Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 12 Maret 2016

Membentuk Konten Yang Tepat di Era Digital Marketing


Saya merasa beruntung mendapat kesempatan untuk bisa hadir pada kelas Advanced yang terlaksana pada hari minggu 06 maret 2016 lalu. Bertempat di kedai Burger King, Plaza Festival – Kuningan Jakarta Selatan tema kopdar blogger kala itu bertajuk “Digital Marketing Sharing” yang di isi oleh pembicara berkompeten di bidangnya yakni Mas Niko Riansyah dan Teh Ani Berta.
Meskipun acara santai, namun tak memungkiri banyak informasi dan ilmu yang dapat di serap. Sebagai moderator Pa’ Gusti perwakilan dari geraicni.com membuka sesi acara. Sebelum memasuki acara inti sebagaimana umumnya adalah pengenalan terlebih dahulu dan bonus
pemenang untuk tweet contest sesi pertama.

 
Berikutnya giliran Mas Niko Riansyah seorang social media community dari geraicni.com menyampaikan persentasinya. Menurutnya dari sekitar 251 juta penduduk Indonesia, penggunaan internet baru berkisar 15%, jumlah yang cukup sedikit dibanding negara lain. Namun untuk penggunaan media sosial semacam facebook misalnya menunjukan kurva angka yang cukup fantastis dan Indonesia di perkirakan menjadi negara pengakses facebook terbanyak di seluruh dunia.
Tahun 2020 nanti google memprediksi bisnis maupun perorangan akan semakin terkonekasi dengan internet dan perlahan pc pun semakin di tinggalkan lantaran semakin banyak yang memilih device lebih praktis melalui mobile yang bisa diakses hanya dengan dalam genggaman tangan.

CNI merupakan perusahaan multi level  marketing yang telah berdiri sejak 1 Oktober 1986 di Bandung. Semakin berinovasi dalam memasarkan produk-produknya yang consent pada produk kesehatan, dengan kemajuan teknologi yang kian pesat berkembang sistem penjualan produkpun semakin di tingkatkan dengan memanfaatkan sosial digital marketing menggunakan beberapa  platform yang seperti  facebook, instagram, twitter, blog, G+ maupun youtube. Sudah tidak zamannya lagi memasarkan produk dengan sistem door to door.
Dalam digital marketing atau yang dikenal juga dengan digital advertising yang paling di tekankan adalah kontent yang menarik dan tepat sasaran. Tidak terkecuali CNI telah menerapkan berbagai macam kontent dalam mepublish segala informasinya, untuk menghindari kejenuhan pembaca atau calon customer nantinya maka kontent yang disajikan tidak terlalu menampakan sebagaimana iklan yang terang-terangan menjajakan produk  tapi di variasikan dengan unsur bercerita, sharing berbagai tips kesehatan atau di sisipkan dengan tambahan visual menarik.
Dengan penerapan sistem digital, kini untuk berbelanja di CNI pun sudah lebih mudah. Jika enggan datang ka gerai fisiknya secara langsung dengan berbagai macam kendala atau yang bahkan jauh lokasinya kini sudah lebih mudah karena penerapan sistem transaksi melalui geraicni.com yang bisa di akses melalui online.
Beberapa tahapannya pun cukup simpel seperti berikut :
1. Pilih produk yang akan dipesan dengan menekan tombol “Beli” dihalaman produk, secara otomatis produk yang akan masuk ke dalam keranjang belanja 

2. Setelah selesai memilih pemesanan produk langkah berikutnya hanya menekan tombol “selesai” maka akan ditampilkan seluruh pesanan produk berikut dengan total jumlah harga yang harus dibayar.
3. Selanjutnya di minta untuk “Login” namun bagi yang belum mendaftar hanya perlu inputkan email aktif sebagai registrasi
4. Pastikan Alamat pengiriman produk sudah lengkap, benar dan cantumkan pula no.telepon yang dapat dihubungi 
 5. Pilih jasa pengiriman lalu klik lanjut
6. Kemudian pilih metode pembayaran yang di inginkan
7. Berikutnya akan muncul history transaksi pembelian produk yang kita beli.

8. Setelah selesai melakukan pembayaran jangan lupa untuk confirmasi
9. Ketika transaksi selelsai di lakukan maka gerai CNI akan mengirimkan email confirmasi bahwa transaksi telah berhasil dan berikutnya hanya tinggal menunggu produk pesanan datang.
Jam layanan gerai CNI adalah
senin – Jum’at jam 08.00 s/d jam 17.00
Sabtu/Minggu/Hari Libur : Tutup
Sesi terakhir adalah giliran teh Ani Bertha menyampaikan persentasi dan berbagi inspirasi kepada semua yang hadir di kelas advanced kala itu. Sebagai seorang blogger Teh Ani Berta sudah malang melintang dengan segudang prestasi, mulai dari berbagai undangan dari brand-brand ternama bahkan di undang menjadi pembicara sebagaimana belum lama ini di lakoninya di Malaysia pada acara Delegasi Asean Work-life Balance mewakili Indonesia.
Saat ini dunia blogging sudah tidak begitu asing, banyak sudah orang berbondong-bondong membuat blog entah sekedar ikut trend semata atau menjadikannya profesional. Sebagaimana untuk meningkatkan kualitas blog yang harus lebih di tekankah adalan konten yang menarik.
Lalu bagaimana cara membuat kontet yang baik dan menarik ? semua bisa di pelajari, ada banyak hal yang bisa di jadikan sumber ide membentuk konten, dan berikut penjabaran untuk berburu sumber konten.
Berbagi Informasi
Bisa dengan penerapan post untuk sharing dari pengalaman misalnya seperti menceritakan kembali tempat menarik bersejarah dan peristiwa yang pernah di jalani sebagai informasi kepada pembaca nantinya. Atau bisa seperti tata cara pembuatan dokumen penting lainnya dengan berbagi inspirasi serta solusi
Berbagi Edukasi
Sebagaimana blogger kini berasal dari beragam jenjang pendidikan, supaya tidak sia-sia dengan ilmu yang telah di pelajari . Hal ini pun bisa menjadi konten menarik dari keahlian dan kemampuan yang di miliki untuk berbagi ke khalayak bahkan bisa di dapatkan pula dari narasumber workshop yang di ikuti.
Berbagi Opini
Asalkan jeli yang ada di sekitar pun bisa dijadikan sumber konten, seperti sumber berita baik dari televisi maupun media cetak atau online. Kita bisa menyampaikan opini dan pendapat sebagaimana kaidah kesopanan yang berlaku.
Lalu, bagaimana agar konten tersebut tertata apik ? berikut strategi dan tips yang di berikan teh Ani Berta :
1. Buatlah jadwal rutin dan berkala
Misalnya di buat target dalam satu minggu harus membuat berapa post di blog
2. Breakdown Tema
Mengatur konten dimana sumbernya bisa di dapatkan melalui reportase kegeiatan, interview narasumber, pengetahuan khusus dan lain sebagainya
3. Manfaatkan waktu luang untuk membuat draft
Menunggu atau sedang menaiki angkutan publik bisa kita manfaatkan untuk mencatat konten yang sudah bermain-main di kepala
4. Bawa selalu catatan dan alat tulis
Karena ide itu mudah menguap, jadi alangkah baiknya saat dimanapun selalu sedia catatan agar ketika muncul ide bisa kita ringkas dan tinggal dikembangkan menjadi tulisan
5. Tangkap momen berharga dimanapun
Suatu hal unik terjadi kapan saja, jangan sampai terlewatkan sumber konten menarik yang di temui
6. Berpikir kritis, kreatif dan mampu membuat opini yang inovatif
Menerapkan ide segar dan berbeda dari kebanyakan umumnya, buat konten yang menarik minat pembaca untuk datang ke blog kita nantinya
7. Bertanggung jawab
Segala Sesutu harus ada pertanggung jawaban termasuk dari hal yang kita tuliskan nanti, maka usahakan tulislah hal yang baik dan positif
Terapkan konten sebagaimana passion kita, kalaupun ada sesekali menulis hal tema lain dari post umumnya, harusnya tetap terdapat sentuhan unsur konten kita sehingga tidak kehilangan jati diri. Agar terlihat rapi ada baiknya di blog juga di labeli untuk pengelompokan tulisan agar kesan ‘gado-gado’nya tidak terlalu merumitkan saat harus mencari suatu postingan tertentu.
Kelas Advanced pun berakhir, meski singkat namun banyak informasi dan ilmu yang bisa diterapkan untuk membuat konten kegiatan blog lebih terarah. Ada quote menari k dari Teh Ani Berta  "The Strength of the work automatically create opportunities”. Kelak suatu peluang akan terbuka ketika tekun mengerjakan sesuatu terlebih hal yang disukai dan menjadi passion.

14 komentar:

  1. Luar biasa & keren banget acaranya.... Ilmu yang sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  2. Yuhuuu makasih sudah hadir ya Mba :)

    BalasHapus
  3. sepertinya CNI ini addalah MLM terlama yang ada di indonesia yah Mbak Sithie :)

    BalasHapus
  4. Acara dan tipnya bagus serta aplikatif.
    Konten adalah raja masih valid untuk dipedomani
    Terima kasih artikelnya yang inspiratif
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  5. Untuk urusan buat jadwal berkala saya mah angkat tangan, sering bolongya *alias gak disiplin dengan jadwal sendiri* hihi

    BalasHapus
  6. bacaan pagi yang informatif buat saya, makasih mbak udah sharing :D

    BalasHapus
  7. wwaaahhh lengkap dan jelas banget liputannya.., jadi sekalian refresh deh nih, makasih yaaa..

    BalasHapus
  8. Aku sukaaaaa sama produk - produk CNI hihihhihi, thanks sudah share ya mba Siethie. Jd pengen segera transaksi (kopi gingseng hihihihihi)

    BalasHapus
  9. asiknya ngumpul-ngumpul blogger ink ya seperti ini. duduk gembira dan dapat ilmu :)

    @Penovediah

    BalasHapus
  10. Wah muantappp nih dapat ilmu lagi.

    BalasHapus
  11. Aku udaj coba belanja kemariin, mudaah bgt yaaa. Asiik nih aku lg gk sabar tunggu barang dtg

    BalasHapus
  12. banyak ilmu yang didapat di acara ini ya mba :) #salam kenalan ya

    BalasHapus