Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Kamis, 04 Februari 2016

Beragam Agenda Kegiatan Kota DKI Jakarta 2016


Sumber gbr : http://www.jakarta-tourism.go.id
Ibu kota DKI Jakarta dikenal sebagai kota metropolitan dan berperan sebagai pusat pemerintahan, hingga tidak heran jika di kota ini begitu banyak event dan kegiatan mulai dari budaya, formal, entertainment dan lain sebagainya.
                                                                                                           
Jika harus merunut satu persatu kegiatan yang akan digelar tentu jadwalnya akan sangat banyak sekali, karena di kota ini hampir tiap pekan selalu ada acara yang tersebar di lima wilayah dan sekitarnya. Berkaitan dengan postingan Liga Blogger 2016 pekan ke empat bertema kalender agenda kota, maka berikut ini saya sharing beberapa  kegiatan yang akan di gelar di Ibu kota Jakarta. 

Bertajuk Enjoy Jakarta,  Dinas pariwisata dan kebudayaan hampir tiap tahun menyusun agenda kegiatan memeriahkan ibu kota. Menarik para wisatawan untuk datang serta menyaksikan event yang akan di gelar.



Januari 2016

Tanggal 15 – 17 Januari 2016 
Diadakan Jakarta Mega Wedding Festival, acara ini sangat tepat bagi mereka yang tengah merancang pernikahan dan membutuhkan gambaran mengenai konsep pernikahan impian.Solusi akan kebutuhan pesta pernikahan mulai dari rias pengantin, pakaian pengantin, dekorasi, tempat,makanan, hingga paket bulan madu akan tersedia di acara ini.

Tanggal 15 – 29 Januari 2016
Diadakan pentas seni  teater tradisi yang biasanya di adakan di Taman Mini Indonesia Indah atau Taman Ismail Marzuki.

Sumber gbr : http://www.indonesiakaya.com
Tanggal 27 – 30 Januari 2016
Education & Training adalah media yang sangat efektif dan efisien untuk penyebarluasan informasi pendidikan kepada masyarakat dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM yang dapat menjawab segala tantangan yang ditimbulkan oleh perubahan pada skala global.

Februari 2016
Bertepatan dengan perayaan tahun baru imlek, Jakarta pun tidak ketinggalan memeriahkan hari perayaan tersebut dengan berbagai agenda kegiatan.

Sumber gbr : http://www.jakarta-tourism.go.id
Tanggal 01-29 Februari 2016
Sepanjang hampir satu bulan februari akan di adakan festival pecinan dalam rangkan menyambut tahun baru Imlek dengan berbagai atraksi tradisi Tionghoa.

Tanggal 07 Februari 2016
Agenda rutin yang diadakan gelar budaya di Taman Mini Indonesia Indah. Beberapa diantaranya seperti Pentas Pesona Indonesia (Paket Wisata  Apresiatif & Edukatif) bertempat di Panggung Desa Seni, Pentas Mozaik Budaya Anak Bangsa (Paket Wisata  Apresiatif & Edukatif) bertempat di  Panggung Candi Bentar, dan kegiatan lainnya.

Tanggal 08 - 21 Februari 2016
Festival  pekan budaya Tionghoa bertajuk “Jejak Sang Naga di Sarang Garuda” bertempat di Taman Mini Indonesia Indah agenda kegiatan ini di isi dengan beragam penampilan mulai dari bazaar hingga atraksi Liong dan barongsai, Genderang  Pinggang dan gotong TOA Phe Kong, dan berbagai mecam kegiatan yang kental sekali dengan tradisi Tionghoa.

Tanggal  12 Februari 2016
Pentas Teater Tradisi Nusantara Sasono Langgon Budoya di panggung Candi Bentar, Taman Mini Indonesia Indah. Berbagai kegiatan di pentaskan mulai dari tarian tradisional, hingga teaterikal wayang orang kerap mewarnai agenda kegiatan di tempat ini.

Tanggal 19 Februari 2016
Spesial  jelang cap gomeh, diadakan kegiatan kolaborasi musik dan tari  akulturasi budaya Tionghoa Indonesia.

Tanggal 26 Februari 2016 – Maret 2016
Adanya kegiatan Islami Book Fair 2016, agenda tahunan yang umumnya diadakan di Istora Senayan ini di meriahkan oleh beragam stand-stand menjual buku dengan tawaran diskon yang sangat menarik. Acara ini sangat rekomendasi bagi para pecinta buku.

Maret 2016

Tanggal 01 – 31 Maret 2016
Jakarta Adiwatra Nusantara 2016 bertujuan untuk mengangkat kekayaan wastra (kain) adat tradisional dari seluruh daerah di Indonesia sekaligus memperkenalkannya kepada masyarakat luas. Di antara sekian banyak ragam kain tradisional yang dipamerkan adalah kain batik, ikat, lurik,songket, dan jumputan dengan kualitas pilihan.

Tanggal 01-31 Maret 2016
Gading Autoshow  merupakan kegiatan dengan beragam pameran mobil dan motor terbaru, juga hadir beragam kebutuhan otomotif mulai dari spare parts hingga aksesoris kendaraan roda dua dan roda empat. Bertempat di La Piaza sentra kelapa gading – Jakarta Utara sebuah kegiatan yang sangat tepat bagi pecinta otomotif.

Tanggal 04 Maret 2016 – 06 Maret 2016
Java Jazz Festival adalah pagelaran jazz terbesar di dunia yang diselenggarakan di Indonesia oleh orang Indonesia secara konsisten. Selama 3 hari berturut-turut penggemar musik jazz di tanah air akan dibuat terpukau oleh penampilan dan keindahan karya puluhan musisi jazz kelas dunia.

Tanggal 10 Maret 2016 – 13 Maret 2016
Indonesia Fashion Week (IFW) adalah suatu pagelaran busana dan aksesoris terbesar di Indonesia menampilkan rancangan karya bakat dan kreativitas para perancang Indonesia. Acara ini bertujuan untuk memajukan dunia fashion di Indonesia sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pusat mode di Asia.

Tanggal 29 Maret 2016 – April 2016
The 7th Indonesia International, Bus, Truck & Heavy Vehicle & Equipmet Exhibition 2016 merupakan Pameran produk baru menampilkan dan memperkenalkan tekhnologi maju di sektor industri angkutan bus dan truk.

April 2016

Tanggal 07 April 2016
Clean and Laundry Expo 2016 suatu kegiatan pameran yang akan menghadirkan aneka produk kebersihan beserta teknologi terkini dan para penyedia jasanya.

Tanggal 08 April 2016
Indonesia International Motor Show, agenda setahun sekali pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara ini senantiasa mengusung tema yang mendorong perkembangan positif industri otomotif Indonesia. Di isi dengan beragam stand perusahaan otmotif terkemuka di Indonesia untuk memperkenalkan dan memasarkan produk automotif terbaru mereka.

Tanggal 20 April 2016 – 24 April 2016
The 18th Jakarta International Handicraft Trade Fair merupakan pameran kerajinan Indonesia sebagai aset berharga negara dengan nilai komersial yang dapat membantu pertumbuhan ekonomi di tanah air.

Mei 2016

Tanggal 01 Mei 2016 – 31 Mei 2016
Agenda yang diadakan satu tahun sekali bertajuk Jakarta Fashion & Food Festival diselenggarakan di Summarecon Kelapa Gading (di antaranya di Mal Kelapa Gading, La Piazza, dan Harris Hotel Kelapa Gading). JFFF merupakan perayaan akbar yang diselenggarakan oleh Summarecon dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dengan visi transforming Indonesia into global taste serta misi mengangkat citra, harkat, dan martabat Indonesia di kancah internasional dengan menggerakkan berbagai sektor bisnis berbasis budaya.

Tanggal 19 Mei 2016
Gebyar Wisata Nusantara acara yang wajib dikunjungi oleh para pecinta wisata di tanah air, di mana segala informasi mengenai destinasi dan sarana wisata domestik akan disuguhkan. Terdiri atas stand-stand kepariwisataan yang menyajikan berbagai segala informasi mulai dari tiket perjalanan dan paket wisata.
Sumber gbr : http://www.jakarta-tourism.go.id
Tanggal 19 Mei 2016 – 22 Mei 2016
8th Indogreen, Environment & Forestry Expo 2016 Pameran ini diselenggarakan dalam rangka mengimplementasikan program pemerintah di bidang lingkungan hidup dan kehutanan dengan nama ”Gotong Royong. Mewujudkan Kelestarian Lingkungan dan Hutan untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi terbarukan".

Tanggal 20 Mei 2016
Pagelaran kesenian tradisional masyarakat di wilayah kelurahan Pulau Kelapa dan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Menampilkan beragam atraksi tradisional dari musik, tarian  hingga kuliner.

Tanggal 20 Mei 2016
Indonesia International Maritime Exhibition suatu pagelaran  pameran untuk mengubah Indonesia menjadi sumbu maritim dunia. Dengan meningkatkan konektivitas dari pulau-pulau di seluruh nusantara , terutamapada pembangunan infrastruktur maritim, seperti pembangunan pelabuhan laut dalam.

Beragam agenda kegiatan di Jakarta menjadi suatu pilihan untuk belajar dari pameran budaya yang terasaji, mendapatkan informasi terupdate baik mengenai teknologi dan lain sebagainya melalui pameran acara yang terselenggara. Kegiatan yang tercantum hanya baru sampai bulan mei 2016 itu berati enam bulan ke depan Jakarta pun telah menyediakan rencana agenda tak kalah menarik selama sepanjang tahun 2016.

Terlepas dari kegiatan yang terselenggara tiap bulan Jakarta pun menyajikan agenda kegiatan yang rutin di adakan sejak tanggal 01 Januari 2016 – 31 Desember 2016. Sebut saja Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau dikenal dengan Car Free Day, ada pula pagelaran seni wayang golek Betawi setiap minggu ke-2, wayang kulit Betawi setiap minggu ke-3, dan wayang kulit Purwa setiap minggu terakhir. Adapula kegiatan bertajuk gelar budaya yang diadakan sedikitnya satu kali setiap bulannya sebagai ajang silaturahmi warga dan para pamong di wilayah, selain untuk mengingatkan masyarakat agar mengenal dan memelihara seni budaya bangsa sendiri.

Jakarta tidak hanya dikenal sebagai kota macet, yang menjadi simbolis dunia kehidupan modern tanah air. Jakarta juga memiliki pesona ke elokan dari sektor wisata yang cukup beragam, dan kegiatan postif lainnya. 


Sumber Refrensi :
http://www.jakarta-tourism.go.id/events
http://www.indonesiakaya.com
http://www.indonesia.travel/id/destination/jakarta

33 komentar:

  1. Ayo pilih mau dateng ke acara yang manaaa....

    BalasHapus
  2. Mantab agenda Jakartanya mbak.
    @guru5seni8
    Http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, dan cukup menarik event-eventnya

      Hapus
  3. Jadi kangen ibukota seribu cerita dibalik kebisingan dan kemacetan Jakarta......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuu..datang dan melepas rindu di Ibu Kota

      Hapus
  4. Kalau di Lamongan, car free day nya diberi nama Mince: minggu ceria. :D

    BalasHapus
  5. clean and laundy expo sepertinya menarik :D

    @gemaulani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuu..mba bisa langsung melipir ke acara :)

      Hapus
  6. Mantep... BW ttg agenda event, yg paling bikin ngiler itu IMLEKnya.. suka banget sama kebudayaan China...

    @witri_nduz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ramai dan meriah dengan nuansa merah :)

      Hapus
  7. wah banyak acara nih di ibukota...semuanya menarik

    BalasHapus
  8. jakarta, padet kotanya. padet juga acaranya :D

    @adibriza

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. setiap imlek, selalu khas dengan pagelaran barongsai

      Hapus
  10. Wuah ternyata banyak juga ya acara di awal tahun ini yg sy lewatkan :O Makasih udah merangkumnya ke dalam artikel ini :D

    Berkunjung juga ya ke blog saya http://bit.ly/ayomaubertanya dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak/komen di sana ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas, semoga menginspirasi dan membantu bagi yg gemar menghadiri event agenda kota
      sudah meluncur ya :)

      Hapus
  11. Jakarta emang kota gak ada matinya yaa.. Ya, iyalah namanya juga Ibukota negara hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. juga kota yang ga pernah tidur, itu julukan lainnya

      Hapus
  12. Jadi kange Jakarta nih. Terakhir kesana 2012

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuu mba berkunjung lagi,sudah banyak perubahan lho

      Hapus
  13. Banyaknya acara di Jakarta. :D

    BalasHapus
  14. Islamic Book Fair. hiks...kangen pameran buku.

    @diahdwiarti

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuu mba, biasanya juga ada meet & greet sama beberapa penulis

      Hapus
  15. Asyik nich ada aksi budaya Tiong Hoa…jejak sang naga di sarang garuda…kayak judul film silat saja
    Keep happy blogging always..salam dari Makassar – Banjarbaru

    BalasHapus
  16. agendanya ngebantu banget nih buat tujuan cari inspirasi menulis blogger :D

    BalasHapus