Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Minggu, 26 Maret 2017

Jurnal Edukasi Gizi Persembahan Sarihusada dan K2JPK


Asupan gizi dan nutrisi yang memadai sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan anak. Tidak hanya di usia balita, dimana fungsi otak dan daya merupakan usia gemilang membentuk pola anak, bahkan sejak dalam usia kandungan sudah semestinya kebutuhan gizi sudah di prioritaskan melalui Sang Ibunda.

Periode keemasan pertumbuhan otak anak biasanya pertama kali terjadi ketika usia kehamilan Ibu memasuki trimester ketiga, dimana sel-sel pada otak besar membelah dan terbagi menjadi cabang dengan cepat. Namun, berdasar riset dan penelitian, sebagian masyarakat Indonesia masih kurang memahami pentingnya nilai gizi dalam sebuah kehidupan terutama peran pentingnya dalam perkembangan dan pertumbuhan seorang anak.


Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret bertempat di Resto Kembang Goela, diadakan launching peluncuran buku bertajuk "Jurnal Program Nutritalk : Tumbuh Kembang Optimal Ciptakan Pemimpin Andal" hasil kolaborasi karya Sarihusada bersama Kelompok Kerja Jurnalis Penulis Kesehatan (K2JPK).


Buku tersebut berisi 60 topik gizi lengkap mulai dari kehidupan anak sejak usia dalam kandungan hingga beranjak remaja. Materi yang tersusun merupakan edukasi dari program Nutritalk yang telah digelar sejak tahun 2010, dirangkum secara lengkap dan runut dari sumber yang kredibel melalui berbagai kegiatan positif seperti diskusi dengan para narasumber  yang membahas berbagai tema kesehatan, gizi dan stimulasi untuk tumbuh kembang optimal bagi anak.

Hadir dalam acara tersebut Bapak Arif Mujahidin adalah Communication Director Danone Indonesia, mengungkapkan harapannya "Melalui buku ini masyarakat akan lebih tahu dan memahami mengenai ilmu gizi, kesehatan dan tumbuh kembang anak dapat terwujudkan." Ditekankan terpenuhinya kebutuhan gizi Ibu saat mengandung adalah waktu yang prioritas sebab pada fase itulah yang menentukan proses perkembangan dan pertumbuhan otak anak nantinya.

Tak jauh berbeda dengan narasumber sebelumnya, Bapak Ir Doddy Izwardy, MA selaku Direktur Gizi Masyarakat, Ditjen Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI menaruh harapan besar atas terbitnya buku jurnal ini akan menyadarkan masyarakat secara umum betapa pentingnya memahami gizi dalam mendukung terwujudnya kualitas hidup manusia yang berkarakter, maju dan sejahtera.  Kekurangan gizi akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif hingga pertumbuhan metabolisme dan dampak negatif fatalnya adalah mempengaruhi kecerdasan anak hingga beresiko terserang penyakit kronis.

Ibu Ade Anggita Devi, salah satu anggota K2JPK mnjelaskan tentang proses pengerjaan buku yang terbilang bukan hal mudah. Jurnal tersebut disusun dari banyaknya materi yang tidak semua tertampung dari para narasumber melalui jurnalis kesehatan dan non kesehatan, blogger, penulis buku hingga penulis cerita anak. Kesemuanya diulas lebih detail dalam buku tersebut."

Mantan putri Indonesia, Kamadia Radisti mengungkapkan kebahagiaannya sebagai Ibu dari tiga anak. Ia sangat mengapresiasi penuh atas buku tersebut yang dapat menjadi panduan bagi Ibu dan calon Ibu agar sukses melahirkan serta mendidik generasi terbaik bangsa. Meskipun diulas dengan detail dari berbagai sumber ilmiah seputar gizi, nyanyata buku tersebut tetap asyik dibaca dan mudah untuk dipahami.


Terdiri atas lima bab mengulas beberapa hal yakni seputar persiapan kehamilan, memasuki masa kehamilan, dua tahun pertama usia emas, gizi dan stimulasi tumbuh kembang kembang balita. Dengan awal bab membahas anak usia remaja. Ruang lingkup yang dibahas dalam buku tersebut cukup luas tidak sekedar perspektif gizi atau kesehatan tapi juga dari sudut pandang psikologis dan pendidikan.

Saat ini produksi buku tersebut memang masih sangat terbatas, hanya ruang lingkup jurnalis atau blogger yang tergabung dalam grup facebook Kelompok Kerja Jurnalis Penulis dan Kesehatan. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat luas yang ingin memiliki buku dengan sumber bermanfaat ini bisa tergabung dan cek informasi lebih jauh melalui fan page grup facebook K2JPK.

9 komentar:

  1. Makasih informasinya Mbak. Peting banget buat ibu2 *)

    BalasHapus
  2. asupan gizi seimbang buat buah hati itu emang betul2 harus diperhatikan ya..reminder nih, kadang yg penting anak makan,pdhl belum tentu gizinya udah lengkap..tfs siethi

    BalasHapus
  3. Acara yang sangat Bagus nih, makasih kakak info nya

    BalasHapus
  4. Sudah mantap tuh bekalnya Siti utk jadi seorang emak. Buruan minta dihalalin *ehhh

    BalasHapus
  5. Merapat ke fan page grup facebook K2JPK siapa tahu kebagian bukunya

    BalasHapus
  6. Makasi ya mbak iformasinya.. Sangat membantu.. Salam kenal ya mbak salam blogger !

    BalasHapus
  7. Anak-anak emang harus dapat perhatian luar biasa, masa-masa penentuan kecerdasannya.

    BalasHapus
  8. pengetahuann banget nih mbak buat aku , disaat suatu hari sdh jd seorang ibu. nutrisi anak sangat diperlukan yaa terutama saat trimester kehamilan ketiga ya..

    BalasHapus
  9. Semangat menulis mbak.. Intinya nutrisi sangat berpengaruh untuk perkembangan anak

    BalasHapus