Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Sabtu, 15 Februari 2014

Mengenal Hutan Indonesia, Menjaga dan Melestarikannya

Indonesia adalah salah satu negara yang memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup manusia di bumi. Kekayaan alam yang melimpah yang tersimpan dari sabang hingga merauke menyimpaan sumber daya alam yang tak ternilai salah satunya adalah hutan.

Habitat hutan sendiri memiliki fungsi sebagai tempat bernaungnya nya tumbuhan dan hewan-hewan tentunya, manfaat yang diperoleh dari sisi lainnya punsangat beragam, diantaranya :
1) Manfaat hutan dari segi Hidrolis :
* Menampung air hujan dalam tanah
* Mencegaah Intrusi asinnya air laut
*Pengatur tata air tanah

2) Manfaat hutan dari segi Klimatologis
* Mengatur iklim
* Sebagai paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen bagi kehidupan

3) Manfaat hutan dari segi Ekologis
* Mencegah terjadinya banjir
* Menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah
* Melestarikan keaneka ragaman hayati

4) Manfaat hutan dari ekoomi
* Hasil hutan dapat dijual sebagai barang bernilai tinggi
* sebagai devisa negara

Beraneka macam jenis tanaman dan pohon tumbuh subur di Indonesia, semua menyatu dalam berbgai macam hutan yang dimiliki negeri agraris ini, pun di bedakan dalam berbagi jenis diantaranya :


1) Hutan Bakau
Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove tumbuh di pantai-pantai landai dan berlumpur yang terkena pasang surut. Hutan bakau sangat penting karena menjadi tempat bagi berbagai jenis ikan dan udang. Hutan bakau juga dapat melindungi daratan dari pengaruh abrasi dan dapat menjadi penampung banjir dari pedalaman daratan. Hutan bakau dapat ditemui di Pantai Papua, Sumatra bagian timur, dan sepanjang pesisir Kalimantan.
 http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/14/Mangrove_Karimun_Jawa1.JPG
2) Hutan Rawa
Hutan rawa meliputi daerah rawa-rawa dengan berbagai jenis tumbuhan seperti beluntas, pandan, dan ketapang. Jenis hutan ini banyak terdapat di pantai timur Sumatra, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.
 http://www.dephut.go.id/uploads/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/image/Berbak.jpg
3) Sabana
Sabana adalah padang rumput yang diselingi pepohonan dan banyak terdapat semak belukar. Sabana umumnya dijumpai di Nusa Tenggara.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/46/Wild_zebra_on_Kenya_countryside.jpg

4) Hutan Musim
Hutan ini dinamai hutan musim karena memiliki perbedaan kondisi pada musim hujan dan kemarau yang cukup mencolok. Tumbuhan yang ada di hutan musim pada musim kewarau biasanya akan meranggas dan pada musim hujan akan tumbuh lebat kembali. Tumbuhan yang mengalami peristiwa ini di antaranya pohon jati dan pohon kapok. Hutan ini biasanya terdapat di daerah bertemperatur tinggi. Hutan musim banyak terdapat di Jawa Tengah, Jawa Timur, sampai Nusa Tenggara.
http://3.bp.blogspot.com/-I1IOoQMf2hA/T7NBNwDAA7I/AAAAAAAAAEk/ENWdhPuRWoQ/s1600/AAA.jpg
5) Hutan Hujan Tropis
Ini adalah jenis hutan yang paling terkenal di Indonesia yang negara tropis ini. Kepulauan Indonesia yang beriklim tropis banyak memperoleh sinar matahari, memiliki curah hujan yang tinggi, dan temperatur rata-rata tinggi. Oleh karena itulah tumbuhan dari berbagai macam jenis dapat tumbuh dengan mudah di daratan Indonesia dan membentuk hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis memiliki keragaman hayati yang melimpah, dan menjadikannya paru-paru dunia yang utama (dunia berutang pada Indonesia karena hal ini) sekaligus tempat hidup berbagai spesies hewan dan tumbuhan.
http://3.bp.blogspot.com/-J2AUtI-njMc/TVu81TbE__I/AAAAAAAAA4c/rgDgtOdJcgA/s1600/Hutan.jpg

Namun, apa yang terjadi kini hutan indonesia semakin gundul pembabatan liar meraja lela, hewan-hewan banyak di buru untuk di jual kulitnya sehingga semakin terancam punah habitatnya. Ke egoisan dan keserakahan manusia telah merusak alam, perlakuan orang-orang yang tidak bertanggung jawab justru tengah mengancam kelangsungan makhluk hidup di dunia ke depannya.
 Penghancuran Hutan Sumatera
Sebagaimana yang dikatakan Charles Tawaru “Setelah hutan Sumatra dan Kalimantan dijarah habis-habisan, maka yang tersisa saat ini hanyalah Papua, sebagai pemilik hutan alam yang relatif masih utuh. Tetapi keindahan hutan yang dimiliki Papua saat ini terancam karena hutan di Papua sudah menjadi incaran banyak pihak.”

Greenpeace menyerukan kepada Pemerintah Indonesia untuk segera menerapkan Moratorium pembukaan hutan termasuk pada industri penebangan, dengan tujuan untuk membantu mengendalikan emisi gas rumah kaca, menjaga keberlangsungan keanekaragaman hayati hutan tropis, dan melindungi kehidupan jutaan orang dan komunitas yang bergantung kepada hutan di seluruh Indonesia.

Sungguh sangat fatal akibat pembabatan hutan secara liar, kini mari bersama-sama Greenpeace kita jaga kelestarian dan keberlangsungan hutan dan makhluk hidup lainnya melalui kampanye save,earth dan Protect Paradise dengan menggunakan produk bersahabat terhadap hutan dan tentu saja makhluk hidup lainnya. Berbagai produk ternama pun tengah berkomitmen untuk menghilangkan perusakan hutan dengan tidak menggunakan minyak sawit yang berhubungan dengan perusakan hutan dalam produk mereka. Itu lah salah satu aksi nyata untuk melindungi masa depan hutan melalui program kampanye Protect Paradise yang sedang gencar di terapkan. Lindungi bumi dan selamatkan hutan untuk keberlangsungan hidup anak cucu kita nantinya.

Sumber :
http://www.greenpeace.org/seasia/id/aksi-kamu/Protect-Paradise/
http://www.greenpeace.org/seasia/id/blog/hutan-papuaku/blog/40195/
http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/melindungi-hutan-alam-terakhir/moratorium/
https://www.facebook.com/GreenpeaceIndonesia

Sumber Gambar :
http://www.greenpeace.org/seasia/id/Multimedia/Galeri-Foto/Pantauan_Udara_Kondisi_Hutan_Sumater/
http://www.dephut.go.id
http://www.wikipedia.org

* Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba blog greanpeace.or.id *

10 komentar:

  1. artikel yang sangat bermanfaat sekali bos, thx sharingnya yia....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 kawan, terima kasih utk kunjungannya
      dan smoga memang bermanfaat utk yg membacanya ^_^

      Hapus
  2. Hutan adalah kawasan hijau yang wajib dilindungi biar habitat di dalamnya tidak punah. Stop ilegal logging!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, ga akan bisa terbayangkan jika hutan benar2 musnah dari dunia :(

      Hapus
  3. bermanfaat sekali tulisannya... sumpah baru tahu macam-macam hutan.. sudah lupa pelajarannya dulu/... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, itulah sebabnya utk mengingatkan bahwa negeri ini menyimpan kekayaan alami hayati yg melimpah ruah dg keaneka ragamannya. semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  4. Sayangnya banyak hutan yang sekarang berubah jadi ladang2, atau gundul karena ilegal logging ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas..miris banget dengan kenyataan yg ada sekarang ini,penebangan hutan secara liar dan kebakaran hutan ilegal membuat semakin berkurangnya jumlah hutan :(

      Hapus
  5. Hutan musim itu kalo musim kemarau biasanya rawan kebakaran mbak.. kayak di daerahku dulu pernah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tambah lagi pembakaran hutan secara massal dan ilegal..sangat menyedihkan :'(

      Hapus