Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 05 Juli 2014

Kunjungan Ke Kantor Google Jakarta

Sekarang ini siapa yang tak mengenal google ? sebuah mesin pencari unggulan bagi para penikmat dunia maya untuk menyerap dan mencari informasi akan segala hal. Pertama kali di dirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin di awal tahun 1996. Dan sebuah konsep sederhana ini mendapat sambutan baik secara luas sehingga tak dinyana perusahaan yang mereka bangun pun berkembang pesat berpusat di Montain View, California, Google semakin mengembangkan segala kemudahan dan fasilitas kepada pecinta cyber.
Dan Pagi itu 22 Januari 2014 saya bersama komunitas Dblogger berkesempatan untuk mengunjungi kantor Google di Jakarta. Berlokasi di Sentra senayan II lantai 28. Hari itu bertepatan dengan ulang tahun Jakarta dan program naik busway gratis. Tak bisa di elakan lagi antrian di shalter sangat panjang. Saya yang sebelumnya memperkirakan sudah tiba sebelum jam perjanjian akhirnya diliputi rasa gelisah juga.
Beruntungnya, minggu pagi itu adanya acara car free day sehingga jalan utama tidak ada kendaraan sama sekali kecuali sepeda dan para pejalan kaki namun busway masih boleh melewati jalur jalannya, setidaknya saya tidak mengalami macet sebagaimana biasanya Jakarta.

Sebelum tiba, saya sempat bertanya kanan-kiri karna rupanya lokasi kantor dengan shalter bundaran senayan tempat saya turun, masih lumayan jauh. Alhamdulillah, saya tidak telat. Setelah berkenalan kami pun di persilahkan masuk ke ruang workshop bernama "alun-alun" oleh mba-mba cantik yang menjadi moderator kunjungan kami, Eunike Kartini.
Sebelum memulai ke acara inti, workshop kala itu di buka oleh sambutan dari Alfan Renata selaku admin komunitas Dblogger yang mengusung kegiatan kunjungan ini.

Sesi selanjutnya adalah Mba Eunika Kartini, yang juga karyawan di kantor Google. Ia mengenalkan secara lebih dalam mengenai perusahaan google dan terobosan-terobosan yang ingin di raih untuk mesin pencari seantero jagat raya ini. Menurutnya juga, google di berbagai negara memang memiliki julukan-julukan unik seperti di Indonesia sendiri kita lebih sering mendengarnya dengan sebutan "Mbah Google". Kantor Google yang berbasis di Jakarta ini sangat bernansa Indonesia sekali, di mana beberapa ruangan di namai yang berbau Indonesia banget seperti alun-alun, gudang rejeki dan lain-lain.
Selanjutnya adalah kesempatan bagi Reza Gardino yang menerangkan tentang Viral content.Menurut penjabaran yang disampaikannya viral content adalah teknik mempengaruhi dalam penyampaian sebuah informasi sehingga membuat pendengar atau pembaca bisa sangat mempercayainya.
Workshop tidak berlangsung lama, kami di beri kesempatan untuk berkeliling melihat setiap sudut ruang kantor Google di Jakarta. Berada di lantai 2, kami disambut oleh beberapa kursi dengan berbagai konsep berbeda untuk ruang tamu, satu sama lainnya hanya dibatasi oleh sekat tak berpintu.Google sungguh memanjakan para karyawannya, ruang kerja di buat senyaman mungkin, tempat yang bersih, cafetaria, bahkan ada tempat dimana karyawan bisa rehat sejenak dari runtinitas kerja yang menjemukan.
Beralih ke lokasi lain, yakni tempat rehat mungkin namanya. Interior lebih santai bahkan ada meja tenisnya untuk meredakan jemu, ada playstasion dan alat olahraga.
Kemudian kami memasuki rang cafetaria yang di berinama Warung Mbah Google. Tempat duduk yang nyaman dan design interiior seakan ruang dapur di rumah memberikan kesan tidak monoton sebagaimana pentry atau kantin kantor pada umumnya.
Setiap ruangan memiliki ciri khas dan design yang unik, namun ada beberapa ruangan tak boleh diabadikan lewat kamera atau video. Saya akui kantor google ini memiliki konsep unik agar karyawan lebih merasa betah dan tidak jemu terhadap runtinitas kerja.

Sebagaimana biasa, sebelum menyudahi kunjungan kami menyempatkan waktu untuk mengabadikan moment bersama di kantor Google Jakarta.

11 komentar:

  1. bukan cuma makanan aja yang bikin ngiler, berkunjung ke google juga bikin ngiler juga nih, hmm....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..ayo datang dan kunjungi segera ^__^

      Hapus
    2. gimana caranya mengunjungi google

      Hapus
  2. waaah kereeen bgt tempatnya <3

    Oya, yuk ikutan MARINA BDO ke Jepang sekarang juga
    MARINA BEAUTY DAYS OUT GOES TO JAPAN

    khusus pembaca SRS Blog, untuk registrasi di bit.ly/Ollivya dan akan ditrack langsung oleh Tim Marina :)

    Love, Marina beauty blogger Ollyvia

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsep kantor yg unik dan nyaman pastinya
      wah terima kasih infonya mba..siaaap meluncur

      Hapus
  3. saya juga pernah ke sana. Emang enak banget, tuh, kantornya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Ma' Myra nyaman..Google bener-bener akstra memfasilitasi kinerja karyawannya

      Hapus
  4. mbak itu kalu mau kunjungan ada prosedurnya ap nggak?? atau harus bikin janji dulu yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempet nanya sama mba Eunike (karyawan google). iya utk kunjungannya harus buat janji dahulu dan ga bisa per-orang setidaknya perwakilan komunitas

      Hapus
    2. kalo gitu sebaiknya kita yang ingin mengunjungi google office harus memiliki nomor kontak salah satu karyawan atau yang menangani kunjungan? mba boleh minta kontak mba eunik kah?

      Hapus
    3. Yups..benar sekali setidaknya itu lebih mempermudah
      Tapi, mohon maaf sekali utk kontak mba Eunike/ kary google lain saya tidak ada. karena saat itu saya hanya sebagai peserta kunjungan dan yg mengurus lain-lainnya admin dan penjanggung jawab komunitas yg saya ikuti

      Hapus