Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 04 Juni 2016

Menikmati Kuliner Khas Jepang di Sukiya - Mall Of Indonesia

Ada kabar gembira untuk penggemar makanan Jepang, saat ini outlet Sukiya membuka cabang kelima. Bertempat di Mall Of Indonesia bertepatan dengan openning pada tanggal 30 Mei 2016, Yamamoto San selaku Presiden Direktur dari PT Zensho Indonesia menyampaikan “Sukiya adalah fast food outlet yang paling besar untuk penjualan beef bowl. Kehadirannya di Indonesia, terutama di MOI mengusung konsep baru dan berbeda dari restoran yang sudah ada.” Saat ini Sukiya sudah memiliki 1970 restoran di Jepang. Sukiya merupakan restoran dengan konsep unik, karena para pengunjung bisa merasakan perpaduan budaya Jepang dan tradisional dalam satu tempat.


Nancy Kirana sebagai HRD Manager menambahkan “konsep baru itu dapat dilihat pula dengan perpaduan budaya Jepang Pop Manga dan Anime serta budaya tradisional Nebuta.” Konsep menarik lainnya adalah dimana pengunjung dapat melihat langsung proses memasak dan mengolah makanan, disamping tata ruang meja serta kursi yang nyaman dan cozy.

Sukiya menyajikan lebih dari 10 varian menu yang lezat dan siap santap. Daging sapi dan ayam yang disajikan pun telah melalui berbagai proses pematangan yang maksimal. Sehingga menjadikan daging  yang disajikan begitu empuk ketika dikunyah.

Menu unggulan yang paling diminati masyarakat di Jepang, yakni Beef Bowl merupakan perpaduan irisan daging sapi dan bawang bombay yang dimasak didalam saos rahasia Sukiya. Sedangkan yang lainnya adalah Chicken Katsu Bowl merupakan perpaduan chicken katsu (ayam goreng) yang renyah serta telur yang dibalut dan dicampur saosJepang.

Saat itu saya memesan Chicken Katsu Curry dimana rasa kare ayamnya terasa sekali di lidah, di tambah segarnya miso soup dan gurihnya chicken karage membuat makan siang kala itu terasa nikmat.

Bukan hanya itu, Sukiya menghadirkan minuman matcha yang populer sejak zaman dulu di Jepang. Dikenal dengan nama Sukicha menyajikan minuman matcha yang di padu padankan dengan buah-buahan segar seperti Classic Japanese Matcha, Matcha with Peach Jelly dan Lemon Matcha Frappe.

Yang menarik dalam kegiatan  openning outlet kala itu adalah dimana pengunjung yang hadir diperkenalkan dan dapat merasakan langsung nuansa tradisi minum teh ala Jepang. Sebenarnya di negara asalnya upacara ini memiliki simbolis sebuah penghormatan dalam menyambut tamu. Dan berikut beberapa tahapnya.

Tea Ceremony Japan

1. Prosesi bermula pemberian kue manis atau dikenal demgan okashi yang saya bisa ungkapkan rasanya seperti sagon. Dimana kue tersebut harus dihabiskan 

2. Seorang ahli  menyiapkan teh dan memasak di atas sebuah cawan dengan beberapa tahapan. Kemudian memberikan cangkir kepada tamu dimana pemberi dan penerima saling memberi penghormatan

3. Sebelum menempelkan cangkir ke bibir, cangkir diletakkan di telapak tangan kiri dan tangan kanan harus memutar cangkir 180 derajat dalam dua putaran. 

4. Dalam meminumnya sebisa mungkin harus dihabiskan dalam satu tegukan sebagai tanda kita menikati suguhan dari pemberi. Usahakan gambar yang ada di mangkuk tidak bersentuhan dengan bibir, karena dalam tradisi Jepang akan dianggap tidak sopan.

5. Lap bagian ujung cangkir dengan tangan kanan.

6. Putar cangkir berlawanan dengan arah jarum jam dan kembalikan ke pemberi.

Harga untuk menu utama di Sukiya dimulai dari Rp 24.545 - Rp 46.363 (ukuran reguler). Sedangkan untuk minuman matcha di Sukicha dimulai dari Rp 16.363 - Rp 33.636 (Ukuran medium).

Lokasi restaurant Sukiya di Jakarta dan sekitarnya :

- Baywak Mall 4th Floor
 Jl. Pluit Karang Ayu B1 Utara Pluit - Jakarta Utara

- Aeon Malk BSD City 3rd Floor
Jl. BSD Raya Utama, Padegangan Tanggerang - Banten

- Central Park Mall LG Floor, Unit L130 & L131
Jl. Let. Jendral S.Parman - Grogol petamburan - Jakarta Barat

- Lippo Mall Puri LG Floor Unit LG-10
Jl. Puri Indah Raya Blok U1 - Kembangan Selatan - Jakarta Barat

- Mall Of Indonesia 1st Floor unit 1-C8 & C9
Jl. Raya Boulvard Barat, Kelapa Gading - Jakarta Utara

12 komentar:

  1. Mba Siethi, aku pengen juga ikutin sesi ikut upacara teh. Mereka melakukannya dengan hati-hati banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba. Telaten juga, karena setiap sesi upacara ada makna2 tertentu

      Hapus
  2. Agghhh pgn coba .. pgn cobaa beef bowlnya ^o^ . Moi deket nih ama rumahku.. makanan jepang itu walo simple bumbunya tp nth kenapa bisa enak bgt :D

    BalasHapus
  3. lagi booming ya resto jepang, banyak yang suka

    BalasHapus
  4. Aduh......Matcha...demen gue ma minuman yang satu itu :D

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. sudah semakin banyak tersebar sekarang, tinggal pilih

      Hapus
  6. Waw, lengkapnya, suka yang resto Jepang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'toss' dulu kita mba, saya pun suka beberapa kuliner Japan

      Hapus