa ikutan travellingnya hihihiii walaupun takut naik pesawat,tapi baca ini jadi pingin plesir,thank u bund..nice artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama semoga dapat membantu
      yuu..melakukan perjalanan

      Hapus
  7. Ehmmm.. Turki itu impian saya jugaa pengrn berkunjung kesana...

    Kuylah Ka Siti kita berangkat bareng kesana. Aamin 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiiin
      kuy lha, semoga terlksana harapan kita :)

      Hapus
  8. Hwaaaaaa kepingiiiiiin >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayapun demikian. aamiiin semoga tercapai ingin dan harap kita ya mba :)

      Hapus
  9. Akupun pengen bgt kw turki, salah satu negara yg ingin aku kunjungi, mau lihat hagya sofianya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. situs peradaban islam banyak di negeri ini, semoga bs menjejak di sana

      Hapus
  10. Saya baru tau kalau Cheria ini nama bapak2 wkwkwk.. setelah liat beberapa situs, usaha si bapak ini patut diacungin jempol emang

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupss terlebih sebagai pelopor biro jasa yg menawarkan wisata halal ke berbagai destinasi

      Hapus
  11. Aku baru tau filosofi tarian sufi seperti itu. Makasih sharingnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat ^_^
      terima kasih kembali

      Hapus
  12. kalau ke turki saya pengennya ke cappadocia mbak, bisa naek balon udara hehe
    alkhamdulillah, jadi ngga was-was kalau mau wisata karena udah ada wisata halal

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuahhh..Saya juga kepingin Mas bisa merasakan sensasinya naik balon udara

      Hapus
  13. Owh adek OOTD kalo ke Turki pasti OOTDan dong ya. Banyak banget ya yg disiapin sama Cheria wisata untuk ngajak happy selama 8 hari. Nah kalo meeting point di Soekarno Hatta jadi yg di luar kota harus merapat dong ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. umumnya utk titik keberangkatan memang Soekarno-hatta Kakak OOTD
      hahaha..doakan bisa menjejak disana y..bisa OOTD an dah :D

      Hapus
  14. Enggak pengen ke Turki sich. Lebih mupeng ke Korea dan Eropa tapi pengen juga halan halan bareng Cheria holiday. Ada enggak yang destinasinya Korea?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada banget Mak. Cheria juga ada paket wisata ke berbagai negara lainnya

      Hapus
  15. Mau duong ke turki. Biar kl saya jelasin ke murid2,, ada gambaran gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari berdoa bersama Mba. Semoga ingin kita dpt terlaksana ^_^

      Hapus
  16. Ayo kita ke Turki, saya juga mau mbak, indah memang negeri itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak pesona yg ditawarkannya tak sekedar, kilas balik sejarah tp juga beberapa view wisatanya

      Hapus
  17. Uwooowww, mupeeeng.
    Hadooohhh, tanggung jawab kau, Mbak.

    Lumayan banget biaya ke sana. Hixhixhix.
    Tapi aman buat yg Muslim, karena pasti enggak Susan dapatin Makanan yg halal.

    BalasHapus