Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Senin, 30 Mei 2016

Visit Hokkaido : Surganya Wisata Jepang

Sumber gbr : his-travel.co.id
Bicara perihal Jepang, apa yang akan terlintas di benak kalian ? teknologi mutakhir ? sakura ? manga ? duuh, kalau saya banyak hal terutama lokasi wisatanya dan ragam budaya yang unik. Jepang merupakan satu destinasi impian yang ingin sekali bisa saya kunjungi, walau entah akan terwujudkah untuk bisa menjejakan kaki ke negeri yang berjuluk 'matahari terbit' itu. Secara sudah rahasia umum untuk melakukan sebuah perjalanan wisata ke Jepang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Tetapi bukan tidak mungkin bisa di tempuh dengan perjalanan ala backpacker seperti yang sedang hits terakhir belakangan ini.


Jepang merupakan negara kepulauan di Asia timur, terletak di ujung barat Samudra Pasifik, memiliki 4 musim yakni musim semi, gugur, panas dan dingin dengan jangka waktu sekitar tiga bulan. Dari keempat musim tersebut warga Jepang umumnya sangat menikmati dan menyukai di kala musim semi tiba karena pada saat itulah bunga-bunga bermekaran indah termasuk bunga khasnya sakura. Keunikan lainnya adalah ketika musim panas tiba, di Jepang pada masa itu sering mengadakan festival lebih banyak di bandingkan ketiga musim lainnya. Festival kembang api selalu semarak dan spektakuler jika diadakan, pun bertepatan dengan dibukanya pasar malam yang meriah, biasanya masyarakat mengenakan pakaian musim panas yang disebut Yukata.

Merencanakan liburan ke Jepang bisa mencari segala informasi melalui HIS, biasanya staff mereka akan membantu melalui konsultasi perencanaan perjalanan. Dari sekian banyak kota di Jepang, seperti Tokyo yang menjadi daya tarik utama lainnya adalah Hokkaido sebuah pulau indah yang terletak di bagian utara Jepang.

Kita tentu mengetahui, bahwa teknologi Jepang berkembang cukup pesat dalam sarana transportasi, berbagai ragam pilihan kemudahan di tawarkan untuk akses menuju beberapa lokasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Seperti halnya menuju Hokkaido. Dari Tokyo masyarakat setempat maupun wisatawan dapat menggunakan kereta Shinkansen. Namun jika ingin melalui sarana udara bisa mencari penerbangan ke bandara New Chitose. Hokkaido merupakan lokasi yang di kelilingi oleh perairan, untuk berkeliling bisa menggunakan kapal feri, tetapi di kota ini pun juga menyediakan subway yang cukup nyaman untuk penumpang, pilihan ada di tangan kalian untuk menikmati perjalanan.

Setelah mencari tahu transportasi yang dapat digunakan, sekarang kita coba lihat berbagai destinasi favorite yang  cukup memanjakan para wisatawan dengan suguhan tempat serta lokasi wisata menarik. Mari kita telusuri beberapa di antaranya.

Sumber gbr : http://www.japan-guide.com
1. Sappori Odori Park
Merupakan sebuah taman kota besar dengan panjang sekitar 1.500 meter, seperti nama odori sendiri yang memiliki arti jalan besar. Lokasi ini merupakan destinasi wajib yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke Hokkaido. Taman ini membelah kota Sapporo menjadi bagian Utara dan Selatan, berfungsi sebagai taman hijau di Kota Sapporo. Berbagai tanaman dan bebungaan tumbuh subur memberi keteduhan sepanjang mata memandang. Di bagian timur taman, terdapat Sapporo Terebi Tower atau Menara Televisi Sapporo yang dibangun sekitar tahun 1957. 

Sumber gbr : http://www.japan-guide.com

2. Furano
Terletak di Subprefektur  Kamikawa, mencapai Sungai Sorachi di bagian tengah dari Hokkaido, hampir dalam ke empat musim tanah lapang ini di mekari dengan berbagai bunga aneka rupa. Untuk di musim panas sendiri, adalah yang paling menarik minat banyak wisatawan lantaran, lavender ungu tengah masa mekarnya. Lavender jenis tanaman cantik yang hanya tumbuh subur di beberapa negara saja, dan harumnya memberikan ketenangan itu akan nampak mekar sempurna. Ahh..jadi teringat saat ke Semeru beberapa waktu lalu, pada area oro-oro ombo dimana tanamannya menyerupai lavender.

Sumber gbr : http://www.japan-guide.com

3. Akan National Park
Berikutnya adalah destinasi yang sayang jika terlewatkan, sebuah taman nasional yang terletak di sisi timur pulau Hokkaido, merupakan daerah gunung berapi dan hutan. Area ini cukup fenomenal dengan 3 danau yang cukup pupuler dan menakjubkan dengan suguhan panorama keindahan di masing-masing danau, diantaranya Danau Akan merupakan sebuah danau yang menjadi rumah bagi marimo, jenis alga langka berbentuk bola-bola hijau. Danau Masshu disebut-sebut sebagai danau terindah di Jepang karena memiliki air yang super jernih sehingga bisa memantulkan awan dan gunung disekitarnya dengan begitu jelas. Sedangkan Danau Kussharo merupakan danau terbesar di taman nasional ini yang meiliki beberapa outdoor onsen (rotenburo) atau di kenal dengan sumber pemandian air panas. 

Sumber gbr : http://www.japan-guide.com

4. Noboribetsu
Sembilan jenis mata air panas alami terdiri atas natrium, ion besi yang baik untuk anemia, natrium sulfat musim semi yang baik untuk tekanan darah tinggi, dan radium musim semi yang memiliki radon. dengan khasiat berbeda-beda terdapat dalam satu lokasi ini, selain itu tempat ini cukup terkenal sebagai resort kesehatan.

Selain air panas, ada kegiatan wisata lain yakni Jigokudani (Hell Valley) atau lembah neraka merupakan sebuah taman konservasi alam untuk monyet-monyet yang sejatinya di peruntukan sebagai penelitian. Melakukan perjalanan setapak dari lembah dengan hiking melalui bukit-bukit hutan beberapa meter di depannya akan ditemukan sebuah kolam belerang dengan suhu permukaan sekitar 50 derajat celcius.
Akses transportasi menuju lokasi ini menggunakan sarana transportasi umum yakni dengan transportasi semacam bus yang tersedia untuk menuju sumber air panas Noboribetsu dari kota Sapporo dan Muroran atau dapat menggunakan kereta api dengan stasiun terdekat Stasiun Noboribetsu dari JR Muroran-Honsen Line.
Sumber gbr : http://www.japan-guide.com
5. Otaru
Keunikan destinasi lainnya adalah Otaru yang merupakan sebuah kota pelabuhan terbesar berada di sebelah barat Hokkaido. Melakukan perjalan dengan menelusuri tepi kanal serta sudut-sudut setiap jalan Sakaimachi menjadi hal yang menarik lantaran memiliki bangunan-bangunan bergaya eropa kuno. Selain itu Otaru juga di kenal dengan sebutan kota bukit dikarenakan area lokasi yang di dominasi perbukitan.

Jika masih merasa bingung atau kesulitan, HIS memberikan kemudahan paket wisata khususnya untuk di Jepang dinamakan HAnavi merupkan kolaborasi antara HIS dengan ANA (All Nippon Airways) yang menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga cukup terjangkau dari Tokyo atau dari Osaka.
Berkunjung ke suatu lokasi wisata, rasanya tidak sempurna tanpa mencicipi makanan khas destinasi tersebut. Sebagai seorang muslim tentu saya harus memperhatikan kadar kehalalan dari makanan tersebut. Beberapa di atara pilihan kuliner Hokkaido, rangkuman berikut bisa menjadi pilihan.
1. Ramen
sumber gbr : www.flickr.com

Saya termasuk penggemar ramen, jika berkunjung ke rumah makan Jepang, menu pilihan yang saya cari biasanya ramen lebih dahulu, dan tidak ada salahnya mencicipi ramen dari negara asalnya. Di Hokkaido ada sejenis ramen bernama Sapporo Miso Ramen bertoping jagung manis, mentega, tauge, bawang putih dan kadang seafood lokal seperti cumi, kerang dan kepiting.

2. Oden
sumber gbr : www.flickr.com

merupakan makanan dengan berbagai bahan seperti tofu, telur, lobak putih, pasta ikan yang digoreng, dan kentang rebus yang disajikan bersama dalam panci besar dengan bumbu kaldu ikan. Kita bisa memilih mau menu yang mana. Misalnya ada atsuage (tofu deep-fried), Nikudango (semacam bakso), Hiraten (pasta ikan yang di kukus), Ganmo (deep-fried tofu dengan potongan tipis sayuran), dan sebagainya. 

3. Shirotoko Donuts
sumber gbr : www.flickr.com
Selain makanan berat di suatu tempat, rasanya kita juga harus coba mencicipi kudapan khas dari tempat tersebut. Di Hokkaido ada sebuah donat dengan bentuk unik, yang pembuatannya bukan di goreng melainkan di panggang sehingga teksturnya lebih lembut. Terbuat dari Nakashibetsu merupakan jenis susu yang berkualitas baik dengan pemanis berupa madu dimana lebahnya di ternak sendiri begitupun karamel asin sehingga memiliki rasa yang khas.

Hokkaido merupakan satu keindahan dari Jepang, menyuguhkan lokasi alam mempesona sebagai surga wisata untuk para wisatawan lokal maupun international. Letak geografis pulau yang berada di pulau paling utara Jepang menjadikannya iklim yang sedikit berbeda dari kota di Jepang lainnya. 


- Tulisan ini di ikut sertakan dalam Summer Trip Competition HIS TRAVEL -
Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition

10 komentar:

  1. wah memang ya Jepang tiada habisnya, mulai dari teknologi, transportasi, bahkan alam dan kulinernya layak untuk dikunjungi dan dicoba... :)
    salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah..itu variatif keunikannya cukup beragam dan membuat ingin melihat/merasakannya langsung

      Salam kenal ^_^

      Hapus
  2. baper aku liat jepang T_T, moga menang ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Tosss" dulu kita mba. Ehem..iya rasanya antusias aja gitu

      Aamiiin, terima kasih y mba :)

      Hapus
  3. Shirotoko Donuts keliatan lucu dan sayang kalau dimakan ya mba. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diakui sih iya..imut banget gitu :D

      Hapus
  4. haduuuh baca ini aku jd galau :D.. feb 2017 mau ke jepang soalnya, itinerary udh siap, tp aku ngebatalin hokkaido di dlm listnya mbak, krn dipikir terlalu jauh juga, apalagi kita mw lanjut ke korea dari osaka.. tp baca ini, jd bingung :D.. antara sbnrnya pgn ke hokkaido, apalagi feb nanti di sana ada festival es. tapi kalo dimasukin acara kesana, banyak jdwal yg harus diubah ulang -__-.. hihihi, galaauuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di perbaiki lagi mba itenirarynya, sayangkan jika harus terlewatkan sisi keindahan dari Hokkaido :)

      Hapus
  5. Duh duh malah jadi bingung kalau kesampaian ke Jepang mau kemana aja,soalnya bagus bagus pemandanganya :D

    BalasHapus