Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 03 November 2016

Gathering Mengenal Kurio Sebagai Aplikasi Berita Terpecaya

Sumber gbr : Liputan6.com/Tekno
Smartphone kini semakin membuat segalanya semakin praktis, termasuk dalam mencari segala informasi dann berita. Jika dahulu masyarakat mengandalkan media cetak untuk mencari tahu berita terupdate, saat ini hanya dengan genggaman. Media cetak yang banyak beralih pula ke media digital semakin menambah varasi pilihan. Tetapi terkadang berita dari situs yang satu dan yang lain memiliki pendapat berbeda sehingga untuk mengumpulkan informasi maka user aakan membuka beberapa situs web dalam browser.

Sedikit merepotkani, belum lagi  ketika banyak berita-berita yang ditulis tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, sama perihalnya pembubuhan judul posting kerap kali dibuat berlebihan hanya untuk menarik responsing dari netizen. Tak ada ubahnya hal tersebut dengan pembohongan publik.

Melihat kenyataan ini, Pak David Wayne Ika beserta tim Merah Putih Incubator mencetuskan sebuah inovasi yang dinamakan Kurio asal kata dari curious yang merupakan akar kata dari curiosity, berarti penasaran. Adalah sebuah aplikasi berbasis Android dan iOS yang berisi kumpulan berita yang diambil dari berbagai media besar di Indonesia. Aplikasi yang hingga saat ini telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna membawa misi untuk menyebarluaskan berita-berita yang kredibel dan bukan sekadar untuk meraih ratingatau klik terbanyak (disebut clickbait).

Berangkat dari asal mula penamaannya, Kurio ingin membuat pengguna Indonesia selalu penasaran dengan informasi dan ikut mendukung budaya gemar membaca melalui aplikasi. Di Kurio, pengguna bisa menemukan konten yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. User bisa menentukan konten apa yang ingin dibaca, menjelajah berbagai pilihan dan memilih beberapa topik untuk secara rutin dibaca.
Sumber gbr : Website Kurio

Diluncurkan sejak November 2013 menggandeng partner beberapa media besar seperti MetroTV News, IDN Times, Tribunnews, Liputan6.com, Beritagar, Intisari Online, Sajian Sedap, Good News From Indonesia. Dengan beberapa kategori seperti lifestyle, Business, News, Entertainment dan lain-lain.  Praktisnya, user dapat tetap memantau berita-berita terkini dari penerbit atau portal berita kesayangan hanya melalui satu  aplikasi tanpa harus berpindah ke browser atau ke aplikasi lainnya.

Pada jumpa blogger beberapa minggu lalu bertempat di Wisma 77, Pak David selaku founder memperkenalkan secara lebih detail tentang aplikasi Kurio melalui sebuah tayangan video. Dijelaskan bahwa Kurio tidak sama dengan aplikasi atau portal berita lainnya, hal ini terlihat dari visi dan misi yang di sandangnya untuk menyajikan berita yang kredibel dan tidak ingin membohongi masyrakat dengan berita hoax. Untuk itulah sistem aplikasi ini di lengkapi pula dengan machine learning yang di setting untuk menyaring kata-kata tertentu. Diprogram dengan desain dan user experience yang unik sehingga mudah digunakan, akan memberikan pengalaman baca berita lebih menyenangkan.
(Doc.Pri)
Lanjutnya perkembangan dunia blogger dalam dunia netizen pun tak kalah berperan serta sebagai penyiar publikasi yang real dan netral. Inilah uniknya, bukan tidak mungkin di hari mendatang Peran Blogger mendominasi publikasi informasi digital. Diyakini bahwa Indoensia itu memiliki bibit-bibit unggul sebagai pemuda dan pemudinya yang mampu meraih prestasi membanggakan, berpijak dari hal tersebut Kurio pun sangat mendukung peran serta kaula muda untuk mengukir prestasi dimana di apresiasikan dalam sebuah publikasi blog kompetisi bertajuk #mudabikinbangga yang telah berakhir belum lama ini.

12 komentar:

  1. wah ada aplikasi satu lagi khusus news ya, semoga sukses untuk Kurio dan berita2 yg masuk seimbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin bnyk pilihan dg berita2 yg lbh valid

      Hapus
  2. Kurio, namanya unik. :D Aplikasinya menarik, ya? Jadi nggak takut dapat berita hoax.

    BalasHapus
  3. Aplikasi yang sip,apalagi untuk yang gemar membaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mba jadi ga terjebak lg dgn berita hoax

      Hapus
  4. jadi berita yang ada di kurio dijamin keasliannya yah Mba :)
    di jaman sekarang memang banyak bertaburan situs-situs penyebar berita hoax :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka ada filter khusus Mba utk menyaring keabsahan informasi

      Hapus
  5. yang penting jangan buat yang engga engga aja mba.. sekarang media banyak yang saling nusuk dari belakang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah..bener dah tuh.
      Berita yg disajikan pun jd ga berimbang

      Hapus