Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 13 April 2016

Sharing Informasi Management Konten di Kegiatan Explore CNI

Di minggu yang cerah tertanggal 03 April 2016, bersama teman-teman blogger lain berkesempatan mengunjungi dan mengeksplore kantor CNI yang berlokasi di Jl. Puri Indah Blok 02 No.1-3, Kembangan - Jakarta Barat. Sebelum berlanjut pada kegiatan explore CNI, saya akan memberi sedikit ulasan asal muasal CNI berdiri.

Sejarah CNI

Pertama berdiri di kota Bandung, Jawa Barat pada Oktober tahun 1986 menerapkan sistem penjualan direct selling multi level marketing. Perusahaan yang pertama kali menayandang nama sebagai PT Nusantara Sun-Chlorella yang mendulurkan produk pertamanya Sun Chlorella berbahan dasar ganggang hijau yang di import dari Jepang.
Mengantisipasi perkembangan pasar yang semakin pesat kantor utama di pindahkan ke Jakarta pada tahun 1987. Di tahun 1992 di bukanya cabang baru di kota pahlawan, Surabaya seiring dengan pergantian nama menjadi PT Centra Nusantara Insan (CNI) hingga saat ini hal tersebut berdasarkan pada perkembangan dan kemajuan perusahaan dengan menghasilkan beragam macam produk lainnya.

Tempat meeting point yang seharusnya di area FX Sudirman di alihkan lantaran padat oleh car free day. Shuttle bus yang juga di sediakan pihak CNI membawa saya dan rombongan ke lokasi tujuan. Setibanya di lokasi kami berkumpul dahulu di lobi sambil menunggu peserta lengkap karena ada beberapa yang memilih untuk datang langsung ke lokasi.


Ketika semua dirasa cukup dan sudah berkumpul, kami pun bergegas mengikuti arahan Bapak Gusti yang memandu kami untuk mengenali setiap sudut dan seluk beluk produk CNI. Di lobi utama terdapat sebuah ornamen CNI berbentuk hati dengan tangan yang saling bergandengan dan cukup mencuri perhatian peserta explore CNI kala itu. Ornamen ini terbuat dari kuningan yang langsung di datangkan dari Nusa Tenggara. Hati dan tangan yang saling bergandengan mempunyai makna bahwa CNI selalu mempunyai rasa kepedulian dan kerjasama terhadap member CNI untuk memberikan produk-produk terbaik yang sampai di tangan konsumen nantinya. Sekedar informasi CNI mengibaratkan sebuah keberlangsungan manajemen perusahaan tersebut layaknya air yang memberi manfaat. Ukiran tulisan tersebut berada di lantai 2.

Produk CNI di golongkan dalam 5 kategori dimana setiap sudut ruangan di tata sedemikian rupa di kantor CNI berdasarkan jenis produknya.


1. Health Food
Konsep ruang peraga dengan beberapa produk andalannya dan bahkan ada miniatur piramida makanan yang dalam setiap tingkatnya memiliki takaran serta kapasitas untuk di konsumsi dan bermanfaat sebagai sumber energi dari tubuh. Beberapa produk health food yakni Sun Chlorella (merupakan produksi pertama dari CNI yang berasal dari ganggang hijau), Ester C, Marine Organic Calcium.

2. Food & Beverage
Tidak jauh berbeda dengan ruang sebelumnya, konsep ruangan food & beverage lebih cerah dengan beberapa simbolisasi produk makanan dan minuman dari CNI. Beberapa produk yang menjadi andalannya seperti kopi gingseng (yang paling laris dan digemari masyrakat yang resmi di luncurkan dari tahun 1995), Up Chocolate, Up Green Tea dan beberapa lainnya.

3. House Hold
Ternyata CNI pun mengeluarkan produk untuk kebutuhan rumah tangga seperti kompor, wajan, panci, dan beberapa elektronik lainnya. Konsep ruangan ini yang paling mewah menurut saya lantaran desain interior di buat sedemikian rupa selayaknya kondisi dapur di rumah pada umumnya yang tentu saja produk yang tersedia dari CNI. Beberapa produknya Ichi-I Magic Processoe, Ichi-I Dy Hapan, Ichi-I Dutch Oven dan lain-lain.

4. Pesonal Care & Cosmetic
Merupakan produk perawatan diri dengan berbagai macam jenis dari skin care hingga kosmetik untuk beragam kebutuhan. Beberapa produknya seperti Nutrimoist, Rj Facial Cleanser, Fries Lip Shirc dan bermacam-macam lainnya.

5. Agriculture Farming
Merupakan penggolongan produk pertanian dan perikanan berupa pupuk yang berguna bagi kesuburan tanaman dan melindungi dari serangan hama pengganggu. Beberapa produk seperti Plankton Catalist dan Plant Catalyst.

Berlanjut ke lantai 2, terdapat aula yang cukup luas dimana menyandang prinsip dan tema kerjasama, positif dan disipilin . Di area ini juga terdapat penjelasan perjalanan CNI, penghargaan dan beberapa kegiatan yang telah dilakukan termasuk di bidang sosial.

Workshop Digital Marketing Management Content Sharing

Saya dan teman-teman blogger yang hadir saat itu menempati sebuah ruangan aula dimana akan ada kegiatan sharing dari narasumber yang berkompeten di bidangnya untuk berbagi ilmu dan informasi. Di sesi pertama pembicaranya adalah Bapak Marselinus Ferdinand selaku Head Of Markering and Promotion Support di CNI.
 
Di era perkembangan digital sistem penjualan pun diperluas dengan menerapkan media online dimana dikenal seperti saat ini www.geraicni.com yang resmi diterapkan dan di  launching pada tahun 2014. Tentu saja dengan peneraparan seperti ini memberi kemudahan konsumen untuk mencari dan membeli produk CNI. Cara pemesanan produk CNI pernah saya tuliskan di sini.

CNI memang sudah lekat sekali dengan sistem Multi Level Marketing, namun dengan adanya penjualan berbasis web tidak mengubah identitas secara keseluruhan. Hanya sistemnya saja di sesuaikan dengan perkembangan zaman dan yang pastinya lebih memudahkan. Bahkan lebih luas memberikan kesempatan kepada masyrakat untuk bergabung sebagai affiliasi CNI dimana masyarakat diajak bekerja sama sebagai mitra media pemasaran online dengan sistem kerja bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Sosial media marketing pun berperan penting di era digital seperti saat ini untuk mencapai target dan kerja sama yang baik kepada customer. Ada 5 C yang harus diperhatikan dalam menerapkan strategi bisnis online :
- Comprehend adalah bagaimana memahami jalur pemasaran melalui media sosial.
- Consumers  adalah peran media sosial untuk mengetahui konsumen kita sebenarnya.
- Content  adalah informasi penting yang merupakan daya tarik cukup kuat menjadi perhatian pembaca atau pengunjung web kita
- Conversations adalah bagaimana menjaga hubungan yang baik dengan konsumen
- Connections adalah sikap royal dan ramah terhadap konsumen yang bisa dilakukan hanya melalui media sosial sehingga tercipta kepercayaan dari pihak konsumen.

Tahun ini CNI memasuki masa berkiprah 30 tahun lamanya, dan planning dalam waktu dekat sekitar bulan november nanti akan mengadakan CNI International Convention yang di hadiri dari berbagai negara bertempat di ICE BSD.  

Setelah jeda makan siang dan shalat workshop di lanjutkan sesi berikutnya dengan pembicara Mas Riski Siwu dari Doku. Merupakan bagian dari PT Nusa Satu Inti Artha yakni sebuah perusahaan lokal yang menyediakan Internet Payment Gateway (IPG) dilengkapi jaminan keamanan bertransaksi dengan sertifikasi PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standards). Melalui sertifikasi tersebut, data kartu kredit konsumen yang bertransaksi lewat pembayaran online akan terjamin kerahasiaannya.
 
Manfaat dari pelayanan sistem e-money ini adalah :
- Tetap dapat melakukan transaksi online walaupun tidak memiliki kartu kredit.
- Kemudahan dan kenyamanan pembayaran online dan offline.
- Lebih leluasa berbelanja online dan mendapatkan penawaran menarik khusus untuk -
- Pembayaran menggunakan DOKU.
- Doku dapat digunakan kapan saja dan dimana saja.

DOKU saat ini telah bekerjasama dengan BNI, Bank Mandiri, Citibank dan KLIKBCA serta berafiliasi dengan VeriSign. DOKU menyediakan beberapa layanan diantaranya adalah DOKU Express, iBank Express, dan Pay Buddy.

Sesi sharing terakhir dibawakan oleh Teh Ani Berta, sosok blogger perempuan yang aktif dan telah mendulang berbagai prestasi di dunia blogging. Dalam perkembangannya dunia digital berbasis web seperti blog sangat mengedepankan konten yang merupakan raja dan strategi SEO. Sebenarnya banyak hal yang bisa dijadikan konten yang menarik asalkan kita jeli melihat situasi, paling tidak tulisan yang di buat nanti akan menjadi nilai edukasi dan sumber informasi sudah dipastikan pengunjung web akan menyukai konten yang kita buat.
 
Strategi pembagian konten :
- Buat jadwal rutin dan berkala.
- Breakdown tema
- Manfaatkan waktuluang untuk membuat draft.
- Bawa selalu catatan kecil dan alat tulis
- Tangkap momen berharga dimanapun
- Berpikir kritis, kreatif dan mampu membuat opini yang inovatif
- Bertanggung jawab terhadap apa yang akan dituliskan

Manfaatkan media sosial secara bijak, hindari membuat status atau tweet bernada negatif karena itu akan menjadi nilai minus bagi agency terhadap kualitas pribadi kita. Sebaiknya maksimalkan konten untuk menarik pengunjung agar membaca blog kita dengan blogwalking,sharing tulisan di berbagai media sosial atau jadikan konten twitter.

Kembangkan kemampuan pribadi kita untuk membranding diri dengan cara tidak memaksa setidaknya disesuaikan dengan keahlian yang telah dimiliki agar konten yang dituliskan lebih berkualitas dan bisa dilirik agency. Menjadi blogger itu bukan perihal yang mudah diperlukan konsistensi dan proses belajar yang akan menentukan kualitas nantinya sehingga terciptalah sebuah peluang.

Kegiatan di kantor CNI Puri Indah itu pun berakhir setelah pembagian hadiah dari pihak CNI kepada blogger yang beruntung. Sebelum meninggalkan lokasi sebagaimana biasa adanya foto bersama dengan seluruh peserta explore CNI.

20 komentar:

  1. asyiknya ya bisa berkunjung ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba merasa beruntung mendapat kesempatan :)

      Hapus
  2. Ternyata CNI masih ada ya. Aku dulu pernah nyobain produknya, dikasih mas sepupu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Justru makin banyak sekarang produknya

      Hapus
  3. CNI terus berinovasi
    saya sudah kenal nama ini awal tahun 2000-an
    salam sehat dan semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kiprah berdirinya pun sudah cukup lama

      Hapus
  4. aq blm setor siti..sukses ya say :)

    BalasHapus
  5. Mantabs ya materi dr teh ani, bermanfaat bgt buat memperbaiki kualitas blog kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, utk lebih terarah kontent blog jadi lebih baik lagi

      Hapus
  6. semoga kedepannya blogger diundang ke acaranya CNI yang berkelas international ya mba :)

    BalasHapus
  7. Hmm kayanya seru tuh sayang gak bisa datang nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..seru jadi tau lebih banyak tentang CNI ditambah ada sharing ilmu dari narasumber berkompeten

      Hapus
  8. Wahhhh ngarep juga aku seperti komen Bang Kornelius hahaha
    Makasih udah hadir di acara ini ya Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga terbuka peluang Teh :)
      Terima kasih juga utk sharing ilmunya Teh Ani ^_^

      Hapus
  9. Yeay, sebagai mantan leader CNI merasa iri ij sama yang pada ikutan acara ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru mba. mungkin next time ada acara serupa :)

      Hapus
  10. wah bisa ikut acara keren itu jadi berasa keren ya mbak mantap dah keren....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..merasa beruntung berkesempatan ikutan acara tersebut

      Hapus