Selamat Datang Sobat, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak ya... ^_^
Monarch Butterfly 2

Jumat, 02 Agustus 2013

Sakit Otot Leher

Betapa berhargaganya nikmat dan anugrah sehat yang Tuhan berikan. sedikit luka saja bisa menyebabkan sakit berkepanjangan. Dan yang saya alami belum pernah saya rasakan sebelumnya, awalnya saya kira itu hanya keletihan atau karena salah posisi tidur (tapi memang menurut diagnosa dokter seperti itu sch).

Hari selasa siang saya sudah merasakan sedikit nyeri dibagian leher,ya..biasanya hanya dijit-pijit sebentar pun akan menghilang dengan sendirinya. Saya juga tak berfikir akan berkepanjangan wong saya masih bisa bersenang-senang, tertawa-tawa buka puasa bersama bersama teman-teman. Dan pada malam harinya semakin menjadi lalu saya olesi dengan salep nyeri otot namun ternyata tidak ada hasil yang signifikan, esoknya saya malah tidak bisa bangun dari tempat tidur, bergerak pun rasanya sulit karena sedkit gerakan akan menimbukan sakit dan nyeri yang tidak tertahankan.

Lalu saya panggil adik saya yang memang seorang perawat mengenai keluhan saya, setelah diperiksa-periksanya karena khawatir ada penyakit yang lebih membahayakan ya sudah dibawa saja ke puskesmas. Perjalanan yang sebenarnya singkat terasa amat sangat panjang dikarenakan setiap getaran dari polisi tidur menyebabkan sakit nyeri leher semakin menjadi.
Ahh,,untunglah puskesmas sedang tidak terlalu ramai segera saya menemui dokter dan menceritakan semua keluhan yang saya alami, tapi ternyata dokter hanya mendiagnosa itu hanya nyeri otot biasa yang terkilir.
Wualaaahhh,,hanya nyeri otot sakitnya bisa menimbulkan sakit yang luar biasa bahkan membatasi ruang gerak saya. Dan dokter hanya menganjurkan salep nyeri otot dan memberikan obat pereda rasa nyeri.

ya..Alhamdulillah sekarang sudah lebih baik meskipun belum sembuh total karena saya belum bisa melakukan gerakan terlalu ekstra. saya sempat search di mbah google ada beberapa penyebab sakit leher ini diantaranya : 
1. Umumnya menyerang pekerja yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan di depan komputer, posisi duduk yang kurang tepat akan mempengauhi persendian
2. Posisi tidur yang kurang tepat
3. Stress pun ternyata mempengaruhi rasa nyeri otot ini
ada beberapa tips sederhana yang bisa dilkukan untuk mengurangi rasa nyeri otot, berikut diantaranya :

http://www.mitrakesehatan.com/wp-content/uploads/2012/08/sakit-otot-pada-leher.jpg1. saat nyeri leher menyerang di area kerja, tekan dahi ke telapak tangan anda
tegangnya otot-otot leher juga bisa dikarenakan dikarenakan stres yang mengakibatkan kekakuan serta lama kelamaan dapat jadi nyeri leher. anda bisa kurangi ketegangan serta memperkuat leher pada saat yang sama juga dengan lakukan latihan sederhana di meja kerja.

duduklah di kursi dengan situasi tidak bertumpu ke belakang serta letakkan siku anda pada meja. dengan kepala berpusat di bahu, tekan dahi ke telapak tangan sepanjang 3-5 detik. pakai telapak tangan untuk menahan kepala anda serta ulangilah perihal ini sejumlah 3 hingga 5 kali.

lantas duduklah dengan tegak serta letakkan telapak tangan anda di belakang kepala dengan siku ada didalam posisi keluar ke samping. tekan kepala anda kembali ke telapak tangan hingga telapak tangan menahan tekanan dari kepala anda. tahan sepanjang 3-5 detik serta ulangilah tiga hingga lima kali.

 

2. kerjakan latihan mudah untuk menguatkan bahu
satu lagi latihan mudah yang bisa anda kerjakan di area kerja untuk kurangi nyeri leher. letakkan telapak tangan anda pinggir'>di pinggir kursi serta tekan ke didalam tangan anda sampai pinggul serta bokong terangkat lebih kurang satu atau dua inchi ke udara. tahan sepanjang 5 detik, turunkan serta ulangilah sejumlah 5 kali untuk menguatkan otot bahu.

 

3. tarik kembali tulang belikat saat tengah bersantai
anda juga bisa lakukan latihan mudah untuk kurangi kekakuan otot leher saat tengah bersantai atau melihat tv berbarengan keluarga di tempat tinggal. duduklah pinggir'>di pinggir kursi serta tegakkan punggung anda ke belakang.

letakkan tangan anda di pangkuan serta tariklah punggung ke belakang supaya tulang belikat turut tertarik. tahan sampai sebagian detik, kembali bersantai serta lantas ulangilah sekali lagi saat dapat berangkat tidur.

 

4. buat kompres leher sendiri
isi 3/4 sisi kaus kaki bersih yang telah tidak terpakai dengan nasi putih, 2 batang kayu manis, serta 1 sendok makan cengkeh. ikat jamant dengan karet gelang serta panaskan didalam microwave sepanjang 2 menit.

gantungkan melingkar di leher sisi belakang atau tengkuk anda sebagai obat aromatherapeutic yang bisa menenangkan bahu serta leher yang sakit. anda bisa memakainya berulang-ulang, hingga aromanya menghilang.

 

5. kerjakan latihan leher tiap-tiap 45 menit menatap layar komputer
saat tengah mengemudi atau bekerja di depan computer, seseorang condong memajukan kepalanya. perihal ini dapat menambah tekanan pada leher, mengakibatkan kekakuan otot serta selanjutnya nyeri leher.

untuk menghindar nyeri leher, kerjakan latihan dengan melindungi dagu tegak lurus dengan badan serta tarik kepala perlahan ke belakang, tahan sepanjang lima detik. saat anda tengah menatap layar computer, kerjakan latihan ini tiap-tiap 45 menit sekali.

 

6. gerakkan leher anda dengan gerakan melingkar
bila anda sudah alami nyeri leher, gerakkan leher anda tiap-tiap 1 jam dengan langkah menjatuhkan dagu ke dada, lantas putar leher anda ke kiri, ke belakang, ke kanan, serta turun lagi didalam gerakan melingkar. ulangilah gerakan ini sejumlah 5 kali, lantas kerjakan kembali dari arah yang berlawanan.

 

7. yakinkan anda tidur di bantal yang tepat
bantal terbaik untuk nyeri leher bergantung pribadi tiap-tiap, namun biasanya bantal mesti lembut serta nyaman untuk tidur. cocokkan tinggi bantal yang bikin leher merasa nyaman serta istirahatlah dengan posisi yang pas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar