Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 14 Februari 2017

'Ayo Bangun Indonesia' Dengan Terapkan Sarapan Sehat Menjadi Runtinitas

Banyak di kalangan masyarakat yang mengabaikan sarapan pagi, dengan dalih kesibukan waktu dan tidak sempat sehingga hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Padahal pentingnya sarapan sebelum beraktifitas adalah untuk menambah energi dalam tubuh yang bertujuan agar seseorang memiliki nutrisi yang cukup dalam memulai hari.

Terutama untuk usia anak-anak sebaiknya harus diperhatikan asupan makanan yang dicernanya. Jangan sampai melewatkan sarapan sebelum pergi ke sekolah, karena bisa berpengaruh terhadap fisik dan psikologi yang pada akhirnya akan menghambat proses dan hasil belajarnya nanti.
Kampanye 'Ayo Bangun Indonesia' (Doc.pri)
Dijumpai dalam sebuah workshop di bilangan Jakarta selatan pada 09 februari 2017 lalu, yang turut dihadiri oleh Bapak Drs. Wowon Widaryat,Msi selaku Direktur pembianaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan Nasional serta Bapak Drs.Hendra Jamal Msi perwakilan dari Asisten Deputi III pemenuhan Kesehatan dan Kesejahteraan Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Bersama Nestle yang merupakan perusahaan makanan dan minuman dengan pusat penelitian serta pengembangan terbesar di dunia telah meluncurkan kampanye 'Ayo Bangun Indonesia' dengan tujuan mengajak masyarakat secara luas untuk sadar betapa pentingnya menerapkan kebiasaan sarapan sehat.


Kampanye ini diluncurkan dalam rangka pekan sarapan nasional 2017 yang diperingati setiap tanggal 14-20 Februari. Ibu Mira Susanti perwakilan dari Nutrion, Health and Wellness Manager Nestle Indonesia percaya dengan membiasakan sarapan merupakan awal terciptanya masa depan yang lebih sehat.

Sejak 2013 Nestle senantiasa mendorong penerapan kebiasaan sarapan sehat dibawah payung  Pekan Sarapan Nasional (PESAN) dimana komitmen ini terwujud melalui berbagai kegiatan edukatif dan informatif. 
Menu Sarapan Nestle (Doc.pri)
Senada dengan yang diutarakan narasumber sebelumnya, Bapak Prof. Dr. Ir. Ali khomsan, MS seorang ahli gizi memaparkan, berbagai penelitian telah menunjukan beragam manfaat sarapan yang tidak hanya terbatas untuk kesehatan fisik, namun juga perkembangan psikologi hingga pembentukan karakter. Sebab itulah sebaiknya dalam porsi sarapan harus ada nutrisi seimbang yang memenuhi 15-30% kebutuhan total energi perhari karena berperan penting untuk menunjang produktivitas sepanjang hari.

Masalah yang menjadi dasar seseorang tidak sarapan biasanya karena sulit bangun pagi, sehingga selalu terhimpit oleh waktu. Beberapa dampak jika tidak sarapan : 
-menurunkan daya konsentrasi
-peningkatan IMT (gemuk)
-kesehatan dan stamina menurun
-mengagaglkan penanaman gizi seimbang
-menghambat peningkatan kualitas sumber daya manusia bangsa

Sarapan yg baik setidaknya menyumbang energi 25 persen, total dimana kebutuhan nutrisi dlm sehari 80 persen dan sisanya 20 persen dibantu oleh snack. Jenis sarapan digolongkan menjadi beberapa macam, yakni :
- Full atau complate breakfast
Komposisi lengkap asupan makanan yang memenuhi gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral atau 4 sehat 5 sempurna. 

- Partial atau In complate breakfast
Biasanya kurang memenuhi kelengkapan gizi seimbang karena keterbatasan makanan atau terburu-buru.
Narasumber acara (Doc.pri)
Ibu Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi seorang pakar paikologi menyatakan bahwa dengan sarapan akan meningkatkan kemampuan mental, koordinasi mata-tangan dan anggota tubuh lainnya serta mengatasi kecemasan menghadapi stress. Kebiasaan sarapan sehat akan membentuk stamina lebih baik, lebih tanggap, lebih aktif, disiplin dan tahan stress. Jadi tidak benar asumsi yang menyatakan bahwa dengan sarapan membuat mengantuk, adapun hal itu bisa terjadi karena biasanya asupan yang dikonsumsi seperti karbohidrat berlebih dan terlalau kenyang.


Keluarga selebriti Widi Mulia dan Dwi Sasono yang menjadi duta Nestle untuk kampanye 'Ayo Bangun Indonesia' mereka selalu membiasakan diri untuk sarapan bersama ketiga anaknya. Untuk memenuhi kebutuhan gizi. Saat sarapan kerap menjadi quality time bersama keluarga dan memupuk sikap disiplin anak sejak dini, duduk bersama di meja makan juga membantu dalam memastikan asupan bergizi untuk keluarga. Melalui sarapan sehat diharapkan akan menjadi sumber energi dalam menjalani hari dengan lebih produktif dan positif.
Ayo Bangun Indonesia

28 komentar:

  1. Penting banget sarapan untuk konsentrasi dan daya tahan tubuh. Paling praktis nih sarapan dari Nestle. Paling sering sih sarapan Kokokrunch. Hmmm nyammy

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo..mba produk2nya cukup memenuhi nutrisi sarapan utk keluarga

      Hapus
  2. Sarapan maah udah keharusan. Walaupun ribet.Tapi sekarang udah ada nestle gak perlu khawatir lagi deh,,sarapan gak ribet lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semakin praktis tp tetep memperhatikan nilai gizi

      Hapus
  3. Aku gak afdol kalo jalan gak makan.

    BalasHapus
  4. Sarapannya lengkap dan bergizi. Sarapan Nestle memang pas ga bikin ngantuk dan kekenyangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..porsinya cukup yg penting sudah memenuhi nutrisi

      Hapus
  5. Memang sangat penting ya. Kalau aku lupa sarapan biasanya jam 11 siang tu udah kliyengan, panas dingin. Jebule laper Mbak. Koko krunch anak2ku suka banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. penting banget ya mba Sarapan itu sebagai sumber energi aktifitas keseharian

      Hapus
  6. fix, aku harus sarapan selalu, tinggal nyari yang buatin dan nemenin ajah. hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaahhh...buru makanya,datengin orang tuanya :D

      Hapus
  7. Jaman ngekost dulu sering kelewat waktu sarapannya. Alhamdulillah sekarang udah mulai teratur. Tapi gak tau udah sehat apa belum yak.. Hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. cieee...iya..kan sekarang udah ada yg nemenin ^_^

      Hapus
  8. Waduh penting itu sarapan di pagi hari biar kita bersemangat dalam beraktifitas. Kalau tidak sempat masak beli jadi aja pagi pagi udah banyak yang jual nasi kuning atau nasi uduk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget. udah semakin praktis saat ini, kebutuhan energi seharian harus terpenuhi dg gizi seimbang

      Hapus
  9. Aku sekarang ganti nasi sama oatmeal atau roti pas sarapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting nilai gizi sudah mencukupi Mba ^_~

      Hapus
  10. Wah bener banget nih Mba. Sarapan itu penting untuk memulai aktivitas. Tapi terkadang kita lewatkan karena treburu-buru

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah..itu lha yg msh jd kebiasaan masyarakat secara umum

      Hapus
  11. Sarapan pagi memang penting sekali. Selain untuk menambah ketahanan fisik yang mutlak diperlukan pada waktu siang hari, dan juga ada manfaatnya untuk mengurangi porsi makan siangnya. Biar tidak terlalu banyak asupannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepat sekali. karna kadar gizi yg baik porsi maximal itu di pagi hari

      Hapus
  12. Alhamdulillah saya tiap hari sarapan, yang paling susah sekarang ini saya lagi kebanyakan makan dan sering begadang, akhirnya jadi gendut deh.... duh g sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..berarti harus lbh di manage lg ya Mas

      Hapus
  13. kalo sarapanya kebanyakan bisa bikin ngantuk nggak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa,makanya konsumsi dg porsi cukup dan tdk berlebih :)

      Hapus
  14. aku jarang sarapan. wkwkwkkw

    BalasHapus
  15. sarapan sama ga sarapan emang beda banget efeknya ya..tapi sekarang banyak org dewasa yg justru nyepelein ini mbak. Contohnya aku pas kerja dulu, sarapannya jam 10, sekaligus makan siang, jd terpengaruh istilah brunch itu loh :) alhamdulillah, sekarang udah normal :) Nice info.

    BalasHapus