Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 15 Januari 2014

Opinion about "Nama Pena"

http://www.anneahira.com/images/nama-penulis.jpgEntah mengapa saya sedang terpikirkan dengan wacana ini sebuah nama pena. Nama samaran bagi seorang penulis, dahulu saya pun sempat berfikir untuk memiliki nama pena dengan filosofi-filosofi didalamnya, tapi setelah saya berfikir saya lebih suka menggunakan nama asli saya karena adalah perwakilan doa dari orang tua  yang telah memberikan nama yang baik untuk saya.

Nama saya mungkin terlalu pasaran ( bukankah bagus berarti bisa lebih di ingat, hehehehe ), tapi makna dan artinya itu cukup indah "cahaya surga" kata mamah nama saya ini diberikan oleh kakek. 

Mungkin saya ingin orang mengenal saya sebagai apa adanya saya, toh nama yang saya sandangpun ga jelek-jelek banget (iya kan, iya dong?)  .
Saya menuliskan ini sama sekali tidak antipati dengan nama pena, karena ini hanya pendapat pemikiran saya semata (jadi tolong jangan ada yang salah sangka ya )

Banyak seorang penulis menggunakan nama pena, selain karena marketing ada yang percaya bahwa nama-nama tertentu bisa membawa hoki dan keberuntungan. Ya..semua kembali pada pribadi masing-masing orang. Menurut beberapa penulis senior sah-sah aja bagi seorang penulis untuk memiliki nama pena ataupun tidak itu adalah hak individu masing-masing.

Hari ini saya pun merasa terharu dan senang luar biasa, karena satu karya saya lagi lolos seleksi dan kali ini sekelas penerbit Mayor  (Alhamdulillah luar biasa ). Seakan Allah perlahan membuka jalan-Nya untuk saya. Jujur saya sendiri belum tau pasti akankah menjadikan menulis sebagai profesi ? namun saat ini saya menikmatinya sebagai sebuah ungkapan rasa, sebuah kesenangan, sebuah hobi.

Ada perasaan gimana gitu saat teman minta traktir karena karya kita lolos ( lha wong kemenangan itu tdk mendapatkan hadiah apapun hanya karya kita mendapat kesempatan untuk dibukukan dan menurut saya itu sudah hadiah yang cukup berharga berarti karya saya bisa diterima dan dinikmati pembaca lain secara luas ).

Yang terpenting adalah tidak berhenti untuk berkarya, mendapat apresiasi dari beberapa pihak itu sudah merupakan sebuah penghargaan tak ternilai. 
http://1.bp.blogspot.com/-XCF8z-PO8l4/UE4NdoA0JzI/AAAAAAAABzw/P8jcHBgoSBQ/s200/Thank_you_animated_gif.gif

8 komentar:

  1. Real name is good :D Leave Nama Pena in your book :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung. ada kalanya nama pena diperlukan juga ko..setiap orang punya pendapatnya masing2 :)

      Hapus
  2. Saya sepakat kalau sebaiknya pake nama asli saja, sebagai wujud penghormatan kepada orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ko mas. Tapi ga sedikit juga penulis senior best seller lebih nyaman dengan nama pena, hak individu :)

      Hapus
    2. Barangkali namanya kurang menjual atau terkesan kampungan .. wkwkwkwk

      Hapus
    3. Yupps..betul salah satunya karena nama pena-nya lebih menjual :)

      Hapus
  3. mak.. aku sih suka pake nama pribadi :-D *padahalakubukanpenulis

    saya penyiar mak, juga harus punya nama udara, daaaan saya tetap ambil dari nama pribadi saya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syiip Mak..adakalanya nama pribadi dari orang tua membawa keberuntungan, ada makna doa didalamnya :)

      Hapus