Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 22 Oktober 2016

Kemilau Keindahan Mutiara Laut Selatan

Kemilau Mutiara (Doc : Picography.com)
Tuhan menganugerahi Indonesia dengan kekayaan alam berlimpah, satu diantaranya dimana negeri ini terkenal dengan ribuan pulau yang membentang semenanjung sabang hingga merauke dan dalam perairannya tersimpan sumber daya alam berupa biota laut termasuk mutiara.

Siapa yang akan menyangka pasir yang di budidayakan dengan benar akan menghasilkan perhiasan indah dengan nilai jual tinggi. Namun untuk menghasilkan satu mutiara dibutuhkan waktu hingga 4 tahun dan proses pembentukannya bergantung dari makanan atau planktonnya.

Tahukah budidaya mutiara yang banyak dicari adalah dari selatan pantai Indonesia. Budidaya dan proses perkembangannya itu dikenal dengan Indonesia South Sea Pearls dengan konsen ke beberapa wilayah seperti Mentawai, Banyuwangi, Maluku, Lombok merupakan daerah penghasil mutiara terbaik dengan pemasaran utama dan terbesar adalah Jepang dan Hongkong.

Indonesia adalah negara terkaya dengan biota lautnya, potensi dari lingkungan pesisir laut pantai sebagai habitat biota hidup, besimbiosis dan bermetamorfosa menjadikan persediaan Indonesia memiliki kuantitas terbesar di dunia bahkan menurut jurnal mutiara dunia pada tahun 2005, Indonesia adalah produsen terbesar mutiara laut selatan. Mutiara yang terbaik di kelasnya dan terkenal dengan warna Gold dan White, dari 100 % pasar mutiara laut di dunia, Indonesia menyumbangkan 41,2 %, Australia 34,2 %, Filipina 18,1 % dan Myanmar 5,5 %. 

Saya pernah menyaksikan tayangan televisi yang memperlihatkan proses pembudi dayaan mutiara sebelum di kembang biakan ke laut perairan. Mutiara sebenarnya terbentuk akibat respon dari tiram untuk menolak kesakitan oleh akibat masuknya benda asing kedalam tubuhnya. Pada dasarnya mutiara perairan laut berhubungan erat dengan tiram. Pada dua cangkang (kulit tiram) terdapat bermacam-macam lapisan. Lapisan induk mutiara,berada pada cangkang bagian dalam.
Anatomi Tiram Mutiara (Doc.Pri)
Jika terdapat partikel benda asing yang menyakitkan misalnya sebutir pasir maka organ tubuh tiram yang disebut mantel akan mulai melapisi dengan pelindung (lapisan induk mutiara) ke sekelilingnya, hasilnya mungkin akan menjadi sebutir mutiara.Jika partikel dapat dilapisi oleh mantel secara menyeluruh,hasil mutiara kelak akan baus berbentuk bundar sempurna.

Lapisan tersebut terdiri dari mineral namun bila lapisan terluarnya tidak terlindungi dengan sempurna maka mutiara tidak akan menghasilkan kualitas warna-warni yang indah bernilai tinggi. Untuk pengembangan budi daya mutiara memang sangat di andalkan perairan laut dengan arus yang cukup tenang.
Mutiara Putih (Doc.Pri)
Ada beberapa kriteria mutiara yang bagus sehingga memiliki nilai kualitas tinggi :
- Bentuk sempurna bulat
- Kilau mutiara
- Kemulusan permukaan
- Warna (putih dan gold maupun pinkis yang banyak diminati pasar)
- Size/ukuran (9mili-20mili dan dipasaran minimal 11 mili)
- Harga

Saat ini ada 4 jenis mutiara yang mendominasi pasar dunia (biasanya dijual dalam bentuk loose dan jewelry), yaitu:
* Mutiara Laut Selatan (SSP) dari tiram mutiara laut
* Mutiara Hitam/Tahiti (Black/Tahitian Pearl) dari tiram mutiara laut
* Mutiara Akoya dari tiram mutiara laut
* Mutiara Air Tawar China dari kerang mutiara air tawar
Mutiara Wana (Doc.Pri)
Dari beberapa informasi yang pernah Saya dapatkan bahwa sebaiknya tutupi mutiara dengan kain ketika hendak memakai parfum atau hairspray karena zat-zat tersebut dapat merusak permukaan mutiara. Hindari menyimpan mutiara di dekat zat asam atau dekat cairan yang mudah menguap seperti alkohol, bensin dan cuka.

Sarasehan Pra Event Indonesia Pearl Festival

Pada tanggal 12 Oktober 2016 lalu bertempat di Ball Room - Gedung Mina III Kementrian Kelautan dan Perikanan diadakan sarasehan pra event 6th IPF yang dihadiri oleh Ibu Susi Pudjiastuti serta para undangan termasuk para pengusaha budi daya mutiara dan netizen serta blogger. Dalam pertemuan kala itu diadakan sesi sharing dan perencanaan pengembangan program mutiara pantai Selatan Indonesia.

Ingin melihat pameran mutiara terbesar ? 6th Indonesia Pearl Festival 2016 mempersembahkan acara yang akan dilangsungkan pada 09-13 November 2016 bertempat di Lippo Mall Kemang. Mengusung tema'The Magnificent Indonesian South Sea pearl" event tersebut akan dimeriahkan dengan pameran mutiara, Lelang mutiara, Klinik mutiara hingga ruang edukasi.
Sarasehan Pra IPF (Doc.Pri)

Untuk memeriahkan dan menyambut perhelatan besar tersebut juga diadakan berbagai macam kompetisi seperti lomba blog, lomaba foto panorama kelautan hingga desain perhiasan mutiara.

6 komentar:

  1. Balasan
    1. saya juga ga akan nolak mba kalau ada yg kasih. hahaha :D

      Hapus
  2. Bener banget yak, ternyata selama ini kita selalu memunggungi laut ternyata di kedalaman laut banyak banget sumber dayanya salah satunya mutiara...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.negeri ini begitu melimpah di titipkan banyak anugerah

      Hapus
  3. Mutiara oh mutiara..kilaumu tiada tara

    BalasHapus