Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Selasa, 10 Desember 2013

Kesan @Yogayakarta : Kopdar Blogger Nusantara 2013 (Part.I)

Seminggu sudah berlalu, belum sempet bercerita kesan selama di Yogyakarta kemarin.

Berawal dari informasi teman yang mengabarkan ada event akbar untuk para blogger, yang membuat saya tertarik adalah kota pelaksanaannya, tanpa berfikir panjang saya pun menyetujui ikut serta dalam acara bertajuk #Blogger Nusantara 2013, dimana para blogger dari seluruh nusantara bisa saling bertemu dan merealisasikan komunikasi yang selama ini terjadi hanya di dunia blogging.
Berangkatlah kami bertiga dari stasiun pasar Senen, di situ saya juga baru mengenal kawan baru namanya Qona Asidakiah. Sebelum perjalanan saya sempet riweh, karena tidak mendapat tempat duduk favorit,deket jendela (hehehehe), akhirnya ada yang berbaik hati dan mau mengalah menukar tempat duduk (hahaha,disini saya ko ngerasa childist banget y..??)animasi bergerak emoticon lucu

Di kereta kami juga bertemu dengan salah seorang blogger Jakarta ( saya agak lupa namanya, yang saya inget hampir mirip kaya penerbit buku. hehehe) yang ternyata memiliki tujuan sama, jadilah kami ber-empat menuju #Kopdar Blogger Nusantara. Subuh hari sampailah kami di Stasiun Tugu jika tidak salah jam 04.00 pagi kala itu, Angin pagi yogya menyambut kedatangan kami, dingin (karena masih dini hari)akhirnya kerinduan itu terealisasikan juga. Saya kembali menginjak kota Yogya, entah kenapa ada perasaan bahagia menyusup dalam relung seakan kota itu begitu sangat akrabnya, dan sedikit banyak masih saya ingat rekam jejak jalanan Malioboro, ya..karena sambil menunggu pagi kami memutuskan singgah di sebuah Masjid sambil shalat subuh dan mandi.

Namun, ketika kami hendak berangkat ke Keraton dimana harusnya pargelaran itu dilaksanakan kami dikejutkan oleh informasi dari pihak panitia lewat media twitter kalau kegiatan dipindah alihkan ke Joglo Abang. Jujur, sempat tergurat rasa kecewa dari kami karena informasi itu terlalu mendadak di publikasikan. Setelah beberapa kali menghubungi panitia, akhirnya kami diminta untuk langsung ke penginapan EDU Hostel dimana beberapa blogger yang datang dari beberapa hari lalu sudah bermalam di sana.

Perjalanan pun dimulai dari shalter trans yogya Malioboro menuju Shalter Trans Yogya Terminal Ngabean. Setelahnya kami berjalan beberapa meter dengan ransel besar tetap di punggung.karena suasana masih pagi, saya fun saja menikmatinya. Setibanya di Edu Hostel hanya baru beberapa peserta yang sudah berkumpul, kami pun di minta untuk registrasi ulang data kami dan mendapatkan nametag "Peserta Kopdar Blogger".

Menampilkan A-foto BN.jpg
 Disana saya juga berkenalan dengan teman baru, namanya Feby, tetapi Qona dan Lili sudah saling mengenal sebelumnya. Sambil menunggu kedatangan Blogger lain, kami pun mengabadikan moment-moment melalui kamera masing-masing (maklum, kaum narsisme).
Setelah puas mengabadikan moment, kami pun turut serta bergabung bersama blogger yang sudah banyak berkumpul di lobi Edu Hostel. yang menyenangkan dari sebuah kegiatan komunitas adalah bertambahnya informasi, pengetahuan dan teman-teman baru tentunya. Walaupun jujur tidak ada blogger utama yang sangat ingin saya temui, karena saya sendiri pun baru aktif nge-blog baru beberapa bulan terakhir meskipun blog ini sudah lama tercipta. Dan wajah-wajah yang saya temui memang asing bagi saya, namun menyenangkan sekali melihat yang lain saling bertegur sapa seakan bertemu kawan lama, karena memang mereka sudah saling mengenal dan berkomunikasi melalui blog.

Jam 09.00 kami diminta berkumpul di terminal Ngabean, untuk menuju Joglo Abang - Sleman. Akomodasi bus tidak mencukupi untuk mengangkut sekaligus peserta, jadilah saya dan blogger lain menunggu kloter kedua hampir satu jam lamanya.

Pantas saja, bus lama sekali datang wong perjalanannya pun lumayan cukup jauh dari terminal. Setibanya disana acara sudah lama berlangsung, dan hampir kami tidak mendapat tempat duduk karena posisi kursi dengan panggung joglo sudah padat penuh oleh para peserta lain yang sudah datang dari awal dan kamipun hanya mendapat posisi dipinggir panggung,belakang pula. posisi dimana kurang mendapat perhatian dari pembicara. Di sana pun saya mendapat kenalan baru, seorang teman asal lampung yang sedang menimba ilmu S2nya di Yogya, Rinda namanya.

Kian waktu bergulir, setelah Ishoma (Istirahat, Sholat, Makan )kamipun kembali ke area kali ini posisi depan pun banyak yang kosong. Namun, sejak tadi acara yang digelar terlalu menejemukan, banyak saya liat wajah-wajah jenuh dari peserta bahkan ada yang tertidur. Tidak berbeda dengan saya dan kawan-kawan, kami memutuskan untuk hengkang mencari udara segar sejenak setelah pargelaran tari Bedana asal lampung.

Singkat cerita saya dan kawan-kawan berjalan-jalan disekitar lokasi acara namun yang terpampang hanya beberapa rumah warga dan sawah membentang. Banyak option kami untuk menghilangkan kejenuhan, sampai ingin menyudahi dan tidak melanjutkan ke desa tembi, kegiatan berikutnya dari acara #BN2013 tersebut, tarik ulur dengan kebimbangan tersebut sampai beberapa kali kami berbalik berjalan kembali menuju area panggung, namun kamipun bimbang tidak ingin menyia-nyiakan waktu perjalanan yang melelahkan Jakarta-Yogya hanya dengan kegiatan yang monoton. Ingin Pergi dari area lokasi namun akses kendaraan sangat sulit sekali, tidak ada angkutan umum yang memang melewati jalur tesebut.

* To Be Continued . . . . .

( Saya akan melanjutkan lagi cerita Perjalanan @ Yogya, pada part.2 nya)
Terima kasih bagi yang telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan jejaknya ya , Thanks