Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 05 Januari 2016

Fun Blogging 8 : Belajar Blog Dengan Cara Menyenangkan

Seiring perkembangan teknologi, dunia digital kini semakin digandrungi. Tidak terkecuali dalam dunia hal tulis menulis, jika dahulu banyak orang menuliskan segala keluh kesah melalui sebuah buku harian atau disebut diary, namun kebiasaan tersebut mulai di tinggalkan. Mayoritas orang saat ini lebih suka menggunakan media sosial untuk mengungkapkan segala aktifitas maupun tindak laku bahkan keluh kesah yang di rasakan.

Berkaitan dengan tulis menulis, sayapun akhirnya mengenal dunia blogging yang awalnya di buat hanya untuk tugas semata. Namun, setelahnya ditinggalakan begitu saja (bersarang tanpa isi selama beberapa tahun) hingga kemudian, saya membukanya kembali. Mulai menulis dan mengisi blog yang saya akui umumnya hanya curhatan-curhatan atau karya tulis saya, tetapi lambat laun saya pun mulai ketagihan dan akhirnya mengenal dunia blogging yang sebenarnya dari komunitas yang saya ikuti. Ternyata banyak manfaat yang di dapat melalui blogging, ada keinginan ingin lebih produktif dan bermanfaat bagi pembaca dalam menulis melalui blog yang bukan curhatan semata.
Sampai kemudian akhirnya saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Fun Blogging 8 dengan tema dari hobi menjadi profesi. Bertempat di Gratia Center Graha telematika Jl. Ciputat Raya No.62, Pondok Pinang – Kebayoran Lama yang diselanggarakan pada hari sabtu 19 Desember 2015. Meskipun sempat terhambat di kala perjalanan berangkat, akhirnya dapat tiba juga di lokasi acara.

Fun Blogging merupakan workshop yang mewadahi para blogger untuk belajar dan lebih jauh memahami dunia per-bloggingan untuk lebih fokus dan secara profesional menulis blog serta berbagi ilmu secara menyenangkan. Di prakasai oleh mba Haya Alia Zaki, Mba Shintaries dan Mba Ani Berta yang turut berperan sert a sebagai pengisi materi, kegiatan ini pertama kali di adakan sekitar tahun 2014 dan telah memasuki sesi ke-8. Fantastisnya workshop ini tak pernah sepi peminat terbukti dari kegiatan yang telah dilakukan di Jakarta, Bandung bahkan hingga Surabaya.

Sebagai permulaan, Mba Haya Aliya Zaki membuka sesi acara fun blogging-8, perkenalan dan memaparkan inti materi yang akan di sampaikan kala itu. Pun memperkenalkan pihak sponsor yakni IWITA ( Indonesia Women IT Awarness ) dan nutrisi bangsa PT Sari Husada.

Ibu Martha perwakilan dari IWITA memperkenalkan organisasi perempuan untuk melek serta tanggap terhadap teknologi dan informasi. Menulislah yang disukai juga menginspirasi serta bangun pondasi networking agar semakin berkembang segala informasi untuk diketahui dan akan dapat menyebar kebaikan nantinya.

Peserta serius menyimak materi
Kembali Mba Haya Aliya Zaki mengambil alih untuk menyampaikan isi materi mengenai writing great content. Dalam penyampaiannya, materi lebih menekankan penulisan blog berfokus pada konten yang baik dan benar, berupa tata cara penulisan blog serta kaidah penulisan yang membuat lebih nyaman bagi pembaca blog kita.

Tata cara bahasa dalam penulisan seperti EYD yang benar,penempatan tanda baca, kaidah 5W+1H dan meminimalisir typo harus benar-benar diperhatikan. Buatlah semenarik mugkin tulisan blog kita dengan memberikan informasi yang bermanfaat dan manjakan pembaca dengan foto maupun gambar untuk memperjelas keterangan dari posting yang kita buat. Sebagaimana banyak slogan, no pict hoax.

Menjelang jam makan siang, Mba Dewi Rahmayanti perwakilan dari sari husada memberikan penjelesan mengenai perusahaan yang berkonsentrasi pada produksi nutrisi bagi ibu hamil, menyusui dan anak dengan harga terjangkau dan berstandar international. 

Dalam perkembangannya Sari Husada tengan menjalankan program nutrisi untuk bangsa yakni sebuah gerakan dari masyarakat untuk masyrakat dalam meningkatkan kepedulian akan masalah gizi di Indonesia. Kegiatan ini sudah berlangsung di beberapa lokasi di Indonesia. 

Web resmi sari husada juga memfasilitasi bagi netizen yang gemar menulis untuk membagi pengalaman maupun ceritanya di urun artikel dan telah terdaftar sebagai member berbagi dan berkreasi untuk keperdulian terhadap gizi bangsa.

Usai waktu istirahat materi dilanjutkan kembali dengan materi Advancing Your Blog Platform yang disampaikan mba Shintaries. Dalam materi kali ini secara teknis menjelaskan mulai dari SEO dasar, tools dan pendukung elemen blog lainnya. 

Dalam sesi kala itu di bahas secara detail bagaimana suatu tampilan blog yang ideal adalah sebaikanya yang sederhana tanpa pernak-pernik bermacam-macam yang memang tidak terlalu di butuhkan. Fasailitas dari google serta media sosial yang menunjang perfoma blog dan membangun personal branding. 

Memperhatikan penjelasan materi mba Shintaries membuat saya tersentil dengan tampilan blog saya yang cukup ramai dan bersetting agak gelap dan kini sudah sedikit diperbaiki dengan lebih sederhana berwarna standard. Mungkin yang harus lebih banyak di pelajari lebih jauh adalah mengenai google analistyc, advanced dan lain sebagainya.

Semakin sore, workhop kala itu memasuki sesi materi terakhir yang di sampaikan mba Ani Berta mengenai How To Monotize Blog Through Branding. Manfaatkan sosial media yang kita miliki karena jika dipergunakan dengan baik bukan tidak mungkin pundi-pundi uang dapat dihasilkan dari sana.

Distribusikan tulisan blog kita melalui media sosial, di sisi selain sebagai langkah promosi untuk menarik minat pembaca optimasi blog secara tepat bisa mendatangkan job dari kegemaran yang kita lakukan. Dalam penyampaian materinya mba Ani pun berbagi kiat serta etika dalam memilah dan menerima job yang datang baik sebelum maupun sesudahnya kelak.

Selain seorang blogger mba Ani berta pun pernah memegang peran sebagai digital media activist pariwisata tanpa kompenasasi apapun. Untuk mencapai kegemilangan seperti yang diraihnya saat ini pun tidak mudah, banyak pengalaman yang di rasakannya dan dikala kesabaran telah berbuah manis kami para peserta fun blogging dibuat takjub dengan keberhasilan yang diraihnya saat ini. 

Berakhir sudah workshop fun blogging pada hari itu, rasanya masih belum cukup ilmu karena masih banyak yang harus terus di gali dan di pelajari. Pun saya semakin memahami nge-blog tak sekedar menulis untuk diri sendiri tapi ada hasrat pembaca yang mesti kita perhatikan, ada konten, SEO dan branding agar blog kita lebih dikenal luas dan bermanfaat bagi yang lainnya.

Tak lupa dalam sesi kala itu pun ada beberapa peserta beruntung yang mendapatkan marchendise dari pihak sponsor maupun dari narasumber. Euforia dan keseruan mengikuti fun blogging masih jelas terasakan, selain mendapat ilmu baru, bertemu dengan teman-teman blogger lainnya pun menjadi suatu hal yang menyenangkan. Di sesi  akhir acara tak lupa ada foto bersama antara seluruh peserta dan pemateri.
Sesi Foto Bersama Fun Blogging 8

24 komentar:

  1. Salam kenal, Mbak. Rasanya masih haus ilmu aja kita, ya. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Mba yg dari yogya y..
      Iya..masih banyak pemahaman yg mesti lebih digali

      Hapus
  2. Seruu...
    Dan.pasti bermanfaat banget acara ini ya, Mak Siti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyapps benar sekali mak Ahliah
      Ada beberapa hal yg tdk diketahui & akhirnya semakin memahami setelah ikut fun blogging

      Hapus
  3. Jadi mengingat pengalaman ikut workshopnya sebelumnya. Saya salut dengan semangat ketiga Cikgu untuk berbagi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya senang sekali berkesempatan bisa ikut periode ke-8
      Iya, tdk pelit ilmu meskipun jam terbangnya udah tinggi sekali

      Hapus
  4. seneng banget bisa ikutan acara Fun Blogging 8 lalu ya mba.. banyak banget ilmunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Zata, banyak bngt hal-hal baru yg blm tahu sebelumnya seputar dunia blogging

      Hapus
  5. Acaranya manteb banget uyyy. Makasih udah sharing ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba memang keren, kembali kasih. Semoga postingannya bermanfaat

      Hapus
  6. Blog aku masih ada pernak dan perniknya, huhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti harus di minimalisir mak Astin

      Hapus
  7. Berkunjuuuung, dan aku selalu syukaa gaya bahasamu yang. Lugas! Keep writing yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah berkunjung balik yang. Ohoho..jadi enak
      Masih jauh dari sempurna. Yuuu tetap semangat menulis ^_^

      Hapus
    2. Udah berkunjung balik yang. Ohoho..jadi enak
      Masih jauh dari sempurna. Yuuu tetap semangat menulis ^_^

      Hapus
  8. Seneng deh bisa ketemu lagi hihihihii. Seru ya mba, banyak ilmu dan kita jadi banyak temen juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa..akhirnya bisa ketemuan lagi, tp sayang ya..terbatas sekali waktunya, masih ingin banyak yg lebih dipelajari

      Hapus
  9. Jadi pengen ikut komunitas blogger juga deh,
    di daerah saya belum nemu komunitas kayak gini ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Domisili mas Leon dimana??
      Workshop ini udah bbrapa x roadshow di beberapa kota lho

      Hapus
  10. Wah asik banget acaranya bisa menambah ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba,,ciamik bgt. Banyak belajar mengenai perbloggingan

      Hapus
  11. Karna blogger itu masih dimayoritasi kaum perempuan :D

    BalasHapus
  12. membaca cerita ini saya jadi tidak sabar untuk ikut kelas fun blogging..
    halo salam kenal kak siti. jika berkenan kita saling follow blog yuk :)

    BalasHapus