Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 01 Juli 2016

Blogging & Beyond : Mengoptimalkan Blog Secara Lebih Tepat

Beberapa pekan lalu berkesempatan hadir  di acara kaya akan manfaat dan motivasi bertajuk Blogging & Beyond "How To Optimize Your Own Blog". Bertempat di Coffee Instittute - Jakarta Selatan, acara yag di gelar pada tanggal 12 Juni 2016 tersebut di hadiri sekitar 30 orang lebih dengan pendaftaran melalui grup Blogger Perempuan.

Setelah pembukaan oleh moderator, acara inti berikutnya adalan pembahasan optimasi blog secara lebih tepat yang di sampaikan oleh Mba Shintaries. Sebagai seorang blogger, sebisa mungkin harus memiliki personal branding, lebih baik memang menentukan niche atau dimana minat kita untuk membentuk karaker blog tersebut tapi tidak ada larangan pula bila blog yang dimiliki 'gado-gado' asalkan konsisten dan menarik minat pembaca.


Beberapa Rencana Strategi untuk mengoptimalkan Blog :
- Buat Blogmu
Seperti yang disampaikan sebelumnya, ingin ke arah mana blog itu nantinya. Pilih platform yang yang alangkah baiknya menggunakan top level domain

- Personal Branding
Istilah lainnya adalah pencitraan diri, ingin seperti apa kita dikenal melalui blog yang kita miliki. Jika ingin dikenal secara pribadi memang dianjurkan untuk membuat domain atas nama sendiri, jangan lupa untuk aktif dalam berbagi melalui media sosial, inti penting dari segalanya adalah jadilah diri sendiri.

- Target pembaca
Kita bisa mengarahkan untuk apa dan siapa yang kita ingin sampaikan informasi melalui tulisan mulai dari gender, usia atau bahkan sasarannya kepada orang yang memang memiliki kegemaran serupa.

- Strategy Konten
Dapat diartikan sebagai perencaaan, pengelolaan dan rencana dalam memperkanalkan blog kita secara lebih luas. strategi konten tentu bukan hanya mempertimbangkan satu arah, karena kita juga wajib mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan pembaca dan pemilik sebuah brand supaya mereka memiliki ketertarikan terhadap isi blog yang kita sampaikan.

- Kontent Kreatif
Nah, ini untuk lebih menarik minat pembaca datang dan 'betah' berada di blog kita. Jika kita hanya membuat tulisan utuh tentu mata akan terasa jenuh dan pembaca akan mudah bosan. Maka strategi lainnya adalah dengan menyisipkan gambar, video atau graphic design yang relevan terhadap isi materi yang kita sampaikan dalam blog post.

- Jaringan Sosial
Untuk memperkenalkan blog kita lebih jauh lagi, maka harus giat bersosial mengenalkan blog kita secara publik. Bisa melalui media sosial yang erat kaitannya dengan profesi blogger, blogwalking, serta membangun komunikasi yang baik antar sesama blogger melalui kopi darat atau perbincangan melalui media chatting untuk bisa saling meberi saran yang membangun.

Pembicara kedua adalah Mas Alfred Lucky Chandra, SEO Manager Valuklik.com yang menyampaikan informasi tentang SEO (Search Engine Optimitation). Di era digital seperti saat ini optimasi SEO sudah menjadi hal yang cukup penting untuk di pahami. karena ia merupakan proses untuk menempatkan sebuah situs web di halaman pertama pencarian sehingga berpeluang mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

Dalam hal ini perlu di perhatikan optimasi content secara lebih maximal, beberapa diantaranya :
- Membuat pos yang informatif
- Usahakan kata kunci di Blod
- Sisipkan gambar atau video untuk menghindari kebosanan user
-Manfaatkan Outbound Link seperti Wikipedia

Tujuan Optimisasi adalah agar halaman web terlihat relevan terhadap kata kunci yang dicari oleh user sehingga waktunya semakin lama berada di dalam web atau blog yang kita miliki. Jenis penargetan SEO bisa berupa pencarian web, gambar, video, berita, lokal, dan akademik. Tersedia juga operator pencarian tingkat lanjut untuk berbagai mesin pencari utama.

Jenis-jenis optimisasi pada SEO yang utama adalah:
- Optimisasi Halaman (SEO On-Page)
- Optimisasi Luar-Situs (SEO Off-Site)

Pembicara terakhir adalah Bapak Frizt Ananda seorang marketing bussines partner PT AIA Financial yang menjelaskan betapa pentingnya asuransi untuk proteksi diri dalam kehidupan kita. Dijelaskan tujuan asuransi adalah sebagai perncana keuangan serta persiapan dalam menghadapi resiko kehidupan, seperti beberapa diantaranya :
- Hidup tidak produktif
- Hidup panjang namun tidak produktif 
- Tidak hidup dan tidak produktif
Lebih jauh, Bapak Fritz memperkanalkan program baru dari Asuransi tempatnya bernaung yakni AIA sakinnah produk keuangan asuransi yang menyediakan proteksi jiwa dan perencanaan keuangan jangka panjang dengan konsep yang sesuai dengan prinsip syariah.

Manfaat yang akan didapat oleh peserta AIA Sakinah Assurance adalah Tenang, yaitu pengelolaan asuransi  sesuai dengan prinsip syariah, Optimal, yaitu perencanaan keuangan yang optimal dengan berbagai jenis investasi syariah, serta Bahagia, yaitu peserta berkesempatan untuk mendapatkan surplus dari penjamin aset.

AIA Sakinah Assurance memberikan perlindungan berupa santunan meninggal hingga 300 persen dari uang pertanggungan apabila terjadi risiko meninggal akibat kecelakaan selama perjalanan ibadah haji atau di dalam transportasi umum.

Acara workshop kala itu di tutup dengan berkumandangnya adzan maghrib untuk berbuka puasa, setelah para peserta bersantap dengan hidangan yang telah di sediakan berikutnya adalah sesi foto bersama seluruh peserta Blogging & Beyond,

2 komentar:

  1. Aku masih baru banget di dunia perbloggeran, jadi masih agak asing dengan SEO. Keren Mbak sharingnya :) tambah ilmu lagi aku nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika artikel ini bisa memberi manfaat, sayapun demikian mba masih awaaam bgt soal SEO makanya pingin banyak2 belajar

      Hapus