Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 01 Maret 2016

Penggunaan Internet Dalam Keseharian

Semenjak perkembangannya yang semakin pesat, internet seolah kini telah menjadi kebutuhan primer di era modern seperti sekarang ini. Seseorang yang erat kaitannya dengan internet diantaranya seorang bloger,buzzer,gamers,admin media sosial dan lain sebagainya seakan menjadi kebutuhan yang tak dapat terpisahkan, bahkan ibu rumah tangga dan pelajar pun tak bisa lepas dari penggunaan internet terbukti dengan menjamurnya toko online dan sistem belajar yang menerapkan e-learning.

Saya pribadi masih sering sekali terkendala akan koneksi internet, lantaran provider yang kurang bersahabat. Jaringan yang kerap naik turun atau karena area lokasi yang kurang terjangkau, entah lah itu masih menjadi misteri yang belum dapat dipecahkan khususnya untuk saya.

Tidak memungkiri, dikala senggang saya pun kerap memanfaatkan wifi gratis yang bisa ditemui, lebih nyaman lagi jika wifi sedang tidak banyak yang mengakses. Dalam keseharian saya masih cukup setia dengan jarigan 3G yang konon kabarnya sudah tersaing jauh dengan akses jaringan berkapasitas 4G terlebih smartphone sekarang telah banyak yang menerapkan hal tersebut.


Meskipun tinggal di kota besar seperti Jakarta ini, toh nyatanya tidak semua provider terkoneksi dengan baik. Dahulu dikala internet belum sebesar sekarang saya sering kali singgah ke warnet yang biasanya koneksi lebih cepat jika dibandingkan di rumah. Namun, seiring perjalanan waktu usaha warnet di sekitaran tempat tinggal sudah banyak yang gulung tikar. Mungkin lantaran internet yang semakin mudah di akses melalui ponsel. Telepon genggam yang semakin smart sudah banyak dilengkapi aplikasi yang dengan fitur-fitur canggih. Jika dahulu ada istilah dunia hanya selebar layar monitor, kini sudah berganti. Dunia hanya Seluas genggaman tangan, iya melalui ponsel dan internet segala informasi dari belahan dunia akan mudah di temukan.

Berbagai macam jenis paket data juga pernah saya gunakan baik dengan paket data berbasis kuota ataupun unlimited. Tetapi semua itu tentu ada kelemahan dan kelebihan masing-masing. Untuk unlimited meskipun tidak ada batasan pada besaran bandwidth data, sepengalaman saya terbatasnya kecepatan merupakan salah satu kekurangan dari pilihan paket ini sehingga untuk mengakses suatu halaman web atau lainnya dibutuhkan waktu yang lebih lama. Sedangkan untuk yang berbasis kuota keunggulan dari paket jenis ini adalah kecepatan akses data yang dapat dinikmati tidak dibatasi seperti pada paket unlimited sehingga  dapat mengakses internet dengan lebih cepat. Namun jika  telah digunakan hingga batas kuota yang ditentukan, maka  akan dikenakan biaya tambahan yang besarnya bervariasi untuk tiap provider.

Dengan masa keaktifan penggunaan internet seperti sekarang ini seperti blogging, media sosial dan streaming, paket data kuota selama satu bulan bisa lebih dari 2GB. Berikut ada beberapa tips dalam berinternet lebih hemat :

- Berhemat dengan sesekali offline
Untuk menghemat biaya koneksi, jalankan browser klik menu [File] lalu klik [work offline]. Browser sudah otomatis menyimpoan data di cache yang tersimpan di panel histori. Saat mengklik link, akan muncul opsi untuk terkoneksi kembali. Sangat efektif saat downline dan subcribe.

- Batasi kecepatan internet
Prinsipnya, semakin cepat jaringan maka semakin banyak data yang digunakan. Pembatasan ini akan membuat data kuota lebih hemat, tetapi harus menunggu lebih lama saat menggunakan internet.

- Turunkan kualitas gambar pada browser
Size dengan kualitas gambar yang lebih rendah akan lebih menghemat kouta data yang digunakan sehingga proses loading tidak membutuhkan waktu lebih lama. Klik [setting] pada browser lalu [Image] dan kemudian pilih [low].

- Tutup halaman web yang tidak diperlukan
Terkadang saat sedang browsing kita membuka banyak halaman web / tab. Walaupun sudah selesai dimuat, beberapa elemen sebuah halaman web melakukan transaksi data dari server. Ini menyebabkan kuota internet terkuras.

- Matikan setting update Auto atau browser
Dengan mematikan setting update dan ubah ke update manual dapat menghemat pemakaian bandwith, biasanya jika auto update diaktifkan tanpa kita disadari qouta kita tersedot dengan sendirinya karena proses update terus berjalan selama internet kita berjalan. Mematikan auto update bisa kita praktekan pada Windows, Software/Aplikasi yang membutuhkan update, Antivirus, dan Browser.

- Gunakan Internet Seperlunya
Untuk mencegah pemakaian data yang berlebihan sebaiknya  tidak terlalu sering melakukan streaming, download / upload file.Serta tidak membuka browser-browser yang sekiranya kurang bermanfaat.

13 komentar:

  1. Saya baru pakai tips buat nurunin kualitas gambar sama auto update, Mbak.. Kalau yang lainnyaaa.. Masih agak susah, sih, browsing dengan kecepatan minim itu wasting time banget. #halah

    BalasHapus
  2. Aku biasa menggunakannye terlalu bnayk halaman yg di buka, di jadi agak lelet

    BalasHapus
  3. Wah, inspiratif nih, Mba. Aku coba ah

    BalasHapus
  4. Wah lumayan lho bisa nangkap wifi gratis, di tempatku ada tapi dikunci :)
    Semangat.
    @ge1212y

    BalasHapus
  5. wahh saya kira kalo di jakarta semua provider kenceng heheee
    yup walaupun penggunaan inet gx ada batasnya, baiknya memang bijak menggunakannya :)

    BalasHapus
  6. wah tipsnya oke juga ni
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  7. keren juga. hihi. :D

    @epatyci16

    BalasHapus
  8. alhamdulillah selama ini sudah menerapkan tips-tips hemat paket data seperti mba siti, tapi buat jarang offline agak susah hehe. gatel rasanya buat gak liat sosmed sehari aja. ngihihi

    @gemaulani

    BalasHapus
  9. update auto yang kadang lupa eheheh

    BalasHapus
  10. Tutup halaman web yg tdk diperlukan ====> srg lupa neh *NOTED*

    @ririekayan

    BalasHapus
  11. Nice tips, aku udah pake browser dengan kwalitas gambar yang rental kok.. moga-moga bisa hemat
    @rin_mizsipoel

    BalasHapus
  12. lah.. aku kok ya baru tau ada tips-tips beginian. selama ini klo mau menghemat quota ya dengan tidak pegang hape. ternyata ada juga cara mengakalinya supaya kita tetap bisa pegang hape tapi quota tetap hemat. makasih tipsnya mbak :)

    @QuelleIdee07

    BalasHapus
  13. Yaps, update auto itu harus dimatikan...karena tanpa diminta eh, malah download2 sendiri hehe

    BalasHapus