Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 18 Juni 2016

Membina Ketenangan Dalam Proteksi Resiko Bersama AIA Sakinah Assurance

Sebagai seorang pekerja dengan penghasilan yang terbatas saya sadar betul tentang pentingnya sebuah tabungan maupun investasi. Dimana akan ada massa untuk berakhir dengan berbagai ragam alasan yang melatarbelakangi. Sebagai seorang pribadi sudah seharusnya saya pun mempertimbangkan sebuah layanan untuk proteksi dari dari berbagai resiko kehidupan.

Menghadiri acara bertajuk Blogging & Beyond "How To Optimize Your Blog" selain tentu saja mendapatkan infromasi tambahan mengenai optimal blog secara lebih maximal dan konsep SEO, sharing lainnya disampaikan oleh Bapak Fritz Ananda perwakilan dari Marketing Businnes PT AIA Financial. Dari penuturan tersebut saya menyimpulkan bahwa asuransi tak sekedar sebagai pelindung kesehatan maupun jiwa seseorang namun tetapi juga bisa sebagai tabungan perencanaan keuangan dalam solusi berbagai kebutuhan di masa mendatang hingga resiko yang akan di hadapi dalam kehidupan.

Tentang Asuransi AIA

Dalam  perusahaan asuransi, resiko adalah obyek jual beli. Membayar premi asuransi konvensional berarti mengalihkan resiko pribadi kepada pihak perusahaan asuransi. Hanya ketika terjadinya resiko barulah seseorang mendapatkan kompensasi.


Melihat dari sepak terjang dan keberlangsungannya, asuransi AIA telah berpengalaman sejak di didirikan pada tahun 1919. Bergerak dalam sektor finansial perusahaan asal Hongkong ini berfokus utamanya adalah industri asuransi kesehatan dan jiwa. Pada tahun 1983 memulai kiprahnya di Indonesia berdiri dengan nama PT Asuransi Lippo Jiwa Sakti kemudian berubah nama menjadi PT Asuransi Lippo Life (Lippo Life). Sempat mengalami beberapa perubahan nama hingga kemudian berubah menjadi PT AIA Financial pada 1 Juni 2009. Perubahan nama ini untuk memastikan kesesuaian operasi dan bisnis dengan pemegang saham mayoritas sehingga lebih fokus dalam memberikan produk dan layanan terbaik kepada masyarakat secara efektif.

PT AIA Finansial menawarkan berbagai produk asuransi, termasuk asuransi dengan prinsip Syariah, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi yang dikatikan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan,

 Konsep prinsip pengelolaan asuransi syariah :
- Dana dikelola secara lebih transparan
- Dapat menambahkan investasi ke produk-produk yang dikelola secara syariah
- Dana Tabarru yakni dana yang dikumpulkan peserta untuk membantu dan memproiritaskan peserta lain yang membutuhkan
- Jika terdapat kelebihan dana akan di kembalikan ke peserta sesuai iuran masing-masing ke dana tabaru

Perbedaan asuransi berbasis syariah dengan yang konvensional terletak pada konsep dan prinsip sistem. Jika asuransi syariah memegang prinsip kebersamaan dan sesama anggota yang akan membantu jika ada salah satu yang sedang kesulitan, dalam hal ini perusahaan hanya jadi wadah. Sementara asuransi konvensional berprinsip individual, hubungannya hanya antara anggota dan perusahaan.

Dan mengenai pemahaman tentang asuransi syariah masih banyak yang keliru hal ini lantaran masih banyak sebagian masyarakat yang beranggapan jika asuransi berbasis syariah hanya di peruntukan bagi umat muslim namun nyatanya tidak ada pengkhususan meskipun memang yang menjadi tujuan utama adalah umat muslim sebagai pengguna asuransi berasas pada nilai-nilai islam.

Produk Asuransi AIA

Semakin melengkapi konsep asuransi berbasis syariah AIA meluncurkan produk AIA Sakinah Assurance yang berasas pada tolong menolong. Lebih jauh Pak Fritz menerangkan bahwa AIA Sakinah Assurance ini akan memberikan perlindungaan berupa santunan meninggal hingga 300% dari uang pertanggungan apabila terjadi resiko meninggal akibat kecelakaan selama perjalanan ibadah haji atau transportasi umum.
Keunggulan utama dalam produk AIA Sakinah Assuranse adalah sebagai :

* Hospital & Sugrical Syariah Care Plus ( Perlindungan Kesehatan )
Solusi tepat untuk memberikan ketenangan pikiran atas tagihan rumah sakit dengan manfaat perlindungan berupa rawat inap, tindakan bedah, obat-obatan dan rawat jalan.

* Critical Illnes Syariah plus ( Perlindungan Penyakit Kritis )
Perlindungan terhadap 32 kondisi penyakit kritis stadium lanjut, untuk meringankan biaya perawatan saat Anda menjalani proses pemulihan.

* Waiver Of Contribution Syariah Plus ( Pembebasan Premi )
Pembebasan Kontribusi apabila Pihak Yang Diasuransikan (Tertanggung) mengalami Cacat Tetap Total atau terdiagnosa Penyakit Kritis.

* Spouse Waiver Syariah Plus ( Pembebasan Premi )
Pembebasan Kontribusi apabila Peserta (Suami/ Istri dari PihakYang Diasuransikan) meninggal, mengalami Cacat Tetap Total atau terdiagnosa Penyakit Kritis.

* Payor Waiver Syariah Plus ( Pembebasan Premi )
Pembebasan Kontribusi apabila Peserta (Pemegang Polis orang tua/ kakek/nenek Dari Pihak Yang Diasuransikan) meninggal, mengalami Cacat Tetap Total, atau terdiagnosa Penyakit Kritis.
Pasar asuransi syariah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang pesat, mengingat mayoritas penduduk indonesia adalah muslim. Konsep dasar asuransi syariah merupakan konsep asuransi yang akan terbebas dari ketidakpastian usaha di sektor asuransi. Prinsip dasar asuransi syariah mendorong orang atau badan untuk saling tolong menolong sesama dan memberikan kepastian kehalalan bagi para anggotanya.

Asuransi syariah tidak semata sistem invertasi keuangan atau sekedar perlindungan saja, lebih jauh program ini mengoptimalkan terhadap atas dasar-dasar islam yang pengelolaannya tidak hanya bersifat individu.

16 komentar:

  1. wow sekarang banyak blogger yang ngomongin AIA yaa ..
    keep it up .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedang hits atas peluncuran program produk terbarunya

      Hapus
  2. Waaah, aku sudah ikut asuransi pendidikan umum sih ya.. :)
    info yg menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa next mba dipertimbangkan utk yg syariah

      Hapus
  3. Wah, AIA Sakinah ada juga tho

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba. ini produk program terbaru AIA

      Hapus
    2. Penasaran banget deh,

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terima kasih banyak mba, semoga membantu

      Hapus
  5. Asuransi kadang bikin bingung soal akadnya yang jatuh ke riba atau nggak.
    Kalau dari infonya ini, Sakinah kayaknya aman, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari penjelasan pihak AIA, syariah dan konvensional ada perbedaan salah satunya tentang prinsip sistemnya

      Hapus
  6. asuransi itu ptg sih kalo mnrtku pribadi, trutama utk org2 yg ga bisa rutin menabung.. aku trmsuk sadar diri bgt suka tergoda ama hal2 konsumtif, blm lg hobi traveling yg jg makan bnyk biaya.. makanya asuransi aku perluin supaya ada jaminan utk anak2 kalo trjadi apa2 dgn aku dan suami.. memang sih blm pake asuransi yg syariah. kmrn2 semua asuransi yg aku buka masih konvensional.. mungkin ntr kalo ada planning lg utk buka asuransi yg lain, aku bkl pertimbangin syariah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dipertimbangkan mba..untuk kedepannya

      Hapus
  7. waah berarti hadir ya di acara blogging n beyond...aku juga lhooo
    tp aku ngabur pas maghrib jd ga sempet chit chat n photo bareng maklum emak2 ditunguin krucils. smoga lain waktu bs say hai yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah..sayang kita saling tidak menyadari ya mba
      semoga next time bisa berjumpa lagi ^_^

      Hapus
  8. sekarang udah ada asuransi syariah yah Mba, jadi kita gak usah was-was lagi kalo mau ikut asuransi :)

    BalasHapus