Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Rabu, 08 Januari 2014

Mengenal Kelainan Pada Kulit ( Dermatitis )

Kelainan kulit dimana pada istilah kedokteran di sebut Eksim ( Dermatitis ), adalah suatu kondisi dimana kulit tampank meradang dan iritasi. Peradangan ini bisa terjadi dimana saja bahkan hingga menyebar ke seluruh bagian tubuh, jenis eksim yang paling sering di jumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. 

http://4.bp.blogspot.com/-MWYUCvCS_Vc/UmiubSq_I8I/AAAAAAAAAn0/nbpT5UEB85g/s320/hepatitis-c-liver-7512151.jpg
 ilustrasi gambar

Apa Saja Gejala Dermatitis / Eksim?

Dimanapun lokasi timbulnya eksim, gejala utama yang dirasakan pasien adalah gatal. Terkadang rasa gatal sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit. Gejala kemerahan biasanya akan muncul pada wajah, lutut, tangan dan kaki, namun tidak menutup kemungkinan kemerahan muncul di daerah lain. Daerah yang terkena akan terasa sangat kering, menebal atau keropeng. Pada orang kulit putih, daerah ini pada mulanya akan berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu pada orang dengan kulit lebih gelap, eksim akan mempengaruhi pigmen kulit sehingga daerah eksim akan tampak lebih terang atau lebih gelap.

Apa Yang Menjadi Penyebab Dermatitis / Eksim?

Penyebab dari eksim sebenarnya belum diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli mencurigai eksim berhubungan dengan aktifitas daya pertahanan tubuh (imun) yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. Oleh karena itu, eksim banyak ditemukan pada keluarga dengan riwayat penyakit alergi atau asma. Tiap tiap orang mempunyai pencetus eksim yang berbeda beda. Ada orang yang setelah memegang sabun atau deterjen akan merasakan gatal yang luar biasa, ada pula yang disebabkan oleh bahan atau alat rumah tangga yang lain. Gejala yang timbul pun bervariasi, ada yang gatalnya ringan tetapi rasa panas yang dominan, ada pula yang sebaliknya. Infeksi saluran nafas bagian atas atau flu juga bisa menjadi pencetus timbulnya eksim. Stress yang dialami penderita akan membuat gejala menjadi lebih buruk. Meskipun penyembuhan eksim sangat sulit dilakukan, namun pada banyak kasus, pasien dapat mengurangi terjadinya kekambuhan dengan melakukan pengobatan yang tepat dan menghindari iritan/alergen yang menyebabkan eksim. Perlu diingat, penyakit ini tidak menular dan tidak akan menyebar dari satu orang ke orang yang lain.
 
Bagaimana Cara mengobati dermatitis ?

Tujuan utama dari pengobatan adalah menghilangkan rasa gatal untuk mencegah terjadinya infeksi. Ketika kulit terasa sangat kering dan gatal, lotion dan krim pelembab sangat dianjurkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Tindakan ini biasanya dilakukan saat kulit masih sedikit basah, seperti saat habis mandi sehingga lotion yang dioleskan akan mempertahankan kelembaban kulit. Kompres dingin juga diduga dapat mengurangi rasa gatal yang terjadi. Salep atau krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison diberikan untuk mengurangi proses inflamasi atau keradangan. Untuk kasus kasus yang berat, dokter akan memberikan tablet kortikosteroid dan apabila pada daerah eksim telah terinfeksi maka bisa diberikan antibiotika untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Obat lain yang dibutuhkan adalah antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang terlalu berat, dan cyclosporin untuk penderita yang tidak berespon terhadap semua jenis pengobatan yang diberikan.

Bagaimana Cara Mencegah Dermatitis?

Munculnya eksim dapat dihindari dengan melakukan beberapa tips dibawah ini :
Jaga kelembaban kulit.
Hindari perubahan suhu dan kelembaban yang mendadak.
Hindari berkeringat terlalu banyak atau kepanasan.
Kurangi Stress.
Hindari pakaian yang menggunakan bahan yang menggaruk seperti wool dan lain lain.
Hindari sabun dengan bahan yang terlalu keras, deterjen dan larutan lainnya.
Hindari faktor lingkungan lain yang dapat mencetuskan alergi seperti serbuk bunga, debu, bulu binatang dan lain lain.
Hati hati dalam memilih makanan yang bisa menyebabkan alergi.
Ramuan Herbal Dermatitis / Eksim:

Kunyit 10 gram
Lengkuas 10 gram
Kapur sirih 3 gram

Cara membuat Obat tradisional Dermatitis / Eksim :

Kunyit dan lengkuas diparut
Parutan ini dicampur dengan kapur sirih
Kemudian tempelkan ramuan ini pada bagian yang sakit/kering karena eksim, kemudian balutlah dengan perban agar tidak terkena air

Yang perlu diperhatikan :

Usahakanlah bagian kulit yang terkena penyekit Eksim tidak terkena sabun
Perbanyaklah makan tahu, tempe, bayam, hati, tomat serta minum susu
Hindari makan daging, minuman keras, ikan laut dan rempah-rempah

6 komentar:

  1. Wah ternyata stress juga dicurigai memicu dermatitis ya mbak ..? karena saya orangnya ndablek, jadi agak jarang stress .. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pertamax saya ya ..., nih jerigennya .. hehehe

      Hapus
    2. stress memang kerap kali menjadi pemicu berbagai penyakit, hehehe bukan ndablek tapi lebih bisa menikmati hidup itu mas :)

      Hahahah,,mau dicampur premium sekalian :D

      Hapus
    3. Justru karena dablek jadi terkesan bisa menikmati hidup .. hehe

      Hapus
    4. ya..ya bisa jadi, segala masalah ga terlalu dibawa pusing jadi ya mas :)

      Hapus
  2. Intinya kita harus rajin jaga kebersihan ya mba,,,

    BalasHapus