Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 12 Februari 2016

Kilas Balik Sejarah Nama Ancol




Taman Impian Jaya Ancol tentu tidak asing lagi bagi warga ibu kota. Tempat wisata yang berlokasi di bilangan Jakarta Utara ini menyajikan wisata alam berupa pantai, yang tak dapat di ingkari selalu ramai oleh pengunjung terlebih saat musim libur tiba.Tapi tahukah kilas balik sejarah ancolmengapa tempat ini dinamakan demikian??

Ancol mengandung arti “tanah mendidih berpaya – paya” atau menurut kamus bahasa sunda inggris ancol dapat diartikan sebagai kota semenanjung. Dahulu, bila laut sedang pasang air payau, kali Ancol berbalik kedarat menggenangi tanah sekitarnya sehingga terasa asin. Orang Belanda pada masa VOC kerap menjuluki tempat ini sebagai tanah asin.


Kawasan ancol dianggap cukup strategis sehingga  di fungsikan pula dalam rangka pertahanan kota Batavia hingga akhirnya dibuatlah terusan Ancol, yang sampai sekarang masih dapat dilayari perahu. Kemudian dibangun pula jalan yang sejajar dengan terusan. mengenai lokasi yang strategis itu telah dirasakan semenjak peradaban agama islam yang tersebar di daerah pesisir kerajaan sunda.

Secara umum posisi Ancol tidak menguntungkan karena merupakan dataran rendah yang dipenuhi rawa. Meski demikian areal pantainya masih dianggap layak untuk dijadikan tempat tinggal karena letaknya yang landai dan dilindungi oleh gugusan kepulauan seribu, sehingga tidak memungkinkan dilanda amukan ombak laut Jawa.
 
Di balik kepamorannya, Ancol sebenarnya sempat di tinggalkan oleh masyarakat akibat menyebarnya wabah penyakit bahkan di masa penjajahan Jepang rawa-rawa sekitar Ancol sering dimanfaatkan sebagai ladang eksekusi dan tempat  pemakaman warga eropa khususnya Belanda yang berani melawan Jepang (kini makam-makam tersebut sudah dibongkar dan dipindahkan ke lokasi pemakaman baru).

Setelah peristiwa kemerdekaan negara Indonesia tepatnya di tahun 1965, presiden Soekarno mencetuskan ide untuk mengangkat kembali pamor Ancol dengan menjadikannya sebagai sebuah sarana rekreasi bagi warga Jakarta. Ide ini sempat tertunda  dan baru dapat terealisasikan saat pemerintahan Jakarta di pimpin oleh Ali Sadikin tahun 1966.

Sekarang kawasan pantai Ancol tidak lagi dikenal sebagai kawasan terbelakang. Namanya sudah berubah menjadi salah satu kawasan wisata dan hiburan terbaik yang ada di Jakarta terlebih sebuah arena permainan dengan wahana-wahana berteknologi tinggi hadir melengkapi fasilitas yang lebih dulu ada,dibangun sekitar Tahun 1984 di namakan Dunia Fantasi yang saat ini masih menjadi area rekreasi  favorite bersama keluarga atau teman.
 
Tulisan ini disertakan dalam Giveaway : Ini Dia Sejarah-sejarah Menarik diIndonesia  

Sumber Refrensi :
- Buku : Pariwisata Berwawasan Lingkungan “Belajar dari Kawasan Wisata Ancol”
- http://jakartakita.com/2012/04/18/ancol-dalam-sejarah/
- http://www.jakarta-tourism.go.id/content/taman-impian-jaya-ancol 

14 komentar:

  1. Baru tau sy arti nama Ancol itu :-)

    BalasHapus
  2. Asyik, kapan ya bisa ke Ancol lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir mas, makin banyak perubahan lho

      Hapus
  3. Wih jadi artinya itu ya? Baru tahu kalau dulunya tempat eksekusi dan pemakaman. Sekarang malah jadi salah satu destinasi wisata terfavorit ya di Jakarta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..serem juga ya kalau ditelisik sejarahnya

      Hapus
  4. wah padahal dulu beberapa kali ke Ancol tetapi baru tahu sejarahnya.... thank you mbak sudah shared dan mudahan menang give awaynya ya... salam kata akhir pekan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak mba utk supportnya
      semoga posting ini bermanfaat :)

      Hapus
  5. Aku belum pernah ke Ancol. Duh pingin banget ke sini :(

    BalasHapus
  6. Aku baru tauuu sejarah Ancol ini.
    Makasih ya Mbak sudah ikutan giveawayku ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali mba Melly
      Sukses utk GA nya, semoga menjadi satu yg beruntng ^_^

      Hapus