Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 10 Januari 2017

Resolusi Penggiat UKM Dengan Penerapan Go Online

Sumber gbr : pixabay.com

Perkembangan teknologi semakin merambah segala bidang tak terkecuali dalam jual beli yang semakin marak dengan basis online. Dari beragam macam yang ditawarkan mekanismenya tidak sama dan ternyata marketplace dan ecomerce itu berbeda.

Marketplace  merupakan situs jual beli online yang umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi, seperti sistem pembayaran melalui rekening bersama. Jadi setiap terjadi transaksi pihak marketplace menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Sedangkan eccomerce adalah sistem jual beli online dimana penjual bisa menggunakan sosial media atau forum untuk beriklan, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan namun penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung baik lewat messager atau chatting.

Dari sekian banyaknya toko online yang merajai jagat maya, salah satunya adalah OLX. Tentu sangat melekat dalam ingatan, biasanya iklan OLX yang tayang di beberapa media selalu mengedepankan dan membuat barang bekas lebih berguna. Tagline nya yang cukup khas yakni cara tepat jual cepat menjadi tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk otomotif, peralatan rumah tangga,elektronik hingga jasa.

OLX Indonesia sebelumnya bernama tokobagus.com dan sempat berkerjasama dengan berniaga.com kemudian bermetamorfosis berubah menjadi OLX yakni kepanjangan dari Online Exchange adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara jaringan.

OLX Academy

Pada hari Sabtu, 07 Januari 2017 bertempat di Menara Sentrajaya head office OLX diadakan sebuah workshop bertajuk OLX Academy yakni sebuah divisi pendidikan dari OLX Indonesia untuk menggerakan para UKM melek teknologi dengan menerapkan sistem Go Online yang diprediksi menjadi strategi pemasaran yang lebih prospektif karena para calon pelanggan potensial mulai membeli produk melalui internet jika yang sebelumnya hanya melalui konvesional.
Internet dan Belanja ( Doc.pri )
Dihadiri oleh puluhan owner UKM dari berbagai spesialis yang nampak antusias dalam kegiatan kala itu. Workshop yang difasilitasi oleh Bapak Adez Aulia berperan sebagai kepala sekolah dan trainer yang tak enggan berbagi atau sharing kepada peserta workshop yang hadir. Beliau menyampaikan tentang dasar bisnis didunia online, cara membuat foto yang menarik di situs online dan membuat deskripsi yang tepat sehingga membuat customer berminat pada produk yang kita jual.

Dalam menjalankan usaha terutama di media online yang paling mendasar adalah membentuk mindset mental pantang menyerah dimana menghadapi beragam persaingan dan segala bentuk kemungkinan. Disisi lain sangat diperlukan kreatif dan inovatif, yakni berbeda dari kebanyakan umumnya karena sesuatu hal yang unik akan menjadi daya tarik tersendiri. Yang tidak ketinggalan adalah truth atau kepercayaan, bangunlah sebuah integritas yang baik di mata pelanggan karena ketika mereka telah percaya pertimbangan keuangan tidak akan menjadi permasalahan. Misalnya ketika ongkos biaya kirim lebih mahal dibanding harga produknya, bagi customer yang sudah percaya pada kinerja penjual maka hal itu tidak akan menjadi beban dalam pertimbangan mereka.
Bpk Adez Aulia (Doc.pri)

Tidak hanya teori yang di sampaikan tetapi juga langsung praktek dimana para peserta workshop diperkenankan untuk memasang iklan jualan melalui aplikasi OLX dan telegram messager. Keduanya bisa di download gratis di play store. Ada berbagai tips yang disampaikan dalam proses pengambilan gambar untuk produk yakni harus diperhatikan jenis sudut pandangnya diantaranya :
- Isometrik
- Tampak depan
- Tampak samping
- Detail
Selain itu pencahayaan juga menjadi pertimbangan memang lebih bagus di lakukan di outdoor dengan pencahayaan sempurna dari matahari, waktu yang tepat berkisar dari jam 11 siang hingga jam 01 siang.

Teknik pengambilan gambar (Doc.pri)

Bapak Adez Aulia juga memberikan sedikit bocoran yang dalam waktu dekat ada terobosan baru dari OLX untuk semakin mensuport daya jual para UKM dengan menyediakan sarana seperti tersedianya banner hingga mini studio photography. Selain itu, tahapan untuk semakin memperluas kesempatan masyarakat adalah akan dibuatnya sebuah fitur baru yang rencananya akan di launching dalam waktu dekat berkonsep titip jual adapun  mekanismenya :
-barang dititip di tempat
-barang di upload dan di kembalikan
-pemilik datang ke tempat jual

Begitu banyak manfaat yang dapat diterapkan melalui kegiatan semacam ini. Bagi para pemilik UKM tentu menjadi wawasan baru dalam menemukan alternatif lain untuk pemasaran produk secara efektif dan efisien. Selain itu mendapat masukan ilmu yang bermanfaat dalam mengelola serta mengoptimalkan akun onlinenya sebagai media untuk memperkenalkan produknya jauh lebih luas.

4 komentar:

  1. Wah kegiatan yang sangat bermanfaat. Sayang saya nggak bisa ikut lantaran tempat saya jauh banget.

    BalasHapus
  2. Wah terobosan bagus dari Olx. Semoga saja semakin banyak UKM di penjuru nusantara yang bisa dikenal secara luas.

    BalasHapus
  3. Inovasi OLX patut diacungi jempol ya Mbak :)

    BalasHapus