Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 24 Januari 2017

Stasiun Bogor Penuh Warna Dalam Workshop Seni Kreatif Doodle

Workshop Doodle (sumber gbr : IG KriyaIndonesia)
Minggu pagi, 22 Januari 2017 bersama blogger-blogger lainnya Kami berkumpul untuk mengikuti workshop Doodle yang di adakan oleh Kriya Indonesia. Antusias peserta sudah memenuhi area acara. Kegiatan di awali oleh kata sambutan dari Kepala Daops 1 Bapak Jhon Berto yang sangat terbuka dan mendukung kegiatan pada hari itu. Sebelum memulai kegiatan utama, Kami di ajak berkeliling mengenal stasiun Bogor.
Bpk Jhon Berto Memberi sambutan (Doc.Pri)
Stasiun Bogor merupakan stasiun awal pemberangkatan serta pemberhentian terakhir dari kereta Commuter Line yang dioperasikan oleh PT KCJ (Kereta Commuter Jabodetabek) merupakan anak perusahaan PT KAI (Kereta Api Indonesia). Sejak beberapa tahun terakhir mulai melakukan beberapa pembenahan sarana dan prasarananya, beberapa halnya yakni dengan melakukan penataan ulang dari mulai penggunaan sistem tiket elektronik sampai dengan pemindahan pintu keluar masuk stasiun. Segala perubahan tersebut sebagai langkah peremajaan sistem perkereta apian.
Stasiun Bogor Cagar Budaya (Doc.pri)
Uniknya, Stasiun ini masih mempertahankan beberapa sudut bangunan alaminya. Seperti sebuah ruangan di lantai 2 dengan konsep vintage nya yang masih menggunakan bahan bangunan lama dari kayu, juga tangga spiral yang tampak artistik. Stasiun Bogor juga dicanangkan sebagai cagar budaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor.

Beralih ke kegiatan utama yakni workshop Doodle yang hari itu di sponsori Stabilo. Sebelumnya ada sambutan dahulu dari Bapak Rei selaku perwakilan Stabilo. Merk asal Jerman ini sangat terkenal, terutama produk highlighter, ternyata banyak produk Alat Tulis Kantor (ATK) lainnya seperti spidol whiteboard, pensil warna hingga pensil 2B yang biasa digunakan saat ujian mengisi lembar jawaban komputer (LJK), Produk ini tidak beracun sehingga aman digunakan anak-anak.

Workshop Doodle
Bpk Rei dan Mba Tanti Amelia (Doc.Pri)
Adalah Mba Tanti Amelia seorang blogger yang juga sangat kreatif dalam seni doodle. Kata doodle pertama kali muncul pada awal abad ke-17 berarti bodoh, awalnya sekitar tahun 1733 tentara Amerika menggunakan sandi rahasia melalui kode coret-coret yang kian lama membentuk suatu gambar artistik.

Tahukah salah satu gaya doodle art tertua, bahkan sebelum orang mengenal tulisan, dimana doodle dijadikan alat untuk menceritakan sebuah kisah turun temurun yakni pada zaman purbakala yang umumnya terdapat di gua-gua.

Menggambar Doodle tak jauh berbeda dengan teknik menggambar pada umumnya yang biasa menggunakan blok, linear dan arsir. Sebuah karya doodle biasanya melukiskan perasaan si pembuatnya, hal ini terlihat dari goresan-goresan yang dihasilkan. Dalam workshop kala itu menggunakan stabilo Pen 68 dan Pen 88 yang berwarna-warni untuk menggambar bertema Stasiun Bogor Futuristik.

Kami semua mengikuti arahan yang Mba Tanti sampaikan kepada peserta workshop, jika disimpulkan ada beberapa tahap untuk membuat seni doodle ini.

1. Membuat gambar dasar
Seperti menyusun sketsa garis-garis sebagaimana imajinasi kita.

2. Menambahkan Icon gambar
Menambahkan icon gambar sesuai kreatifitas, seperti gambar gambar karakter dan yang lainnya sesuka anda

3. Menebalkan Icon
Jika sudah dirasa cukup bagus tebalkan gambar dengan spidol dalan hal ini menggunakan stabillo pen.

4. Mewarnai
Yang terakhir adalah memberi warna agar gambar terkesan hidup.
Workshop & Karya Doodle (sumber gbr : IG Stabilo Indonesia)
Aneka kreasi doodle Stasiun Bogor masa depan tercipta dari kreatifitas peserta workshop. Melalui kegiatan yang bermanfaat semacam ini membuat Saya mengenal dan mengetahui hal-hal baru suatu kreatifitas seni lainnya.

8 komentar:

  1. Andai deket aku pasti ikutt. Kangen banget sama menggambar :) tipsnya doodle mo langsung kupraktekkan Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa singgah ke semarang ya Mba, workshop nya

      Hapus
  2. workshopnya di stasiun ya itu???wahhh baru tau kali ini..

    BalasHapus
  3. Aku kalo lagi iseng jg suka nge-doodle mba.. hihi.. Seruuu bgt ada acara nge-doodle bareng di stasiun gini..:D

    BalasHapus
  4. wah di station bogor nya ya? aku gak tau kalo ada acara kaya gini, padahal enak kalo ikut acara kaya begini, lumayan ilmunya juga, soalnya jurusan multimedia juga kan pass tuh wkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. next time semoga ada acara berikutnya ya

      Hapus