Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 08 Mei 2017

Mari Deteksi Dini Bahaya Hipertensi

Sumber Gambar : Pinterest.com
Dalam sebuah pemeriksaan tensi darah, ada beberapa hasil yakni darah rendah, normal dan darah tinggi. Dalam kasus darah tinggi atau di kenal hipertensi biasanya perawat atau dokter mulai memberikan warning dan beberapa petuah. Sebenarnya apa sih hipertensi itu ? yakni adalah suatu peningkatan tekanan darah di dalam arteri dan tentu saja tidak dapat dipandang remeh. Tidak ada informasi yang dapat memastikan orang bisa terkena hipertensi, namun umumnya karena kebanyakan aktifitas, kelelahan, adanya gangguan kesehatan dari organ vital hingga depresi.

Menyambut hari hipertensi dunia pada 17 Mei mendatang, Yayasan Jantung Indonesia dan Omron Healthcare Indonesia menggelar diskusi mengenai bahaya hipertensi dan kurangnya kesadaran masyarakat akan pemeriksaan darah secara rutin bertempat di Yayasan Jantung Indonesia, Menteng - Jakarta pada 03 Mei 2017 lalu.
Diskusi Hari Hipertensi Dunia (Doc.Pri)



Ketua umum Yayasan Jantung Indonesia, Ibu Syahlina Zuhal mengungkapkan bahwa "hipertensi adalah salah satu penyakit yang diam-diam membunuh (silent killer) di dunia termasuk Indonesia. Penyakit minim gejala ini dapat menyebabkan komplikasi sehingga masyarakat perlu menyadari bahwa penyakit hipertensi ini dan mencegahnya, seperti memantau tekanan darah secara rutin.

Senada dengan penyampaian narasumber sebelumnya, Ibu dr. Siska Suridanda Danny, SpJP, FIHA dari Yayasan Jantung Indonesia menyatakan "kesadaran terhadap gejala hipertensi pada masyarakat sampai saat ini masih tergolong rendah. Padahal penyakit ini tidak mengenal usia maupun jenis kelamin seseorang". Fatalnya jika tidak terkendali, hipertensi bisa memicu stroke dan serangan jantung karena terjadi kerusakan pada pembuluh darah di otak dan jantung sehingga tidak menutup kemungkinan akan berdampak kepada organ penting lainnya seperti ginjal dan mata.

Sebenarnya hipertensi dapat dikendalikan dengan memperhatikan konsumsi makanan sehat dan beristirahat yang cukup. Yayasan Jantung Indonesia menganjurkan pesan kepada masyarakat untuk menerapkan panca usaha jantung, yakni dengan seimbangkan gizi, harus memperhatikan kendali berat badan melalui olahraga teratur, enyahkan rokok, hadapi dan atasi stres, awasi tekanan darah secara rutin sebagai pendeteksi dini terhadap hipertensi.

Dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hipertensi, Mr.Yoshiaki Nishiyabu sebagai Manager Marketing PT Omron Healthcare Indonesia menyatakan "Siap mendukung terhadap visi Yayasan Jantung Indonesia untuk mengedukasi masyarakat dalam pengendalian terhadap hipertensi." Omron mengajak masyarakat untuk bertanggung jawab atas kesehatan sendiri dengan pendeteksian mandiri melalui alat pengukuran darah digital sebagai pendeteksi dini. Telah mengantongi pengalaman lebih dari 40 tahun, ternyata PT Omron Healthcare Indonesia kian berinovasi dengan mengembangkan alat pengukuran darah digital berbasis teknologi, adalah HEM-7280T yang memberi kemudahan bagi pengguna memonitor data tekanan darah melalui aplikasi Omron connect dengan mensinkronisasi nirkabel dan ponsel smartphone berbasis android maupun IOS pada Iphone.
Sumber gbr : Official Omron Healthcare Indonesia
Sebuah program edukasi yang diusung oleh Yayasan Jantung Indonesia dalam peringatan hari hepertensi international adalah dengan mengadakan kegiatan bertajuk 'Beat of My Heart' yang akan diadakan pada Minggu, 14 Mei 2017 di Ocean Ecopark, Ancol. Nantinya, dalam acara tersebut, masyarakat bisa menjalani pemeriksaan gratis untuk tekanan darah, konsultasi dokter, senam jantung sehat, senam hip heart, zumba, serta bincang sehat mengenai bahaya dan gejala hipertensi bagi organ tubuh. Ibu Roswita Arifin selaku Ketua Panitia Hari Hipertensi Dunia 2017 memperkirakan akan ada 100 dokter yang berpartisipasi dalam acara ini.

Kegiatannya terbuka untuk umum, dan masyarakat dapat membeli tiket masuk acara "Beat Of My Heart" dengan harga Rp 150.000 secara online maupun melalui kantor pusat Yayasan Jantung Indonesia di Jl. Teuku Umar No.8 - Jakarta Pusat. Telp (021) 3909176 harga tiket sudah termasuk tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol (belum termasuk kendaraan), kaos dan snacks atau bisa cek informasi lebih lengkap melalui situs resmi Yayasan Jantung Indonesia www.inaheart.or.id .

15 komentar:

  1. Pemeriksaan tekanan darah hrs rutin dilakukan yak? Supaya enggak terjadi kematian mendadak akibat serangan jantung. Iya nih hrs mulai jaga pola hidup sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt, karna kita yg bertanggung jawab pada kesehatan diri sendiri. mesti rutin chek up nya

      Hapus
  2. Makin canggih ya teknologi sekarang, sampai bisa mendeteksi tekanan darah melalui alat yg disambungkan dengan smartphone. Nah kalau awasi tekanan darah secara rutin itu yg belum hikshiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah teknologi, semakin memudahkan. hayoo kakak terapkan chek up rutin demi kesehatan keluarga bersama :)

      Hapus
  3. Semoga dengan adanya acara ini, masyarakat akan semakin sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan ya, apalagi hipertensi termasuk silent killer..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja semakin tercerahkan dan mulai aware terhadap bahaya hipertensi

      Hapus
  4. Baru tau aku kalau ada hari hipertensi sedunia ya, Mba..
    Memang sebaiknya dilakukan secara rutin untuk pemeriksaan darah ya. Karena kesehatan itu mahal, dan akan merasakannya ketika kita sakit. Lebih baik menjaga daripada mengobati.

    Semoga bisa lebih untuk menjaga kesehatan ya..

    BalasHapus
  5. Ooouw baru tau saya kl ada hari hipertensi. Emang harus diwaspadai nih. Karena emak dulunya darah rendah, bisa jadi darah tinggi. Apa karna pemeriksaannya g rutin kali ya?

    BalasHapus
  6. Pokoknya jaga gaya hidup lah ya intinya. Jangan kebanyakan gaya juga, bisa hipertensi nanti. Hakhakhak

    BalasHapus
  7. Idenya kreatif.. sekalian berlibur sekalian periksa kesehatan :)

    BalasHapus
  8. Aku malah darah rendah. :( Ternyata emang paling utama karena makanan ya, Mbak?

    BalasHapus
  9. acaranya menarik nih yang di Ancol. Hiburan sekaligus periksa kesehatan.

    BalasHapus
  10. Kapan za acara seperti ini diadakan di daerah luar Jakarta, saya di Jawa Timur juga pengen ikutan

    BalasHapus
  11. aku malah lagi kena darah rendah nih, baik hipertensi maupun hipo sama-sama membahayakan

    BalasHapus
  12. Deteksi dini ternyata bukan hanya untuk penyakit kanker aja ya, hipertensi juga wajib deteksi dini, makanya periksa tekanan darah rutin emang wajib dilakukan, soalnya hipertensi salah satu penyakit yg paling mematikan di dunia. thanks buat tulisannya mbak, inspiring dan bermanfaat

    BalasHapus